Beranda > Artikel > Manfaat Sawi Hijau

Manfaat Sawi Hijau

Sawi Hijau

Mengenal Jenis Sawi

Sawi merupakan sayuran hijau yang termasuk golongan genus Brassica dan memiliki beberapa spesies. Beragam manfaat kesehatan dapat didapatkan darii konsumsi sawi. Sayuran ini sendiri mengandung banyak nutrisi yang dapat mengoptimalkan kesehatan kita.

Ada beberapa jenis sawi yang mudah ditemui di Indonesia saat ini, yaitu:

1. Sawi hijau

Manfaat Sawi HijauSumber: Adobestock

Sawi hijau, yang juga dikenal sebagai sawi bakso atau caisim, memiliki ciri daun berbentuk oval tunggal yang memanjang, berwarna hijau dan bagian tulang daun berwarna hijau keputihan, dimana tulang daun semakin ke ujung semakin mengecil.

2. Sawi putih

sawi putih
Sumber: Freepik

Sayuran yang sering disebut sawi cina atau petsai ini sering digunakan untuk membuat kimchi. Bentuk daun bergelombang tidak rata dan tidak mengikuti tulang daun, berwarna hijau keputihan di bagian bawah dan hijau terang di bagian atas.

3. Pokchoy

sawi pokchoy
Sumber: Freepik

Sawi sendok merupakan sebutan lain untuk pokchoy, karena daunnya yang berbentuk seperti sendok. Sayuran ini memiliki bentuk mirip dengan sawi hijau, namun dengan batang yang lebar dan daun yang lebih kaku.

4. Kailan

Kailan

Sumber: Fitco

Kailan dalam bahasa Inggris disebut Chinesse broccoli, dengan bentuk daun mirip seperti pokchoy namun bantang yang mirip caisim.

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

Sawi hijau banyak mengandung nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kita.

Komponen nutrisi yang terkandung di dalam sawi hijau berperan penting dalam mencegah radikal bebas. Vitamin C dan E, serta beberapa jenis enzim yang memiliki efek antioksidan, dapat menetralkan radikal bebas yang terbentuk. Selain itu, sawi hijau juga mengandung glukosinolat, yang saat diolah oleh tubuh menjadi senyawa yang dapat menghambat proses karsinogenesis (proses pembentukan kanker) dan juga menghambat mutasi.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sawi hijau:

1. Anti oksidan

Oksidan atau radikal bebas merupakan salah satu sumber berbagai masalah kesehatan di dalam tubuh. Sawi hijau yang mengandung banyak antioksidan dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang berlebihan yang membahayakan tubuh.

2. Efek anti peradangan

Peradangan berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan pembelahan sel berlebihan, menghambat kematian sel, sehingga meningkatkan risiko terbentuknya sel kanker. Nutrisi mikro yang ada di dalam sawi hijau dapat mencegah peradangan berlebihan. Selain itu sayuran ini juga digunakan untuk mengatasi keluhan dan gangguan saluran pencernaan.

3. Anti kanker

Penelitian menunjukan bahwa konsumsi diet yang mengandung sawi hijau dapat menurunkan risiko timbulnya kanker, khususnya kanker kolon (usus besar) dan kanker rektum. Hal ini dikarenakan sawi hijau memiliki fungsi mengubah enzim yang menyebabkan kanker menjadi bentuk yang tidak berbahaya, dengan kata lain memiliki efek ‘detoksifikasi’.

4. Efek menurunkan kolestrol

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kolestrol dalam darah. Sawi hijau menunjukan efek menurunkan kolestrol dengan meningkatkan pemecahan kolestrol dan dibuang melalui feses.

Namun konsumsi sawi hijau yang berlebihan, dapat menimbulkan efek yang kontra produktif. Pemecahan glukosinolate yang berlebihan, yang terkandung di dalam sawi hijau, dapat menghambat transportasi yodium, sehingga mengganggu proses metabolisme. Hal ini menyebabkan rangsangan berlebihan di kelenjar tiroid (kelenjar gondok) sehingga menimbulkan penyakit gondok (struma). Meskipun efek ini dapat dikurangi dengan diet tinggi yodium.

Selain itu, sawi hijau juga tidak boleh dimasak terlalu lama, karena panas yang terlalu tinggi dan lama akan merusak kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sawi tersebut.

Referensi:

Ahmad Jan, S. (2018). Antioxidant and anticancer activities of Brassica rapa: a review. MOJ Biology and Medicine3(4). https://doi.org/10.15406/mojbm.2018.03.00094

Kapusta-Duch, J., Kopeć, A., Piątkowska, E., Borczak, B., & Leszczyńska, T. (2012). THE BENEFICIAL EFFECTS OF BRASSICA VEGETABLES ON HUMAN HEALTH. In Rocz Panstw Zakl Hig (Vol. 63).

Puji, A. (2021, April 29). Kupas Tuntas Jenis Sawi Sekaligus Nutrisi dan Manfaatnya. Hellosehat. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-nutrisi-jenis-sawi/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :