Beranda > Artikel > Manfaat Minum Lemon Sebelum Tidur

Manfaat Minum Lemon Sebelum Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok tubuh manusia. Tidur dapat membantu regulasi hormon, mencegah penurunan ingatan dan konsentrasi, serta membantu tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Tidur yang cukup akan meningkatkan kualitas kerja, meningkatkan mood (suasana hati), mencegah depresi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan performa olahraga, menjaga kadar gula darah optimal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga berat badan ideal.

Air perasan lemon terkandung banyak vitamin C (asam askorbat). Vitamin C dibutuhkan tubuh dalam berbagai hal seperti menangkal radikal bebas, pembuatan kolagen, penyembuhan luka, sintesis hormon, dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal. Dalam setiap 100 gram lemon, terdapat beberapa kandungan nutrisi di dalamnya, yakni:

  1. Kalori sebanyak 29 kcal
  2. Air sebanyak 89%
  3. Protein sebanyak 1,1 gram
  4. Karbohidrat sebanyak 9,3 gram
  5. Gula sebanyak 2,5 gram
  6. Serat sebanyak 2,8 gram
  7. Lemak sebanyak 0,3 gram

 

Beberapa fungsi air lemon untuk tubuh antara lain :

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran kaya vitamin C, serat, komponen tumbuhan dalam lemon (hesperidin dan diosmin) dapat menurunkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke.
  2. Mengontrol berat badan. Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan bahwa konsumsi air lemon dapat membantu menyebabkan rasa kenyang lebih lama karena kandungan kandungan serat di dalamnya.
  3. Pencegahan penyakit batu ginjal. Batu ginjal merupakan produk buangan yang mengendap di saluran kencing sehingga menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses pembuangan zat-zat dari tubuh melalui urin. Asam sitrus pada lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin sehingga menyebabkan lingkungan yang tidak optimal untuk pengendapan zat batu ginjal. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa 125 ml air lemon per hari dapat mencegah penyakit batu ginjal.
  4. Pencegahan anemia. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan zat besi. Lemon membantu tubuh dalam menyerap kandungan besi di dalam makanan ketika makanan tersebut melewati saluran cerna. Usus menyerap kandungan besi dari produk hewani lebih mudah dibandingkan produk nabati, sehingga konsumsi air lemon yang mengandung vitamin C dan asam sitrus berfungsi membantu penyerapan tersebut.
  5. Meningkatkan kesehatan saluran cerna. Pada lemon, terdapat kandungan serat bernama pectin yang berfungsi meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan kecepatan penyerapan gula sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  6. Mencegah defisiensi vitamin C. Pada orang yang berisiko mengalami kekurangan vitamin C akibat kurangnya konsumsi vitamin C dalam diet sehari-hari, konsumsi lemon dapat membantu kondisi tersebut dikarenakan kandungan lemon yang kaya vitamin C.
  7. Meningkatkan hidrasi tubuh. Air lemon dapat berperan sebagai perasa dalam minuman dan telah kerap dipopulerkan dalam infused water. Hal ini meningkatkan konsumsi air putih pada beberapa individu.
  8. Meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C pada lemon dapat membantu mengurangi kulit yang mengkerut, kulit kering akibat penuaan, hingga kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang berkepanjangan dan terus menerus. Vitamin C bersifat esensial dalam pembuatan kolagen.
  9. Menyegarkan bau mulut. Bau mulut muncul dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung bau tidak sedap hingga bau busuk akibat bakteri yang berkembang biak dalam mulut. Konsumsi air lemon dapat menstimulasi air liur. Aliran air liur yang adekuat dapat mencegah mulut kering, menghambat pertumbuhan beberapa bakteri, dan mengurangi bau mulut.

 

Referensi

  • 7 Benefits of Lemon Water: Vitamin C, Weight Loss, Skin, and More [Internet]. Healthline. 2016.
  • 6 Evidence-Based Health Benefits of Lemons [Internet]. Healthline. 2019. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/6-lemon-health-benefits

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :