Beranda > Artikel > Manfaat Rebung Bambu Kuning

Manfaat Rebung Bambu Kuning

manfaat rebung bambu kuning

Rebung atau tunas bambu merupakan bahan makanan yang banyak dijumpai di banyak menu makanan Asia dan beberapa jenis dapat digunakan sebagai obat tradisional. Para ahli memperkirakan ada sekitar 1500 spesies tanaman bambu di seluruh dunia. Bagian bambu memiliki beragam manfaat. Daun bambu, tunas (rebung), dan batang nya memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Rebung sendiri mengandung banyak nutrisi baik makro maupun mikro yang diperlukan tubuh, dimana 100 gram rebung, mengandung:

  • Kalori: 27
  • Protein: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 2,2 gram
  • Tembaga (copper): 19% daily value (DV, kebutuhan harian)
  • Vitamin B1: 3% DV
  • Vitamin B6: 14% DV
  • Kalium: 3% DV
  • Zat besi: 3% DV

Kandungan tembaga yang tinggi pada rebung bermanfaat untuk kesehatan kulit, fungsi otak, dan lain-lain. Selain tembaga, rebung juga tinggi vitamin B6 yang juga dibutuhkan dalam reaksi-reaksi kimia penting di dalam tubuh. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Kesehatan Konsumsi Rebung

Mudahnya menemukan rebung membuat bahan makanan ini cukup populer di Indonesia. Beragam manfaat kesehatan bisa didapatkan dari mengkonsumsi rebung.

1. Menurunkan kolestrol darah

Kadar lemak yang rendah pada rebung dan tingginya serat dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah dan memperbaiki aliran darah dalam tubuh. Keduanya dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kadar serat yang tinggi dalam rebung memiliki efek positif untuk kesehatan saluran pencernaan. Rebung dapat meningkatkan volume feses serta memperbaiki gerak dan fungsi usus, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit dan meredakan gejala perut kembung atau tidak nyaman. Selain itu, serat juga baik untuk mencegah timbulnya wasir dan divertikulitis (benjolan di usus).

3. Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh

Kandungan vitamin dan mikronutrien dalam rebung dapat berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit-penyakit degeneratif.

4. Membantu menurunkan berat badan

Rendahnya kandungan kalori dalam rebung dapat membantu menurunkan berat badan dan kandungan serat juga memperlambat pengosongan lambung sehingga dapat merasa kenyang lebih lama.

5. Membantu menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam rebung dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsi rebung dalam jumlah besar juga memiliki potensi menyebabkan gangguan kesehatan:

  • Mengganggu fungsi kelenjar gondok (tiroid), menyebabkan pembesaran kelenjar. Namun efek ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi yodium yang cukup.
  • Memiliki racun taksifilin yang berbahaya untuk kesehatan, apabila tidak dimasak dengan baik.

 

Cara Mengolah Rebung

Rebung dapat disimpan hingga 2 minggu di lemari es dan tidak terkena sinar matahari langsung. Rebung mentah mengandung racun yang berbahaya, sehingga tidak diperbolehkan dikonsumsi mentah. Merebus rebung hingga mendidih selama minimal 20-30 menit dapat menetralisir efek tersebut, sehingga aman dikonsumsi.

Rebung yang sudah direbus dapat dipotong tipis-tipis dan ditumis bersama daging atau sayuran yang lain. Selain itu rebung yang sudah dimasak dapat dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan lunpia, atau dapat langsung dimakan untuk lauk.

Referensi:

Link, R. (2021, May 14). Are Bamboo Shoots Good for You? All You Need to Know. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/are-bamboo-shoots-good-for-you

Nagdeve, M. (2021, June 16). Proven Bamboo Shoots Health Benefits & How To Use. Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-bamboo-shoots.html

Panee, J. (2015). Potential Medicinal Application and Toxicity Evaluation of Extracts from Bamboo Plants. J Med Plant Res9(23), 681–692.

Park, E. J., & Jhon, D. Y. (2009). Effects of bamboo shoot consumption on lipid profiles and bowel function in healthy young women. Nutrition25(7–8), 723–728.

Baca juga: 7 Manfaat Tauge untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :