Beranda > Artikel > Apa Saja Manfaat Minyak Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh?

Apa Saja Manfaat Minyak Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh?

manfaat minyak ikan salmon

Apakah Anda tahu apa saja manfaat minyak ikan salmon bagi kesehatan tubuh? Minyak ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Asam lemak ini merupakan asam lemak esensial yang hanya bisa didapat dari sumber makanan laut atau nabati dan tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 sendiri. Lalu, apa saja manfaat minyak ikan salmon tersebut bagi tubuh kita?

 

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai manfaat dari minyak ikan salmon yang baik untuk tubuh manusia. Simak informasinya di bawah ini.

6 Manfaat Minyak Ikan Salmon

Minyak ikan salmon memiliki setidaknya 6 manfaat utama bagi kesehatan tubuh manusia, yaitu sebagai berikut:

1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan salmon terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Ketika kadar trigliserida dalam darah meningkat, maka risiko bagi seseorang untuk terkena serangan jantung juga akan lebih tinggi. Dengan demikian, orang yang mengkonsumsi minyak ikan salmon setidaknya dua kali dalam seminggu secara rutin, akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena serangan jantung. 

 

Baca Juga: Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Biasanya, anak-anak dan lansia sangat membutuhkan minyak ikan salmon karena kandungan omega-3 di dalamnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Peningkatan kemampuan kognitif ini dapat terlihat dari bagaimana seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan yang tergolong rumit sekalipun. Oleh karena itu, minyak ikan salmon penting untuk dikonsumsi sejak dini agar kemampuan kognitif pada anak-anak dapat terbentuk. 

3. Mengurangi Risiko Terjadinya Alergi Kulit

Manfaat dari minyak ikan salmon lainnya adalah dapat mengurangi risiko terjadinya alergi kulit. Hal ini disebabkan dari begitu banyaknya manfaat dari asam lemak omega-3 itu sendiri. Minyak ikan salmon dapat menjaga keseluruhan tubuh manusia mulai dari mata, tulang, jantung, otak, bahkan hingga kulit. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat alergi kulit, maka disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan salmon secara rutin. 

Personal Health Record

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan salmon. Hal ini dikarenakan dalam minyak ikan salmon, selain memiliki kandungan omega-3, ada juga kandungan DHA (Docosahexaenoic Acid) dan juga EPA (Eicosapentaenoic Acid). Kandungan tersebut dapat membantu untuk meningkatkan berat badan bayi ketika dilahirkan nanti, mengurangi risiko terjadi persalinan prematur dan juga preeklamsia.

Baca Juga: 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Ibu Hamil

5. Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan salmon juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah atau yang biasa disebut dalam istilah medis yaitu aterosklerosis. Minyak ikan salmon dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) serta mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah dapat diminimalisir.

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Buah Pir Untuk Darah Tinggi

6. Membantu Menurunkan Kadar Lemak

Manfaat yang terakhir dari minyak ikan salmon adalah membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Akan tetapi, hasil dari penurunan kadar lemak baru dapat terlihat signifikan apabila disertai dengan olahraga. Oleh karena itu, jika Anda memiliki berat badan di atas rata-rata, maka disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengkonsumsi minyak ikan salmon untuk membantu penurunan kadar lemak secara drastis.

 

Jadi, itulah berbagai informasi mengenai manfaat minyak ikan salmon bagi kesehatan tubuh yang penting untuk Anda ketahui. Mulailah untuk mengkonsumsi minyak ikan salmon demi kesehatan tubuh Anda sendiri. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda, serta catat kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :