Beranda > Artikel > 8 Manfaat Rebusan Daun Salam, Sereh, Jahe dan Kayu Manis

8 Manfaat Rebusan Daun Salam, Sereh, Jahe dan Kayu Manis

Manfaat Rebusan Daun Salam Sereh Jahe dan Kayu Manis

Campuran rebusan daun salam, sereh, jahe dan kayu manis dapat dikonsumsi sebagai minuman herbal rutin untuk kesehatan ataupun dikonsumsi saat menginginkannya kapanpun. Rempah-rempah herbal ini memiliki kandungan nutrisi yang beraneka ragam dan semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara benar dan dalam jumlah yang tepat. Zaman dahulu, pengobatan herbal sangatlah populer dan sangat diandalkan untuk mengobati penyakit. Sekarang, tren ini mulai bangkit kembali dan banyak yang mengandalkan pengobatan herbal sebagai salah satu terapi penyakit.

Rebusan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain :

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh dapat meningkat sehingga dapat membakar kalori lebih banyak dengan konsumsi rebusan ini. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dapat meningkatkan utilisasi energi dan juga proses oksidasi asam lemak didalam tubuh. Selain itu, proses penceernaan lebih lancar dan dapat menegurangi rasa lapar. Jadi, jika sedang merencanakan penurunan berat badan, ramuan ini bermanfaat untuk dikonsumsi.

2. Mengurangi inflamasi dan radikal bebas

Karena satu per satu rempah baik sereh, jahe, kayu manis dan juga daun salam memiliki kandungan antioksidan yang berbeda-beda baik jenis maupun kadarnya, seperti flavonoid, polifenol, eugenol dan vitamin D. Maka efek yang ditimbulkan pun diharapkan menjadi lebih baik untuk mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan reaksi inflamasi dan juga kerusakan sel dalam tubuh.

3. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan nutrisi yang kaya dalam campuran rebusan ini, mulai dari vitamin, mineral dan antioksidan berkontribusi untuk membuat sel-sel dalam tubuh berfungsi lebih optimal sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari paparan infeksi dan penyakit

4. Mencegah pembentukan batu ginjal

Kandungan zat dalam daun salam dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi jumlah urease dalam tubuh. Kandungan urease yang tinggi, selain dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Namun, mekanisme pastinya masih belum diketahui.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Proses inflamasi yang terjadi pada luka baik yang terlihat dari luar ataupun dalam tubuh dapat dikurangi dengan konsumsi ramuan ini. Hal itu disebabkan produksi kolagen dan fibroblast yang dapat menutup luka lebih cepat dan proses inflamasi yang dapat dihambat sehingga respon imun dalam penyembuhan luka lebih optimal

6. Mencegah obesitas

Obesitas dapat terjadi karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktifitas fisik, asupan kalori yang dikonsumsi lebih besar dibandingkan yang dikeluarkan, pola makan yang tidak sehat dan juga karena stress oksidatif. Dari penelitian yang sudah ada, konsumsi ramuan ini dapat membuat tubuh kenyang lebih cepat walaupun kalori yang terkandung didalamnya hanya sedikit. 

7. Memiliki efek antikanker

Kadar antioksidan yang tinggi dalam tiap rempah yang terkandung dalam rebusan ini dapat mencegah radikal bebas untuk merusak sel, yang merupakan penyebab utama terjadinya kanker. Berdasar penelitian yang telah dilakukan, kanker yang dapat dicegah pertumbuhannya adalah kanker payudara dan juga kolorektal. Namun, penelitian tahap lanjut pada manusia perlu dilakukan untuk mengetahui efektifitasnya.

8. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi rebusan ini dapat memperbaiki kesehatan jantung. Hal ini disebakan karena kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dapat menjaga jantung dari kerusakan karena radikal bebas. Kedua, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Hal ini penting karena kadar LDL yang tinggi berkaitan dengan resiko penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi karena penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

 

Referensi

  1. BAY LEAF: Overview, Uses, Side Effects, Precautions, Interactions, Dosing and Reviews. Available from: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-685/bay-leaf
  2. Bay Leaf: Uses, Side Effects, Dose, Health Benefits, Precautions & Warnings. Available from: https://www.emedicinehealth.com/bay_leaf/vitamins-supplements.htm
  3. Health Benefits of Bay Leaves. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/ diet/health-benefits-bay-leaves
  4. Cinnamon. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-cinnamon
  5. From ginger to cinnamon: Burn fat by speeding up your metabolism with these foods. The Indian Express. 2018. Available from: https://indianexpress.com/article/lifestyle /food-wine/how-to-lose-weight-food-to-lose-weight-5375440/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :