Beranda > Artikel > Kenali Khasiat Rebusan Sereh, Jahe, Kayu Manis dan Cengkeh

Kenali Khasiat Rebusan Sereh, Jahe, Kayu Manis dan Cengkeh

manfaat rebusan Sereh Jahe Kayu Manis dan Cengkeh

Selama berabad-abad, teh merupakan salah satu minuman paling sehat diseluruh dunia. Dengan campuran dan metode pembuatan yang tepat, banyak manfaat yang didapatkan.  Sereh, jahe, kayu manis dan cengkeh merupakan rempah-rempah yang sering dijadikan campuran untuk rebusan dan dijadikan sebagai teh dan dapat konsumsi disegala kondisi terutama saat dingin. Rebusan ini memiliki wangi aromatik, sitrus dan menghangatkan dan dapat dikonsumsi dari segala rentang usia maupun jenis kelamin. Dengan perubahan gaya hidup dan meminum satu gelas rebusan teh herbal dapat melihat perubahan dalam tubuh menjadi lebih baik.

Berikut adalah manfaat dari konsumsi rebusan sereh, jahe, kayu manis dan juga cengkeh :

1. Mengandung nutrien penting

Rempah-rempah ini memiliki kandungan nutrisi yang beraneka ragam dan jika dicampurkan, maka kandungannya akan semakin lengkap dan berperan dalam metabolisme tubuh. Nutrisi yang terkandung memiliki kalori yang rendah, sehingga tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya. Selain itu kandungan lain meliputi vitamin, serat, mineral, dan yang terpenting adalah antioksidan yang beraneka ragam .

2. Mengurangi inflamasi dan radikal bebas

Karena satu per satu rempah baik sereh, jahe, kayu manis dan juga cengkeh memiliki kandungan antioksidan yang berbeda-beda baik jenis maupun kadarnya, seperti flavonoid, polifenol, eugenol dan vitamin D. Maka efek yang ditimbulkan pun diharapkan menjadi lebih baik untuk mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan reaksi inflamasi dan juga kerusakan sel dalam tubuh.

3. Mengurangi kecemasan

Konsumsi teh sendiri dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun, menurut penelitian aroma rempah-rempah dengan kandungan sereh didalamnya dapat menenangkan pikiran, menghilangkan stress dan juga kecemasan. Maka dari itu, sekarang, rempah-rempah juga dijadikan kandungan dalam essential oil untuk mendapatkan aroma yang menenangkan.

4. Mencegah infeksi

Ramuan ini memiliki efek antimikroba, sehingga dapat mecegah atau memghentikan pertumbuhan mikroorganisme merugikan seperti bakteri, jamur maupun virus dalam tubuh manusia.

5. Menjaga kesehatan rongga mulut

Baik sereh, cengkeh dan jahe telah diketahui manfaatnya dapat menjaga kebersihan rongga mulut dengan mencegah timbulnya plak, infeksi pada gusi dan berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut seperti Streptococcus sanguinis. Selain itu, namas juga menjadi lebih segar dengan ramuan ini.

6. Tidak mengandung kafein

Teh dari rebusan herbal tidak mengandung kafein sama sekali. Sehingga pada orang yang tidak dapat mengkonsumsi kafein karena menimbulkan efek samping seperti nyeri kepala, gangguan tidur, mual, muntah, diare, berdebar-debar, temor, kejang dan efek samping lainnya tidak perlu khawatir karena ramuan ini aman untuk dikonsumsi.

7. Memperlancar pencernaan

Rebusan ini dapat memperlancar pencernaan karena meningkatkan penyerapan makanan di dalam saluran pencernaan. Selain itu, sereh memiliki efek diuretik yang menyebabkan produksi urin menjadi lebih banyak. Efek ini bermanfaat bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi dan perutnya menjadi kembung karena dapat meredakan gejala tersebut.

8. Mencegah mual dan mencegah bau mulut

Meminum rebusan ini dapat menstimulasi enzim didalam rongga mulut untuk memecah reaksi kimia yang dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, juga dapat meningkatkan produksi cairan pelapis mukosa dalam lambung yang mencegah erosi dan luka dan menimbulkan nyeri perut, gejala mual ataupun muntah

9. Memperkuat tulang

Pada lansia, terjadi penurunan massa tulang yang dapat menyebabkan resiko osteoporosis meningkat dan akhirnya tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Kandungan eugenol pada cengkeh dapat memperkuat tulang dan meningkatkan massanya. Selain itu, mineral mangan yang terkandung pun dapat meningkatkan kecepatan pembentukan tulang.

Baca juga: 5 Efek Samping Kayu Manis yang Jarang Diketahui

 

Referensi

  1. Health Benefits of Cloves. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/diet /health-benefits-cloves
  2. Cloves: Health benefits and uses. 2018. Available from: https://www.medicalnewstoday .com/articles/320768
  3. 8 Surprising Health Benefits of Cloves. Healthline. 2020. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-cloves
  4. 7 Health Benefits of Lemongrass and Ginger Tea – Public Health. 2021. Available from: https://www.publichealth.com.ng/7-health-benefits-of-lemongrass-and-ginger-tea/
  5. What Are the Benefits of Lemongrass and Ginger Tea? Available from: https://www. livestrong.com/article/261356-what-are-the-benefits-of-lemongrass-and-ginger-tea/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :