Beranda > Artikel > Ini Dia Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

Ini Dia Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

manfaat rumput laut

Apa itu Rumput Laut?

Rumput laut merupakan tanaman laut dan ganggang yang tumbuh di laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya. Rumput laut bertumbuh di bebatuan pinggir pantai seluruh dunuia, namun paling sering dimakan di negara – negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina. Rumput laut dapat hidup di dalam air asin, dan memiliki beberapa variasi, mualai dari berwarna merah hingga hijau, dan coklat hingga hitam. Sebagian besar rumput laut mengandung banyak mineral yang mudah dipecah di dalam tubuh. Rumput laut sering dikonsumsi karena memiliki manfaat bagi kesehatan seperti membantu fungsi tiroid, kesehatan pencernaan, dan juga penurunan berat badan. Beberapa jenis rumput laut ialah:

  • Nori
  • Kelp
  • Wakame
  • Kombu
  • Dulse
  • Sea lettuce
  • Arame
  • Ganggang biru-hijau, seperti spirulina dan klorela

Jenis – jenis rumput laut ini mudah untuk dimasak dan menjadikan makanan yang bervariasi.

 

Kandungan di Dalam Rumput Laut

Di dalam 5g nori (kering), terkandung:

  • 7 kalori
  • 1.5g protein
  • 0.1g lemak
  • 3g serat
  • 22mg kalsium
  • 0.98mg zat besi
  • 0.32mg zinc
  • 73.5mcg iodin
  • 1.4mcg vitamin B12

Setiap jenis spesies rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang berbeda – beda, tergantung dari lokasi geografis, waktu memanen, dan bagaimana cara penyimpanan dan pemrosesan rumput laut. Misalnya, jenis ganggang berwarna merah dan hijau memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan ganggang yang berwarna coklat. Namun kandungan iodin di dalam ganggang coklat lebih tinggi.

Dibandingkan dengan tanaman lain dan produk berbasis hewani, rumput laut memiliki keunggulan kandungan pendukung kesehatan seperti serat, asam lemak omega 3, asam amino penting, dan vitamin A, B, C, dan E.

 

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

  1. Sangat bernutrisi. Setiap jenis rumput aut memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang berbeda – beda. Di dalam rumput laut secara umum, terkandung protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak polyunsaturated. Selain itu, rumput laut juga mengandung vitamin A, B, C, E, zat besi, dan iodin. Rumput laut memiliki komponen antioksidan, sehingga juga berperan melawan radikal bebas, stres oksidatif, dan mengurangi inflamasi sel.
  2. Membantu fungsi tiroid. Organ tiroid berperan dalam mengendalikan dan mengeluarkan hormon untuk produksi energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Tiroid membutuhkan iodin agar dapat melakasanakan fungsinya. Rumput laut mengandung iodin, sehingga dapat membantu fungsi tiroid. Tapi harus Anda ingat untuk tidak mengonsumsi iodin berlebihan karena dapat memperburuk gejala hipertiroid.
  3. Makanan tinggi serat dapat berperan membantu penderita diabetes. Serat dapat membantu meregulasi gula dan insulin dalam darah.
  4. Bereperan sebagai probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan cara memberi makan bakteri baik pada usus dengan kandungan serat di dalam rumput laut.
  5. Kandungan serat larut air di dalam rumput laut dapat berikatan dengan air 20 kali dari volume rumput laut itu sendiri. Oleh karena itu, mengonsumsi rumput laut dalam diet Anda dapat membantu pengikatan air dengan sisa makanan di usus sehingga membantu pembentukan feses, dan mengurangi waktu transit kotoran di dalam usus besar. Hal ini berperan dalam mencegah kanker usus.
  6. Membantu menurunkan berat badan karena tingginya serat membantu memperlambat pengosongan lambung, sehingga sinyal lapar ke otak menjadi terhambat. Oleh karena itu, Anda menjadi tidak makan berlebihan
  7. Mencegah infalamasi di saluran pencernaan, termasuk di lambung. Sehingga mencegah terjadinya ulkus di saluran pencernaan. Serat di dalam rumput laut membentuk suatu lapisan di sebelah epitel saluran cerna atas, menjadi suatu lapisan pelindung dari berbagai enzim pernceranaan dan keadaan pH yang asam.
  8. Membantu menjaga kesehatan jantung dengan tingginya serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol, karena serat dapat mengurangi penyerapan lemak.

Baca juga: 6 Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan Anda

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Bibliography

What is seaweed? (2021, February 26). Retrieved from National Ocean Service: https://oceanservice.noaa.gov/facts/seaweed.html

Johnson, J. (2021, December 14). Is seaweed good for you? Benefits, nutrition and all else you need to know. Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323916

O’Brien, S. (2018, May 28). 7 Surprising Health Benefits of Eating Seaweed. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-seaweed

Health Benefits of Seaweed. (2020, September 19). Retrieved from Nourish by MD: https://www.webmd.com/diet/health-benefits-seaweed#1

Rajapakse, N. (2011). Nutritional and digestive health benefits of seaweed. Peradeniya, Sri Lanka: Elsevier.

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics