Beranda > Artikel > Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Rambut

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Rambut

Manfaat teh hitam untuk rambut

Teh hitam (black tea) berasal dari tanaman Camellia sinensis dan cukup sering dicampur dengan beberapa jenis tanaman lain untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Rasa yang dihasilkan cukup kuat dan mengandung kafein lebih banyak dibanding jenis teh lain namun lebih rendah dari kopi.

Teh hitam sudah dikenal karena beragam manfaat kesehatan yang dimilikinya. Tidak hanya rendah gula dan rendah kalori, kandungan polifenol merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, dalam teh hitam juga terkandung mineral-mineral yang penting untuk tubuh, seperti kalium, kalsium, juga vitamin B dan C.

Oksidan atau radikal bebas yang masuk ke tubuh maupun terbentuk di dalam tubuh dapat merusak sel-sel tubuh, juga merusak protein dan bahkan DNA kita. Secara natural, radikal bebas akan dihancurkan oleh mekanisme pertahanan tubuh, namun seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh untuk menghancurkan radikal bebas juga semakin berkurang sehingga diperlukan tambahan antioksidan untuk mencegah efek negatif paparan oksidan tersebut. Kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas ini juga dapat terjadi pada rambut, di mana rambut dapat mudah patah, rontok, dan berubah warna.

Rambut yang mudah rontok juga dipengaruhi oleh hormonal, di mana peningkatan hormon androgen dapat menyebabkan kebotakan (alopecia). Paparan radikal bebas termasuk asap rokok juga mempercepat proses ini. Selain itu, perubahan warna rambut (beruban atau hair greying) memang dipengaruhi oleh usia. Di mana semakin bertambahnya usia, rambut akan berubah warna menjadi lebih putih, hal ini dikarenakan penurunan aktivitas zat warna rambut. Namun, raadikal bebas yang masuk di dalam tubuh dapat semakin merusak zat warna ini. Sinar ultra violet dari matahari juga merupakan faktor penyebab rambut rusak atau berubah warna lebih cepat.

Kandungan nutrisi dalam teh hitam membuat minuman ini memiliki banyak manfaat. Antioksidan yang dimiliki teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah, termasuk menjaga kesehatan jantung. Teh hitam juga dapat menjaga kesehatan usus kita, dengan memacu pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di usus. Kadar gula yang rendah dalam teh hitam juga bermanfaat untuk penderita kencing manis (diabetes melitus), selain itu dalam suatu studi juga disebutkan bahwa teh hitam dapat meningkatkan kemampuan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula darah.

Teh hitam mengandung cukup banyak nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan rambut, seperti:

 

1. Dapat menjaga warna rambut

Teh hitam mengandung tanin, salah satu antioksidan yang dapat menetralisasi radikal bebas yang merusak sel rambut. Selain itu teh hitam juga mengandung theaflavin dan thearubigin yang memberikan warna gelap, karena itu penggunaan teh hitam secara langsung untuk mencuci rambut dapat memberikan warna gelap pada rambut.

 

2. Membantu mendukung pertumbuhan rambut

Kandungan antioksidan dalam teh hitam dapat menghambat pengaruh hormon yang mempercepat kerontokan rambut (androgen). Keberadaan hormon ini menyebabkan penyusutan folikel rambut dan memperpendek siklus pertumbuhan rambut itu sendiri.

 

3. Membuat rambut lebih berkilau

Rambut yang cukup air dan tidak rusak merupakan syarat utama rambut tampak lebih berkilau. Penggunaan teh hitam dapat membantu menyehatkan rambut dan memperbaiki warna nya. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menilai efek penggunaan nya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

 

Referensi:

Rasheed Z. (2019). Molecular evidences of health benefits of drinking black tea. International journal of health sciences13(3), 1–3.

Davidson, K. (2021, April 9). Does Black Tea Support Hair Health? Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-for-hair

Enloe, A. (2018, May 16). 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits

Trüeb R. M. (2015). The impact of oxidative stress on hair. International journal of cosmetic science37 Suppl 2, 25–30. https://doi.org/10.1111/ics.12286

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :