Beranda > Artikel > 6 Manfaat Pola Hidup Sehat yang Bisa Anda Rasakan

6 Manfaat Pola Hidup Sehat yang Bisa Anda Rasakan

manfaat pola hidup sehat

Memiliki pola hidup yang sehat seolah-olah telah menjadi tren masa kini. Banyak orang berlomba-lomba untuk mengubah rutinitas dan pola hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Tak jarang juga yang meluangkan waktunya untuk pergi ke dokter guna berkonsultasi mengenai pola hidup yang sehat dan benar. Menjaga tubuh memang sangatlah penting, terutama di masa pandemi yang menuntut imunitas tubuh untuk tetap optimal agar terhindar dari penyakit.

Walau begitu, nyatanya masih ada beberapa orang yang mengabaikan pentingnya kesehatan dan pola hidup sehat.

 

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat?

Pola hidup sehat merupakan rutinitas yang berorientasi pada kesehatan mental maupun fisik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti mengatur pola makan yang bergizi seimbang, istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, hingga managemen stress yang baik. Contohnya, anda bisa tidur selama 7-8 jam setiap malam, bersepeda 30 menit di pagi hari, kemudian makan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya.

Meskipun tampak sederhana, namun beberapa orang masih sulit untuk memulai rutinitas tersebut. Hal itu dapat disebabkan oleh kesibukkan bekerja, belajar, maupun mengurus rumah tangga. Namun, sadarkah anda bahwa kesibukkan tersebut justru malah dapat mengorbankan kesehatan anda jangka panjang?

 

Berikut manfaat pola hidup sehat yang bisa anda rasakan!

1. Tidak mudah terserang penyakit

Pola hidup yang sehat berkaitan erat dengan imunitas tubuh yang baik. Imunitas tubuh merupakan “tentara perang” ketika ada virus, bakteri, ataupun jamur yang masuk ke dalam tubuh anda. Ketika kondisi imunitas anda baik, otomatis akan terlindungi dari berbagai jenis penyakit, terutama pada masa pandemi COVID-19 ini. (1-4)

2. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Hal ini dapat dicapai dengan menjaga pola makan sehat yang teratur dan olahraga rutin. Berat badan yang ideal juga dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, stroke, hingga penyakit jantung. (1-4)

3. Badan menjadi tidak cepat lelah

Sering merasa lelah padahal aktivitas anda tergolong ringan? Hal tersebut bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Dengan makan bergizi, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup, badan anda akan terasa memiliki stamina dan energi yang tinggi. Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh dapat berjalan lebih optimal sehingga energi yang dibutuhkan oleh tubuh anda akan selalu tersedia untuk menjalani kesibukkan harian anda. (1,2)

4. Lebih produktif

Produktivitas memang sangatlah penting terutama di tengah kesibukkan dan tekanan pekerjaan maupun sekolah. Namun siapa sangka, dengan meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga dan mengatur pola hidup menjadi lebih sehat, ternyata malah dapat membuat anda lebih produktif, lho! Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Corporate Leadership Council 2014 di Amerika Serikat, memiliki pola hidup yang sehat dan seimbang meningkatkan kualitas kerja dan fokus sebanyak 89% pada pegawai kantoran. (5)

5. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk menjaga pola hidup yang sehat. Tidur atau istirahat  mungkin terdengar sebagai hal yang sangat simple, namun istirahat yang cukup bukan hanya terdapat pada kuantitas tidur, namun juga kualitas. Tidur yang memiliki kualitas baik adalah ketika anda dapat tertidur nyenyak dan tidak terbangun pada malam hari. Hal ini dapat dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari, seperti berat badan yang berlebih, makanan atau minuman yang anda konsumsi, hingga tingkat stress anda. Apabila anda menginginkan tidur yang berkualitas, coba mulailah mengurangi konsumsi kafein, berolahraga teratur, dan kurangi berat badan secara bertahap. Berdasarkan beberapa penelitian, mengkonsumsi magnesium sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. (1-3)

6. Menjadi lebih positif dan bahagia

Pola hidup yang sehat tidak hanya berpengaruh terhadap fisik anda, namun juga kesehatan mental. Berdasarkan penelitian, berolahraga terbukti dapat mengurangi hormon stress yang di produksi di otak, dan menstimulasi hormone endorfin, yaitu hormone yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan mood positif. Hal ini yang menyebabkan orang yang aktif berolahraga memiliki  manajemen stress yang lebih baik dan lebih bahagia. (1-3)

 

Banyak sekali manfaat dari menjalankan pola hidup sehat yang bisa anda dapatkan. Tidak hanya secara fisik, namun juga secara mental. Mulai sekarang, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengikis kebiasaan buruk anda untuk hidup yang lebih berkualitas. Anda bisa mulai perlahan dari hal yang paling mudah terlebih dahulu seperti beristirahat yang cukup, kemudian jadikan hal tersebut sebagai suatu rutinitas.

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record/

 

Referensi:

  1. Mander T. Better life better health – lifestyle and diet for a healthy future. SAGE journals. 2021. Diakses dari: https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1258/mi.2012.012041
  2. Kumar K. Importance of healthy lifestyle in healthy living. Juniper Publishers. 2017. Diakses dari: https://juniperpublishers.com/jojph/pdf/JOJPH.MS.ID.555596.pdf
  3. Skerrett PJ, Willett WC. Essentials of healthy eating: a guide. J Midwifery Womens Health. 2010. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3471136/
  4. Fen YS, Hong LK. Exercise as a healthy lifestyle choice: a review and avenues for future research. International Business Research. 2009. Diakses dari: https://www.researchgate.net/
  5. Dwicahyaningtyas R, Rachmayanti RS, Soedarwanto. Healthy workplace through increasing healthy lifestyle and personal health skills in Sidoarjo, East Java, Indonesia. IJOSH. 2021. Vol 10, issue 2: 188:98.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :