Beranda > Artikel > Mengenal 3 Manfaat Tanaman Suplir sebagai Penyerap Racun

Mengenal 3 Manfaat Tanaman Suplir sebagai Penyerap Racun

manfaat tanaman suplir

Banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat tanaman suplir yang ternyata sangat baik untuk kesehatan dan dapat membantu menyerap racun dalam tubuh. Apakah Anda salah satunya?

 

Hingga saat ini, tanaman suplir hanya dijadikan sebagai tanaman hias yang dapat memberikan suasana sejuk di dalam rumah. Padahal, tanaman suplir memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh manusia apabila dikonsumsi dengan berbagai cara.

 

Untuk mengetahui manfaat tanaman suplir, Carevo akan memberikan informasinya melalui pembahasan di bawah ini. Namun sebelum itu, mari kita mengenal lebih jauh apa itu tanaman suplir.

Pengertian Tanaman Suplir

Tanaman suplir atau yang dikenal sebagai adiantum, merupakan jenis tumbuhan paku yang juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman suplir ini sempat populer di tahun 80-an dan saat ini, banyak orang yang mulai gemar mengoleksi berbagai tanaman hias, khususnya tanaman suplir ini.

Baca Juga: Apa Itu Obat Anestesi? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

Perlu Anda ketahui juga, tanaman suplir dapat tumbuh di alam bebas. Anda bisa menemukannya di daerah-daerah yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

Personal Health Record

3 Manfaat Tanaman Suplir untuk Kesehatan

Secara garis besar, tanaman suplir memiliki manfaat yang baik dalam tubuh manusia yang berhubungan dengan ginjal. Berikut ini, ada 3 manfaat dari tanaman suplir yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1 . Mengatasi Anyang-anyangan

Manfaat yang pertama dari tanaman suplir adalah tanaman ini dapat membantu mengatasi rasa anyang-anyangan. Tahukah Anda apa itu anyang-anyangan?

Anyang-anyangan atau istilah medisnya adalah disuria merupakan kondisi di mana seseorang mengalami masalah pada saluran kencing. Biasanya, orang dengan kondisi anyang-anyangan dapat mengalami rasa nyeri saat sedang buang air kecil.

Gejala lain dari anyang-anyangan ini adalah ketika seseorang sering merasa ingin buang air kecil namun urine yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Oleh karena itu, kondisi anyang-anyangan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi lebih banyak air putih ataupun air rebusan daun suplir.

Tanaman suplir memiliki kandungan tanin yang dapat membantu melancarkan saluran air kencing. Anda cukup merebus daunnya dan meminum air rebusannya secara rutin agar terhindar dari anyang-anyang.

Baca Juga: Benarkah Antibiotik Membuat Tubuh Menjadi Kebal Obat?

2 . Membantu Penyerapan Glukosa dalam Tubuh

Anda tentu tahu bahwa warna urine dapat menunjukkan kondisi kesehatan tubuh kita. Warna urine yang sehat seharusnya berwarna bening atau kuning muda.

Apabila warna urine yang keluar terlihat kuning pekat, keruh, atau bahkan kecokelatan, maka terdapat indikasi bahwa tubuh tidak dapat menyerap glukosa dengan baik. Maka dari itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun suplir, tubuh dapat menyerap glukosa dengan maksimal dan melancarkan sistem pembuangan air kecil.

Baca Juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Pria yang Jarang Diketahui

3 . Mencegah Terjadinya Gangguan Ginjal

Di dalam tanaman suplir, terdapat kandungan serotonin yang dapat membantu menyehatkan kondisi ginjal. Perlu Anda ketahui, ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh yaitu untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh kita.

Bisa dibayangkan apabila terdapat masalah dalam ginjal atau terlalu banyak racun yang diserap di dalam tubuh, maka berbagai penyakit berbahaya dapat menyerang tubuh kita. Dengan kandungan serotonin dalam tanaman suplir, ginjal akan menjadi lebih kuat dan dapat menyaring racun dengan lebih baik lagi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tanaman suplir sebagai penyerap racun. Tanaman suplir ini bisa menjadi tanaman baru yang menghiasi rumah Anda dan tentunya dapat dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh.

Pastikan tanaman suplir yang Anda miliki dirawat dengan baik agar tetap sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Source article:

http://lipi.go.id/publikasi/konservasi-adiantum-spp-pteridaceae-pteridophyta-di-kebun-raya-bali/18424

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5810381/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :