Beranda > Artikel > Manfaat Sari Kurma Untuk Asam Lambung

Manfaat Sari Kurma Untuk Asam Lambung

manfaat sari kurma untuk asam lambung

Tugas utama dari sistem pencernaan di dalam perut adalah untuk membantu mencerna makanan yang telah dikonsumsi. Salah satu cara sistem pencernaan bekerja adalah dengan memanfaatkan cairan yang ada di dalam lambung, yang dikenal sebagai asam lambung.

Komponen utama yang ada di dalam asam lambung sendiri adalah asam klorida. Cairan asam lambung secara alami dikeluarkan dari dinding-dinding yang ada di dalam lambung. Konsistensi cairan asam lambung sendiri dikendalikan oleh hormon dan sistem saraf yang ada di dalam tubuh.

Ada saat-saat tertentu yang terkadang membuat perut Anda menghasilkan terlalu banyak asam lambung, yang dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan, hingga menyebabkan rasa sakit. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk bisa menangani kondisi tersebut, yaitu dengan mengkonsumsi kurma.

Yuk cari tahu manfaat sari kurma untuk asam lambung melalui artikel berikut ini. Namun sebelum itu, cari tahu dulu yuk apa itu buah kurma yang sangat baik untuk kesehatan lambung.

Apa itu Buah Kurma?

Kurma merupakan jenis buah yang dapat tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Buah yang berasal dari pohon kurma ini umumnya sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya.

Pohon kurma banyak tumbuh di daerah tropis, tergantung dari varietasnya. Kurma segar yang dipanen pada musil gugur atau awal musim dingin memiliki ukuran yang cukup kecil dengan warna yang bervariasi, dari merah cerah hingga kuning cerah.

Kurma Medjool dan Deglet Noor merupakan varietas yang paling umum dikonsumsi. Banyak yang mengatakan bahwa rasa dan tekstur buah kurma hampir menyerupai kismis, namun dengan tekstur yang lebih kenyal dan adanya rasa seperti karamel. Kurma memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dengan hampir 70% bagiannya kaya akan karbohidrat. Seperti pisang, rasa manis dari kurma akan meningkat seiring dengan kematangan yang didapatkan.

Baca Juga : Pantangan Makanan pada Penderita GERD

Salah satu kelebihan dari kurma adalah kemampuannya untuk bisa menenangkan asam lambung yang sedang meningkat. Kurma yang segar merupakan makanan yang bisa menghasilkan alkali, sehingga dapat membantu untuk mengurangi asam yang ada di perut Anda untuk sementara waktu.

Personal Health Record

3 Manfaat Sari Kurma Untuk Lambung

Sama halnya jika Anda mengkonsumsi sari kurma yang dibentuk dari ekstrak kurma. Selain kelebihan di atas yang bisa menenangkan asam di perut Anda, beberapa manfaat lain dari sari kurma adalah:

1. Sari Kurma Kaya akan Gizi untuk Mengobati Maag Kronis

Sari kurma memiliki profil nutrisi yang sangat baik. Sebagian besar kalori yang ada di dalam sari kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat sedikit. Terlepas dari kalori kurma yang tinggi, sari kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat. Produk sari kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan asam lambung dan mengobati maag kronis.

Dalam 100 gram sari kurma, akan ada nutrisi seperti berikut ini:

  • Kalori: 277

  • Karbohidrat: 75 gram

  • Serat: 7 gram

  • Protein: 2 gram

  • Kalium: 20% dari RDI

  • Magnesium: 14% dari RDI

  • Tembaga: 18% dari RDI

  • Mangan: 15% dari RDI

  • Besi: 5% dari RDI

  • Vitamin B6: 12% dari RDI

Selain itu, sari kurma juga mengandung antioksidan yang tinggi dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan Anda.

Baca Juga: 5 Efek Samping Buah Kurma Akibat Terlalu Sering Dikonsumsi

2. Penambah energi

Bisa dibilang sari kurma terbuat dari gula alami seperti fruktosa dan glukosa. Kedua kandungan yang ada pada sari kurma ini dapat memberikan efek ledakan energi singkat. Kurma bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk camilan sehat dengan kandungan lemak tinggi. Bila Anda merasa lemah atau lesu, cobalah untuk konsumsi sari kurma dan rasakan energi yang bisa Anda dapatkan setelah mengkonsumsi sari kurma tersebut.

3. Jantung yang sehat

Sari kurma merupakan sumber potasium yang sangat bagus dan dapat membantu menurunkan risiko stroke bagi penderita darah tinggi. Sari kurma juga membantu menurunkan gula darah dan kadar LDL, sehingga sehingga selain dapat menurunkan kadar gula darah, sari kurma juga dapat membantu mengontrol tekanan darah serta detak jantung.

Berapa Kali dalam Sehari Minum Sari Kurma?

Karena sari kurma termasuk ke dalam buah dengan kandungan gula dan karbohidrat yang sangat tinggi, tentu saja Anda tidak boleh terlalu sering mengonsumsi sari kurma terlalu sering. Ada takaran tertentu yang dianjurkan untuk meminum sari kurma setiap harinya.

Umumnya untuk anak-anak dianjurkan untuk meminum sari kurma sebanyak 1 sendok makan atau sebanyak 15ml dan diminum 3 kali dalam satu hari. Sedangkan untuk orang dewasa, dianjurkan untuk meminum sari kurma sebanyak 2 sendok makan atau sebanyak 30ml dan diminum 3 kali dalam satu hari.

Baca Juga: Makanan untuk Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Makanan Lain yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Asam Lambung

Selain sari kurma ataupun kurma segar, ada banyak makanan lainnya yang bagus untuk Anda konsumsi jika sering mengalami asam lambung yang naik serta menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Beberapa makanan tersebut adalah:

  • Oatmeal

  • Jahe

  • Putih telur

  • Buah non-sitrus

  • Daging dan makanan laut tanpa lemak

  • Dan masih banyak lagi.

Itulah manfaat sari kurma untuk asam lambung serta berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan Anda. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda serta catat kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics