Beranda > Artikel > Manfaat Minum Susu Malam Hari Sebelum Tidur

Manfaat Minum Susu Malam Hari Sebelum Tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu aspek yang penting dalam mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Pada kondisi ideal, seorang manusia sehat menghabiskan sepertiga hidupnya dalam keadaan tertidur. Hal ini menunjukkan bahwa tidur dan istirahat yang cukup memegang peranan penting dalam kehidupan. Tidur yang cukup akan meningkatkan kualitas kerja, meningkatkan mood (suasana hati), mencegah depresi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan performa olahraga, menjaga kadar gula darah optimal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga berat badan ideal. Namun, hal ini bukan berarti semakin lama tidur semakin baik. Tidur yang cukup idealnya adalah 7-8 jam dalam sehari untuk orang dewasa.  Studi menunjukkan bahwa tidur yang berlebihan (lebih dari 9 jam dalam sehari) dapat meningkatkan kejadian pengerasan pembuluh darah jantung. Selain memenuhi jam tidur, kualitas tidur juga mempengaruhi derajat efek positif dari tidur. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur secara sinergis adalah pengaturan waktu tidur yang sama setiap hari, pemenuhan tingkat aktivitas yang cukup pada siang hari, serta kegiatan berolahraga secara teratur.

Satu gelas susu sapi (whole milk) memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 148,8
  • Protein: 7,68 gram
  • Lemak: 7,96 gram
  • Karbohidrat: 11,68 gram

 

Manfaat Minum Susu di Malam Hari Sebelum Tidur:

  1. Membantu untuk Tidur

Beberapa komponen dalam susu, seperti protein α-lactalbumin kaya akan kandungan asam amino triptofan yang dapat membantu seseorang untuk memulai tidur. Triptofan merupakan suatu asam amino esensial yang merupakan bahan baku untuk hormon serotonin dan melatonin. Serotonin dapat meningkatkan mood dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Melatonin, yang juga berbahan baku dari triptofan, merupakan hormon yang berperan sebagai jam biologis yang menjaga siklus bangun dan tidur tubuh. Produksi melatonin umumnya meningkat pada malam hari saat cahaya redup, peningkatan melatonin tersebut berperan sebagai sinyal untuk tubuh dalam mempersiapkan seseorang untuk memulai tidur. Selain itu, efek positif untuk memulai tidur dari susu dapat ditingkatkan dengan menghangatkan susu sebelum konsumsi. Susu yang dihangatkan diduga dapat membantu tidur karena secara psikologis dari bawah alam sadar, tubuh mengkaitkan susu hangat dengan rasa nyaman yang didapat saat menyusui pada masa kanak-kanak.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu memiliki kandungan tinggi akan kalsium. Vitamin D yang juga terkandung dalam susu turut membantu penyerapan kalsium pada usus. Kadar kalsium dan vitamin D yang adekuat dalam tubuh menjaga kesehatan dan struktur tulang agar tetap kokoh.

  1. Membantu Mencegah Kanker

Kalsium dikaitkan dengan penurunan kejadian kanker usus besar dan vitamin D dikaitkan dengan penurunan risiko kanker lambung, kanker prostat, dan kanker payudara. Selain kandungan kalsium dan vitamin D, susu juga memiliki komponen antioksidan seperti beta carotene dan vitamin E meskipun dalam jumlah sedikit. Antioksidan bekerja dengan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan peradangan.

  1. Memiliki Kandungan Energi Kalori

Susu dalam jumlah yang adekuat memiliki kalori cukup yang dapat meningkatkan kebugaran saat bangun di pagi hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi susu yang berlebihan pada malam hari juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan perut kembung pada beberapa individu dengan intoleransi laktosa.

  1. Mengurangi Stres

Segelas susu memiliki protein Lactium yang memiliki efek menenangkan dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan relaksasi otot, dan mengurangi kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Selain itu, susu juga kaya akan triptofan yang merupakan bahan baku serotonin yang dapat meringankan gejala depresi dan stres yang sering muncul pada malam hari.

  1. Memperbaiki Pencernaan

Susu dapat berperan sebagai prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri usus.

 

Referensi

  • Aminoff MJ, Boller F, Swaab DF. We spend about one-third of our life either sleeping or attempting to do so. Handb Clin Neurol. 2011;98:vii. doi: 10.1016/B978-0-444-52006-7.00047-2. PMID: 21056174.
  • Komada Y, Okajima I, Kuwata T. The Effects of Milk and Dairy Products on Sleep: A Systematic Review. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(24):9440. Published 2020 Dec 16. doi:10.3390/ijerph17249440
  • Holroyd, DS. (2021). 10 Benefits of Drinking Milk at Night – Healthy Life Hacks.Healthy Cyte. https://healthycyte.com/10-best-benefits-of-drinking-milk-at-night/. 
  • Hill, A. (2020). Drinking Milk Before Bed: Is It a Good Idea?Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/drinking-milk-before-bed. 
  • 7 Surprising Health Benefits to Getting More Sleep. WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/benefits-sleep-more. 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :