Beranda > Artikel > 5 Manfaat Tanaman Porang sebagai Menu Diet Anda

5 Manfaat Tanaman Porang sebagai Menu Diet Anda

manfaat tanaman porang

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan program penurunan berat badan, ada baiknya untuk mengetahui berbagai manfaat tanaman porang yang tidak hanya menyehatkan bagi tubuh, namun juga cocok dijadikan sebagai menu diet. Namun, apakah Anda tahu apa itu tanaman porang?

Akhir-akhir ini, tanaman porang sempat menjadi perbincangan yang hangat karena Presiden Jokowi sempat mengatakan dalam salah satu postingan di akun Instagramnya yang membahas tentang keuntungan dari hasil penjualan tanaman ini. Tanaman porang bisa menjadi komoditas ekspor yang diandalkan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Tanaman porang ini merupakan tanaman umbi-umbian yang dapat diolah ke dalam berbagai bentuk mulai dari makanan hingga kosmetik. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai tanaman porang ini, silakan simak pembahasan yang akan Carevo sampaikan di bawah ini mengenai apa itu tanaman porang dan apa saja manfaatnya bagi orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Baca Juga: Manfaat Daun Krokot

Apa Itu Tanaman Porang?

Tanaman porang atau yang nama latinnya Amorphophallus oncophyllus muelleri Blume,  termasuk ke dalam anggota famili Arecaceae. Nama ini tentu tidak asing karena tanaman yang termasuk ke dalam famili ini adalah bunga bangkai.

Tanaman porang bisa dibilang menjadi salah satu tanaman khas Indonesia yang mulai populer berkat cerita petani dari desa Kepel, Jawa Timur yang menjalankan bisnis ekspor porang. Tanaman ini sudah mencapai berbagai negara di Asia seperti Jepang, China, Vietnam, dan juga Australia.

Negara-negara di belahan Asia memanfaatkan tanaman porang ini untuk dijadikan sebagai pembuatan lem atau kosmetik. Selain itu, tanaman porang ini dapat diubah menjadi olahan makanan yang Anda kenal dengan shirataki sehingga sangat disarankan bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk mengonsumsi olahan tanaman porang ini.

Personal Health Record

Apa Saja Manfaat Tanaman Porang untuk Program Diet?

Berikut ini, ada 5 manfaat tanaman porang sebagai menu diet yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Kaya akan Serat

Manfaat pertama dari tanaman porang sebagai menu diet adalah kandungannya yang kaya akan serat. Semakin tinggi kandungan serat dalam makanan yang Anda konsumsi, maka perut akan lebih mudah merasa kenyang.

Di dalam tanaman porang, terdapat kandungan glukomanan. Kandungan ini dapat dijadikan sebagai bahan pengental yang alami sehingga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari nasi hingga agar-agar.

Baca Juga: Benarkah Antibiotik Membuat Tubuh Menjadi Kebal Obat?

2. Mengandung Nutrisi Komplet

Karbohidrat, protein, vitamin, hingga serat pangan yang dibutuhkan dalam tubuh sudah menjadi paket lengkap yang terkandung dalam tanaman porang. Tanaman porang ini memiliki pati dan gula reduksi yang menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

3. Rendah Kalori

Karena seratnya yang tinggi, maka asupan kalori harian yang masuk ke dalam tubuh Anda akan cenderung lebih rendah daripada biasanya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda ingin mendapatkan hasil penurunan berat badan yang maksimal untuk mulai mengubah beras biasa menjadi beras shirataki untuk mengurangi jumlah asupan kalori.

Baca Juga: Apa Itu Obat Anestesi? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Tanaman porang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, makanan olahan tanaman porang ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami obesitas, penyakit jantung, ataupun diabetes.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat terakhir dari tanaman porang adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan glukomanan ini dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh yang menjadi penyebab berat badan yang tidak stabil.

Jadi, itulah informasi yang dapat Carevo sampaikan mengenai 5 manfaat tanaman porang sebagai menu diet Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :