Beranda > Artikel > Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok tubuh manusia. Tidur dapat membantu regulasi hormon, mencegah penurunan ingatan dan konsentrasi, serta membantu tubuh dan pikiran untuk istirahat. Tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Tidur yang cukup akan meningkatkan performa seseorang dalam kegiatan sehari-harinya serta dikaitkan dengan kesehatan fisik dan mental yang prima. Namun perlu diperhatikan bahwa tidur yang cukup dan ideal tidak lebih dari 8 jam. Berbagai studi mendapatkan bahwa terlalu banyak tidur juga dikaitkan dengan pengerasan pembuluh darah jantung.

Air merupakan komponen penting dalam tubuh sehingga konsumsi air yang cukup dianjurkan oleh tenaga medis. Konsumsi air yang berlebihan sebelum tidur dapat mengganggu tidur akibat keharusan untuk buang air kecil. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kesehatan tubuh dengan rekomendasi rata-rata sebanyak 8 gelas per hari, namun dapat berbeda tergantung kondisi fisik dan medis seorang individu.

 

Konsumsi air putih hangat dapat meningkatkan kesehatan tubuh, diantaranya yaitu

  1. Meningkatkan mood jika dikonsumsi sebelum tidur. Berdasarkan penelitian, kekurangan air dapat menurunkan mood yang berakibat menganggu siklus tidur. Pada orang yang mengonsumsi air yang cukup, orang tersebut akan merasa lebih tenang dan ceria dibandingkan orang dengan konsumsi air yang kurang.
  2. Membantu membersihkan tubuh dan melancarkan saluran cerna. Air hangat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh untuk mencerna zat hasil metabolisme yang akan dibuang dan meningkatkan pengeluaran keringat. Meskipun keringat menyebabkan keluarnya cairan dalam tubuh, keringat juga membuang kelebihan garam/zat serta membersihkan sel kulit mati.
  3. Mengurangi sumbatan pada hidung. Uap dari air putih hangat yang dihirup dapat melegakan sumbatan sinus dan mengurangi nyeri sinus. Konsumsi air putih hangat tersebut dapat membantu melumatkan lendir pada tenggorokan.
  4. Membantu saluran cerna. Konsumsi air putih membantu saluran cerna untuk tetap bekerja dengan optimal sehingga pembuangan zat sisa dari tubuh akan lebih mudah. Terdapat teori yang menyatakan bahwa konsumsi air putih hangat dapat membantu tubuh menghancurkan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan teori tersebut.
  5. Mencegah konstipasi. Konstipasi umumnya disebabkan oleh dehidrasi. Pada sebagian besar kasus, meminum air putih dapat membantu kondisi konstipasi yang dialami dengan melembekkan feses dan menyebabkan feses lebih gampang dikeluarkan dalam proses defekasi.
  6. Mengurangi kedinginan. Respon tubuh terhadap suhu dingin seperti menggigil dapat dikurangi dengan konsumsi air hangat sehingga menyebabkan seseorang dapat lebih toleran terhadap kondisi dingin.
  7. Meningkatkan sirkulasi darah. Mandi menggunakan air hangat dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh dan terdapat teori bahwa konsumsi air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah.
  8. Mengurangi tingkat stress. Air putih hangat dapat meningkatkan fungsi sistem saraf sehingga menyebabkan seseorang lebih tidak cemas setelah mengonsumsi air putih hangat. Konsumsi air yang kurang dapat menyebabkan seseorang lebih gelisah, sering tidak puas hingga emosi yang buruk.
  9. Membantu pembuangan racun dalam tubuh. Konsumsi air yang adekuat dapat membantu aliran darah ginjal yang memampukan ginjal untuk menyaring zat-zat sisa dalam darah yang dapat menjadi beracun apabila terlalu banyak kadar zat tersebut di dalam darah.
  10. Meringankan gejala akalasia. Alakasia merupakan penyakit dimana kerongkongan sulit untuk menurunkan makanan masuk ke dalam lambung setelah menelan. Sebuah studi menunjukkan bahwa air putih hangat dapat membantu penderita penyakit tersebut dalam menelan makanan.

Konsumsi air putih merupakan sesuatu yang penting. Namun terdapat berbagai kondisi dimana konsumsi air harus dibatasi seperti penyakit jantung maupun ginjal. Harap berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan berapa banyak air yang dapat dikonsumsi per harinya.

 

Referensi

  • Drinking Water Before Bed: Is It Healthy? [Internet]. Healthline. 2017. Available from: https://www.healthline.com/health/drinking-water-before-bed
  • 10 Benefits of Drinking Hot Water [Internet]. Healthline. 2020. Available from: https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water
  • Surprising Health Benefits to Getting More Sleep. WebMD. https://www.webmd. com/sleep-disorders/benefits-sleep-more. 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :