Beranda > Artikel > Kenali Manfaat Teh Daun Tin untuk Lambung Anda

Kenali Manfaat Teh Daun Tin untuk Lambung Anda

manfaat teh daun tin untuk lambung

Pernah melihat tanaman tin? Tanaman ini memiliki bentuk yang unik pada buahnya lantaran bentuknya mirip tetesan air mata. Daun tin juga bisa dijadikan variasi teh yang bisa dinikmati. Anda juga harus mengetahui bahwa ada manfaat teh daun tin untuk lambung yang sangat besar.

Tanaman tin, dengan nama Latin Ficus carica, berasal dari familia mulberry. Tanaman ini berasal dari Turki bagian Asia hingga India bagian utara, tetapi bibitnya sering ditanam di daerah-daerah Mediterania. Alasannya, tanaman tin lebih gampang tumbuh di udara yang hangat. 

Buah tin mengandung khasiat yang banyak, yaitu kalsium, kalium, fosfor dan zat besi. Kandungan antioksidan juga terdapat di dalam buah tin, sehingga bisa menangkal radikal bebas yang masuk dan merusak tubuh.

Apa Saja Manfaat Teh Daun Tin untuk Lambung?

Daun tin juga dijual di Indonesia dalam bentuk kemasan yang siap disajikan. Tak kalah dengan buahnya, daun tin juga memiliki kandungan yang besar dan bermanfaat untuk kesehatan lambung.

1. Mengurangi Sembelit

Manfaat teh daun tin untuk lambung sangatlah besar, sehingga dijadikan oleh obat sembelit. Daun tin mengandung serat yang bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Serat dalam daun tin akan menghaluskan makanan yang dicerna dan menambah pergerakan dalam sistem pencernaan. 

Masih seputar pencernaan, kandungan dalam daun tin juga bisa bekerja sebagai prebiotik. Prebiotik adalah mikroorganisme atau bakteri baik yang bekerja agar lambung kita semakin sehat.

Baca Juga: Inilah Manfaat Daun Pare untuk Batuk

2. Mengurangi Risiko Penyakit Usus

Penelitian yang dilakukan terhadap 150 orang yang mengidap sindrom iritasi usus akibat konstipasi membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 daun tin kering (45 gram) dua kali sehari mengalami perubahan yang signifikan. Gejala yang timbul, seperti perut kembung dan konstipasi, berkurang secara signifikan.

 

Tak hanya daunnya, buahnya pun bermanfaat untuk mencegah risiko kanker usus. Penelitian yang sama menunjukkan 80 orang yang mengkonsumsi buah tin sebesar 300 gram selama delapan minggu tidak mengalami konstipasi secara signifikan.

Baca Juga: Manfaat Wortel bagi Ibu Hamil

3. Meningkatkan Metabolisme Zat Gizi

Tak hanya itu, daun tin juga memiliki manfaat dalam meningkatkan metabolisme zat gizi, seperti protein dan lemak. Kandungan daun tin yang bekerja dalam fungsi ini adalah saponin, alkaloid, dan flavonoid. Ketiga kandungan tersebut membantu memperbaiki proses metabolisme lemak dan protein dalam tubuh.Personal Health Record

Bagaimana Cara Membuat Teh Daun Tin?

Anda juga bisa menanam bibit tanaman tin di rumah. Tingginya hanya 1 m, sehingga bisa ditanam di pot atau pekarangan rumah. Bibitnya pun tersedia di toko tanaman terdekat. Agar Anda bisa merasakan manfaat teh daun tin untuk lambung, simak cara membuatnya di bawah ini.

  1. Tentukan tanaman tin yang sudah cukup umur, kemudian petik daunnya dengan gunting secukupnya.
  2. Cuci semua daunnya dengan air hangat dan keringkan dengan bantuan sinar matahari. Tunggu hingga beberapa hari sehingga daunnya mengkerut dan keriting.
  3. Lepaskan daun dari tangkainya, kemudian masukkan ke dalam toples untuk persediaan.
  4. Rebus tiga hingga lima daun dalam panci kecil selama 15 menit.
  5. Setelahnya, tuangkan ke dalam gelas. Buang daunnya, dan teh daun tin siap diminum.

Kesimpulannya, mengkonsumsi teh daun tin memiliki manfaat yang besar dalam keseluruhan proses pencernaan. Makanan lebih mudah dicerna, terutama bagi yang banyak melakukan aktivitas di rumah saja dan sibuk dengan pekerjaan di laptop. Kinerja pencernaan pun semakin maksimal, lantaran metabolisme protein dan lemak juga didukung dengan kandungan yang ada dalam daun tin.

Baca Juga: Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahan yang Bisa Anda Lakukan

Namun, apabila Anda mengalami masalah lambung yang tidak sepele, segera hubungi Carevo lewat aplikasi Personal Health Record. Lakukan konsultasi bersama dengan dokter lewat aplikasi ini dan dapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :