Manfaat Menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Manfaat Menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

perilaku hidup bersih dan sehat

Perilaku hidup bersih dan sehat harus dibiasakan sejak dini karena dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Terlebih lagi, jika kebiasaan baik ini senantiasa dilakukan setiap hari, perilaku tersebut tentunya dapat membawa manfaat besar bagi kesehatan jangka panjang Anda. Nah, kira-kira apa saja manfaatnya bagi tubuh? Yuk, simak ulasan berikut!

Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Kesehatan bersama tentu saja manejadi salah satu tujuan yang ingin Anda capai bersama orang-orang yang ada di sekitar Anda, untuk bisa mendapatkan hal ini Anda harus bisa membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat. Mulai dari lingkungan dalam rumah tangga Anda, hingga lingkungan di luar atau disekitar tempat Anda tinggal. Rasakan berbagai manfaat dibawah ini ketika Anda rajin mempraktekan perilaku hidup bersih dan sehat.

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Tentunya, sistem kekebalan tubuh yang kuat bisa menurunkan risiko seseorang terserang berbagai penyakit dan infeksi virus. Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan di JAMA (Journal of American Medical Association) pada Juli 2019 lalu, kebiasaan menjaga hidup bersih dan sehat dapat mengurangi resiko seseorang terkena demensia.  

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Perilaku hidup bersih dan sehat tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik saja, lho. Kebiasaan tersebut juga terbukti efektif dalam mempromosikan kesehatan mental yang lebih baik. Melansir dari Mayo Clinic, ketika sedang berolahraga, otak akan merilis endorfin, hormon yang bertugas memberi rasa nyaman pada tubuh atau sering disebut hormon happy. Dengan dilepaskannya hormon tersebut, maka tubuh akan terasa lebih rileks dan juga bisa membantu meringankan gejala stres. 

3. Membuat Tubuh Jadi Lebih Berenergi

Jika kebiasaan baik seperti menjaga kebersihan, kesehatan sekaligus mempraktekan perilaku hidup bersih dan sehat secara konsisten Anda lakukan, tingkat energi tubuh pasti akan ikut terdongkrak. Pasalnya, perilaku sehat itu dapat membuat stamina tubuh jadi lebih prima sehingga ketika menjalani gaya hidup yang aktif, Anda tidak akan mudah loyo apalagi sakit. Secara tidak langsung, manfaat ini juga bisa berdampak besar pada produktivitas Anda di tempat kerja. Hal ini karena orang yang penuh energi cenderung memiliki kepribadian yang dinamis dan selalu menunjukkan passion yang besar terhadap hal-hal yang mereka kerjakan. 

4. Mencegah Timbulnya Penyakit Kronis

Jangan ditunda-tunda! Perilaku hidup bersih dan sehat ini dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit kronis. Sebagaimana dilaporkan pada studi bulan Maret 2020 lalu di JAMA Cardiology, menjaga gaya hidup sehat dan bersih sejak dini dapat meminimalisir risiko seseorang terkena penyakit kronis seperti sakit ginjal, kardiovaskular, diabetes, dan masih banyak lagi. Selain itu, melalui studi tersebut—yang dilakukan selama total 16 tahun, peneliti juga menemukan bahwa orang yang menerapkan gaya hidup sehat sejak muda memiliki kadar kolesterol dan gula darah yang lebih stabil. 

Apabila Anda merasa ada hal yang yang menggangu kesehatan, maka Anda bisa menggunakan layanan telehealth yang disediakan oleh carevo. Layanan ini sudah tersedia di berbagai fasilitas kesehatan dan akan memudahkan Anda untuk memeriksakan kesehatan Anda.

5. Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Ingin selalu terlihat awet muda? Anda bisa memperlambat proses penuan kulit dengan senantiasa menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Contohnya saja, apabila Anda rajin membersihkan tubuh dan wajah, kulit pastinya akan tampak lebih bersinar dan terhindar dari masalah jerawat. Sementara itu, gaya hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan bernutrisi bisa membantu produksi kolagen, yang berfungsi dalam menjaga kekencangan kulit dan menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. 

6. Mengurangi Gejala Alergi

Bicara soal perilaku hidup bersih, kebiasaan tersebut juga baik dalam mencegah timbulnya gejala alergi, khususnya yang disebabkan oleh lingkungan tempat tinggal yang kotor dan lembab. Tungau, bulu hewan, dan jamur adalah alergen atau zat pemicu alergi yang mudah ditemukan di lingkungan rumah. Selain dapat memicu reaksi alergi, mereka juga bisa menurunkan kualitas udara di dalam ruang rumah, lho. Karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga

PHBS di rumah tangga bertujuan untuk tercapainya rumah tangga yang sehat. Artinya setiap anggota keluarga akan bisa terjamin kesehatannya. Dengan melakukan berbagai kegiatan dibawah ini, maka sebuah rumah tangga akan bisa bekontribusi dan berperan aktif dalam tatanan kesehatan masyarakat.

Ada beberapa indikator PHBS di rumah tangga yang menjadi acuan untuk mengenali keberhasilan dari kegiatan ini. Berikut ini adalah 10 indikator PHBS di rumah tangga :

1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan.

Persalinan yang dibantu oleh pihak tenaga kesehatan baik itu dokter, bidan ataupun paramedis memiliki standar dalam penggunaan peralatan yang bersih, steril dan juga aman. Hal ini dapat mencegah infeksi dan bahaya lain yang beresiko bagi keselamatan ibu dan bayi yang dilahirkan. Hal inilah yang menjadi indikator pertama dalam PHBS di rumah tangga.

2. Pemberian ASI eksklusif

ASI bagi anak di usia 0 hingga 6 bulan menjadi hal yang sangat penting dan harus dilakukan oleh seorang ibu. Hal ini juga menjadi indikator keberhasilan praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada tingkat rumah tangga.

3. Menimbang bayi dan balita secara berkala

Dengan menimbang bayi dan balita secara berkala, proses pemantauan pertumbuhan bayi akan menjadi lebih tepat. Kegiatan ini bisa dilakuakan di rumah sakit ataupun posyandu. Anda juga bisa melakukannya di tempat praktek dokter anak kepercayaan Anda.

4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih

Dalam membangun rumah tangga sehat, Anda harus bisa memastikan bahwa setiap anggota keluarga rajin mencuci tangan dengan sabun dan juga air bersih. Selalu memperhatikan kebersihan diri adalah langkah pencegahan penularan berbagai jenis penyakit.

5. Menggunakan air bersih

Air bersih akan menjadi kebutuhan dasar dalam praktek hidup sehat. Selalu pastikan kebutuhan keluarga Anda akan air bersih bisa tercukupi. Air ini akan bisa digunakan untuk membersihkan diri dan juga konsumsi keluarga Anda. Sempurnakan pola hidup sehat Anda dengan hal ini.

6. Menggunakan jamban sehat

Jamban adalah hal yang penting dalam infrastruktur sanitasiyang berkaitan dengan unit pembuangan kotoran dan air untuk keperluan pembersihan. Pastikan Anda bisa mengakomodasi keluarga dengan jamban sehat.

7. Memberantas jentik nyamuk

Hal ini juga menjadi bagian penting ketika Anda ingin menciptakan rumah tangga sehat. Nyamuk merupakan faktor yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Dengan memutus siklus hidupnya, kita bisa mencegah berbagai macam penyakit kedepannya. Hindari membuang sampah sembarangan dan perhatikan juga jika ada genangan air di sekitar rumah Anda. Karena disitulah para nyamuk akan berkembang biak, mari kita saling waspada untuk bisa menciptakan hidup yang sehat pada tingkat rumah tangga.

8. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dan juga serat. Ketiga hal ini akan sangan dibutuhkan tubuh untuk bisa tumbuh dengan optimal dan sehat.

9. Pentingnya aktivitas fisik setiap hari

Olahraga ataupun aktivitas bekerja yang melibatkan gerakan dan keluarnya tenaga akan bisa membentuk tubuh yang sehat, maka ada baiknya jika keluarga Anda bisa meluankan waktu untuk berolah raga.

10. Tidak merokok di dalam rumah

Rokok bisa menjadi sumber berbagai penyakit dan masalah kesehatan, terutama bagi perokok pasif. Berhenti merokok atau setidaknya hindari merokok di dalam rumah akan bisa membantu keluarga terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Akan lebih baik jika Anda berhenti merokok untuk bisa menciptakan rumah tangga sehat.

Demikian, berbagai manfaat dari menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Yuk, jadikan kebiasaan itu sebagai bagian dari keseharian Anda agar tubuh tetap fit dan selalu terhindar dari infeksi virus berbahaya. Dengan berkontribusi untuk hal ini, Anda akan bisa menolong berbagai lapisan masyarakat lainnya!

  • Kementerian Kesehatan RI. http://promkes.kemkes.go.id/phbs
  • Kementerian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id/article/view/18050800004/penurunan-stunting-jadi-fokus-pemerintah.html
  • WHO. www.who.int/gho/maternal_health/skilled_care/skilled_birth_attendance_text/en/
  • WHO. https://www.who.int/elena/titles/exclusive_breastfeeding/en/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :