Beranda > Artikel > 7 Manfaat Tanaman Patah Tulang yang Perlu Anda Ketahui

7 Manfaat Tanaman Patah Tulang yang Perlu Anda Ketahui

manfaat tanaman patah tulang

Tanaman patah tulang atau yang dikenal dengan nama ilmiah Euphorbia tirucalli atau dalam bahasa inggrisnya pencil cactus merupakan tanaman yang masuk dalam famili Euphorbiaceae. Bentuk tanaman ini adalah pohon kecil atau perdu yang dapat tumbuh sampai ketinggian 4-12 meter dengan diameter batangnya 15-20 cm yang tumbuh tegak keatas. Tumbuhan ini memiliji banyak cabang-canag dan juga memilki daun dengan lebar 2 cm yang tumbuhnya jarang-jarang pada ujung cabangnya, selain itu tanaman ini juga berbunga warna kuning kehijauan.

E. tirucalli merupakan tanaman asli dari Afrika dan Amerika, namun menyebar luas dan tumbuh dengan baik di India terutama India Selatan dan timbuh pula pada seluruh daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini juga dapat dijumpai di Indonesia dan banyak digunakan sebagai tanaman hias, tanaman pagar ataupun tumbuh liar di alam bebas terutama pada dataran rendah yang terkena dengan cahaya matahari langsung dan juga pada semak-semak bebas pada hutan liar. Sesuai namanya, tanaman patah tulang dipercaya menjadi pengobatan herbal untuk penyembuhan patah tulang. Bagian dari tanaman ini yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional adalah batang, getah, daun dan juga akarnya.

 

Manfaat Tanaman Patah Tulang

Kandungan dari tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan adalah flavonoid, alkaloid, tannin, sterol, asam sitrat dan asam suksanat.Berikut beberapa manfaat medis dari tanaman patah tulang :

1. Antibakterial, antifungal dan antimikroba

Berdasarkan penelitian, ekstrak dari getah tanaman ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti Candida albicans, Cyrptococcus neoformans, Staphylococcus aureus, Eclipta alba dan lainnya.

2. Antiinflamasi

Efek antiinflamasi yang didapatkan dari tanaman ini karena adanya penekanan dari sel-sel inflamasi dari tubuh seperti IL-6 dan tumor necrosis factor.

3. Antioksidan

Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan sepertu flavonoid, tannin dan alkaloid. Hal ini dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

4. Antivirus

Virus yang dapat dihambat pertumbuhannya adalah herpes simpleks 2 dengan cara menurunkan kemampuan virus untuk menginfeksi sel sehingga pertumbuhannya dihambat.

5. Mengobati nyeri neuropatik

Nyeri neuropatik merupakan keadaan yang terjadi karena adanya gangguan dari impuls saraf sehingga mengakibatkan nyeri. Kandungan euphol dari ekstrak tanaman patah tulang dapat menambah konsentrasi GABA didalam otak dan mempengaruhi rasa nyeri

6. Antikanker

Penelitian yang dilakukan pada sel kanker lambung manusia menunjukkan bahwa kandungan euphol dari tanaman ini memiliki efek antiproliferasi dan menginduksi apoptosis atau membuat sel kanker menjadi mati dan tidak bertumbuh lagi

7. Menjaga fungsi hati

Ekstrak tanaman ini memiliki efek hepatoprotektif yang menjaga fungsi hati karena dapat menurunkan kadar bilirubin darah, kolesterol, trigliserida.

Baca juga: Manfaat Daun Patah Tulang (Euphorbia tirucalli)

 

Walaupun memiliki berbagai manfaat, namun getah dari tanaman ini beracun saat kontak dengan manusia ataupun serangga. Jika tidak berhati-hati dalam pengolahan tanaman ini dan getahnya masuk kedalam mata, maka dapat menyebabkan iritasi mata sampai dengan kebutaan. Karena getah ini dapat membuat serangga terbunuh, maka seringkali digunakan juga sebagai insektisda.

Tanaman patah tulang memang memiliki banyak manfaat yang dapat ditelusuri. Namun, sebaiknya tidak langsung menjadikannya sebagai pengobatan suatu penyakit. Manfaat yang didapatkan dari tanaman ini adalah hasil dari eksperimen yang dilakukan di laboratorium dan belum terbukti manfaatnya saat dicobakan pada manusia. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk megetahui manfaatnya dan dosis yang sesuai sebelum digunakan manusia.

 

Referensi

  1. Gupta N, Vishnoi G, Wal A, Wal P. Medicinal Value of Euphorbia Tirucalli. Systematic Reviews in Pharmacy. 2013 Jan 1;4:40.
  2. Mali PY, Panchal SS. Euphorbia tirucalli L.: Review on morphology, medicinal uses, phytochemistry and pharmacological activities. Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine. 2017 Jul 1;7(7):603–13.
  3. Mwine J, Damme PV. Damme P: Euphorbia tirucalli L. (Euphorbiaceae) – The miracle tree: Current status of available knowledge. Sci Res Essays. :6.
  4. Prohati – Keanekaragaman Hayati Tumbuhan Indonesia. 2016. Available from: https://web.archive.org/web/20160304205531/http://www.proseanet.org/prohati2/browser.php?docsid=448

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics