Beranda > Artikel > Manfaat Sayur Kai lan

Manfaat Sayur Kai lan

Manfaat Sayur Kailan

Mengenal sayur kai lan

Kai lan (gai lan atau chinnese broccoli) merupakan sayuran yang termasuk kelompok sawi-sawian. Sayur ini memiliki karakteristik batang yang cukup panjang dan tebal serta daun yang hijau lebar dan datar. Kai lan banyak digunakan sebagai bahan olahan tumis pada masakan Asia.

Sayur kai lan yang sangat mudah dijumpai ini memiliki banyak nutrisi yang penting untuk tubuh, dimana per 100 gram kai lan mengandung:

  • Kalori : 117
  • Air : 91,2 gram
  • Karbohidrat : 5,63 gram
  • Protein : 2,8 gram
  • Lemak : 2 gram
  • Gula : 1,25 gram
  • Serat : 2 gram
  • Vitamin : vitamin A, B, C, E, K, folat
  • Mineral : kalium, kalsium, natrium, zat besi, zinc, dan lain-lain

 

Apa saja manfaat mengkonsumsi kai lan?

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, kai lan mempunya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengurangi efek radikal bebas

Radikal bebas atau oksidan merupakan sumber masalah kesehatan di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak penyakit, sehingga dibutuhkan antioksidan untuk menangkalnya. Kandungan vitamin C dan E serta mineral-mineral penting seperti zinc dalam kai lan merupakan antioksidan yang baik untuk menghambat efek radikal bebas ini.

 

2. Mencegah sembelit

Serat merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Konsumsi serat yang cukup dapat memperlancar gerak usus sehingga mencegah sembelit.

 

3. Menjaga tekanan darah

Kandungan kalium dalam kai lan diperlukan untuk mengatur keseimbangan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung.

 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Kandungan antioksidan di dalam kai lan dapat mengurangi risiko terbentuknya plak di pembuluh darah yang dapat menimbulkan sumbatan.

 

5. Membantu menurunkan berat badan

Serat dalam kai lan membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang dan membantu kinerja saluran pencernaan.

 

6. Baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga bayi. Kai lan merupakan salah satu pilihan sayur untuk ibu hamil karena mengandung zat besi dan juga asam folat yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

 

7. Mengurangi risiko kanker

Vitamin C, E, dan zinc yang berperan sebagai antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu juga dapat mencegah proses peradangan berlebihan yang tidak baik untuk kesehatan.

 

8. Menjaga kesehatan kulit

Kulit merupakan area tubuh yang paling sering terpapar radikal bebas baik dari asap maupun polusi dan juga merupakan area yang terpapar sinar ultraviolet matahari. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan penyakit-penyakit kulit lain. Vitamin C dan E berperan penting untuk melindungi sel-sel kulit dari efek paparan polusi dan sinar matahari yang berlebihan.

 

9. Membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang

Kalsium dalam kai lan, yang jumlahnya tidak kalah dari susu, sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja sel-sel tulang dan gigi, serta mengurangi risiko timbulnya pengeroposan tulang (osteoporosis). Untuk orang dengan alergi susu dapat mengkonsumsi kai lan sebagai salah satu sumber kalsium.

Baca juga: Manfaat Sawi Hijau

 

Bagaimana mengolah kai lan yang baik?

Kai lan dapat disimpan di lemari es dan bertahan 3-5 hari. Selalu cuci bersih sayuran sebelum di simpan maupun di masak. Kai lan dapat dimasak menjadi tumis atau dalam bentuk ca sayur dan dapat ditambahkan daging sapi maupun seafood untuk menambah cita rasanya. Bumbu saus tiram dapat semakin menambah kelezatan masakan.

 

Referensi:

DrHealthBenefits. (2021). 12 Unexpected Kai Lan Vegetable Health Benefits. DrHealthBenefits. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/kai-lan-vegetable-health-benefits

Healwithfood. (2020). Gai-Lan: A Healthy Vegetable with Wige-Ranging Benefits. Healwithfood. https://www.healwithfood.org/health-benefits/gai-lan-chinese-broccoli.php

Yeo, J. (2016). Kai-lan: Tasty, Easy, Healthy! HealthXchange. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/kai-lan-tasty-easy-healthy

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :