Beranda > Artikel > Manfaat Tomat untuk Penyakit Ambeien (Wasir)

Manfaat Tomat untuk Penyakit Ambeien (Wasir)

Apa saja manfaat dari sayuran bila rutin dikonsumsi?

Sayuran dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan. Semua produk makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut sebagai sayur. Jenis nya beraneka ragam ada yang berupa buah, daun, bagian bunga, batang, dan bagian akar-akar tumbuhan tertentu. Tetapi tahukah Anda apa saja yang bisa Anda peroleh ketika rutin mengonsumsi sayuran? Mari kita lihat bersama manfaat yang bisa Anda peroleh setelah mengonsumsi sayuran:

  1. Sayuran merupakan sumber yang kaya akan mineral dan vitamin

Dari sayur-sayuran yang Anda konsumsi, banyak vitamin dan mineral yang bisa Anda peroleh. Vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan berbagai mineral bisa Anda peroleh untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

  1. Anda bisa memperoleh berbagai rasa dan tekstur

Karena sayur-sayuran bisa diperoleh dari banyak bagian tumbuh-tumbuhan, Anda bisa menikmati berbagai macam tekstur memakan bagian tumbuh-tumbuhan yang dimasak, selain tekstur Anda bisa merasakan berbagai rasa yang dimiliki oleh sayuran tersebut. Manis, asam, ataupun pahit, semua rasa ini bisa Anda rasakan.

  1. Makanan yang rendah kalori dan lemak.

Sayur-sayuran adalah jenis makanan yang bisa Anda konsumsi dalam jumlah banyak dan tentu membuat Anda tidak bersalah jika mengonsumsi dalam jumlah besar. Tetapi perlu diingat juga bahwa cara pengolahan juga menentukan besar nya kalori yang dimiliki dari sayuran yang Anda konsumsi. Kalori yang dimiliki oleh sayur juga rendah.

  1. Melindungi Anda dari berbagai penyakit

Sayuran yang dikombinasikan dengan buah-buahan memberikan perlindungan ekstra bagi kesehatan tubuh, dikarenakan kandungan antioksidan yang dimiliki sayuran bisa Anda peroleh dari konsumsi rutin. Selain itu antioksida bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit-penyakit menahun seperti penyakit jantung, kencing manis, dan kanker.

  1. Makanan yang tidak memiliki proses yang sulit agar dapat mengonsumsinya

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan dimana Anda tidak harus selalu mengolahnya, ia dapat dikonsumsi baik dengan cara dimakan mentah atau pun cukup dengan direbus saja.

  1. Makanan yang kaya akan kandungan serat

Sayuran memiliki kadar serat yang tinggi, sehingga bila Anda rutin mengonsumsinya maka proses buang air besar Anda dapat berfungsi dengan baik dan lancar.

 

Manfaat tomat untuk penderita wasir

Wasir atau kadang disebut ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dan rectum. Dinding anus dan rectum memiliki banyak pembuluh darah tipis yang bisa membengkak dan teriritasi saat buang air besar. Penderita wasir umumnya akan mengeluhkan buang air besar disertai dengan darah atau keluar benjolan dari lubang pantat yang bisa terasa nyeri atau kadang-kadang disertai rasa gatal.

Penanganan atau pencegahan keparahan dari penyakit wasir salah satu nya adalah dengan diet tinggi serat. Tinggi serat dapat membantu mencegah terjadinya tinja yang keras dan sulit keluar sehingga, saat BAB Anda tidak perlu mengejan untuk mengeluarkan nya. Buah tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah ditemukan dan memiliki warna yang menarik mata. Tomat bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

Buah tomat mengandung serat dan kadar air yang cukup banyak sehingga ia bisa membantu melancarkan pengeluaran tinja. Selain itu tomat memiliki kandungan senyawa naringenin salah satu jenis antioksidan yang memiliki efek laksatif (pelancar BAB) sehingga mencegah terjadinya konstipasi. Buah tomat juga memiliki kandungan flavonoid salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah terjadinya keparahan peradangan pada daerah yang mengalami wasir.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh setelah Anda mengonsumsi sayuran seperti buah tomat. Untuk memperoleh hasil yang optimal, sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan ahli. Bantuan para ahli bisa mengarahkan Anda untuk hidup yang lebih sehat lagi.

 

Referensi:

  • Health benefits of vegetables. Diakses pada: 2021, April 18 dari: webmd.com/diet/health-benefits-vegetables#1
  • Lauren P. Top 10 reasons to eat more fruits and vegetable. (July 13, 2020). Diakses pada: 19 April 2021. Dari: https://www.orlandohealth.com/content-hub/top-10-reasons-to-eat-more-fruits-and-vegetables
  • What are the five benefits of eating vegetables? Diakses pada: 2021, April 19. Dari: https://fruitsandveggies.org/expert-advice/what-are-the-five-benefits-of-eating-vegetables/
  • Hansa D.B. Hemorrhoids. (June 06, 2020). Diakses pada: 19 April 2021. Dari: https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-basics#:~:text=Hemorrhoids%20are%20swollen%20veins%20in,irritated%2C%20especially%20when%20you%20poop.
  • Lisa H. Which foods to eat and avoid to help treat and prevent piles. (March 08, 2021). Diakses pada: 19 April 2021. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/hemorrhoids-high-fiber-diet
  • Kathryn W. What are flavonoids? Everything you need to know. (October 23, 2019). Diakses pada: 18 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/health/fertility/freezing-sperm#effectiveness
  • Megan W. Everything you need to know about tomatoes. (September 25, 2017). Diakses pada: 18 April 2021. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :