Beranda > Artikel > 5 Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan

5 Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan

manfaat vitamin E 400 IU

Vitamin E ternyata bisa mencegah timbulnya penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Karena itu, kita harus rutin mengonsumsi vitamin E 400 IU sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Apakah Anda penasaran dengan manfaat vitamin E 400 IU untuk kesehatan?

Vitamin E memainkan peran utama dalam sistem imun kita. Tidak hanya itu, vitamin E bisa menetralisir radikal bebas yang masuk dan berpotensi membahayakan sel dalam tubuh. Vitamin yang dikenal juga dengan alpha-tocopherol ini merupakan vitamin yang larut dalam lemak sehingga membentuk sel darah merah yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh kita. Oleh karena itu, vitamin E juga membantu mengobati infeksi dan mengurangi risiko darah menggumpal.

Berbagai Manfaat Vitamin E 400 IU

Meskipun vitamin E sering dikonsumsi sebagai suplemen makanan, ada pula kegunaannya dalam menyembuhkan penyakit. Ini adalah enam manfaat vitamin E 400 IU yang bisa memerangi penyakit.

1. Mengatasi Komplikasi Kehamilan

Ibu hamil sering diresepkan vitamin E ketika memasuki fase kehamilan terakhir. Alasannya adalah untuk mengurangi risiko preeklamsia atau kenaikan tekanan darah yang sering terjadi pada ibu hamil. Preeklamsia ini akan membawa komplikasi pada kehamilan yang bisa mengancam kesehatan ibu hamil. 

Baca Juga: Vitamin yang Direkomendasikan Untuk Cegah COVID-19

2. Mengobati Gangguan Sistem Saraf

Manfaat vitamin E 400 IU yang kedua ini sangat besar untuk sistem saraf kita. Vitamin E membantu menyalurkan sinyal antara saraf dari otak dengan tubuh. Tak jarang, vitamin E sering diresepkan untuk mengobati penyakit gangguan saraf dan memperlambat penurunan daya ingat, seperti epilepsi atau Alzheimer.

Suplemen vitamin E juga bisa mengobati ataxia, yaitu gangguan neurologis turunan yang disebabkan oleh masalah pada otak dan sistem keseimbangan. Ataxia muncul karena kekurangan vitamin E, sehingga mengkonsumsinya bisa meningkatkan gerakan tubuh.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meminum Obat yang Baik dan Benar?

3. Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya vitamin A, vitamin E juga bisa menjaga kesehatan mata. Studi yang diterbitkan pada 2015 dari Public Health Nutrition menyebutkan bahwa vitamin E bisa mengurangi risiko munculnya katarak. Mengkonsumsi vitamin E 400 IU secara rutin akan membantu proses perbaikan pada kornea dan retina.

Menariknya, vitamin E juga digunakan untuk mengobati gangguan mata pada bayi baru lahir. Hanya saja, penelitian yang dilakukan tahun 2013 mengatakan bahwa pemberian vitamin bisa meningkatkan infeksi yang membahayakan hidup. 

Personal Health Record

4. Mengurangi Risiko Penyakit Hati atau Ginjal

Sebenarnya, vitamin E tidak bisa menyembuhkan atau mencegah penyakit hati, tetapi bisa memperlambat proses munculnya penyakit itu. Penelitian dari Hepatology tahun 2015 menyatakan bahwa konsumsi suplemen vitamin E 800 IU bisa memperlambat tingkat fibrosis bagi orang dengan penyakit hati nonalcoholic fatty (NAFLD) dan nonalcoholic steatohepatitis (NASH).

Kesimpulannya, vitamin E hanya memberikan dampak yang kecil bagi penyakit hati nonalcoholic. Meskipun begitu, vitamin ini sangat berguna untuk mengobati hepatitis B.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Imunitas Agar Tidak Mudah Sakit

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin E 400 IU juga terlihat pada kulit kita yang semakin sehat. Tak jarang kita menemukan bahwa beberapa produk kesehatan memasarkan vitamin E sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan kulit, terutama untuk memperlambat penuaan. 

Beberapa pakar juga mengklaim bahwa vitamin E bisa mengobati luka dengan cara melembabkan kulit, mencegah produksi kolagen, dan mengurangi peradangan pada kulit yang berbahaya.

Besar sekali, ya, manfaat vitamin E 400 IU bagi kesehatan tubuh kita? Tapi, jangan terus-terusan mengkonsumsi vitamin E, justru kita harus tahu dosis yang tepat karena bisa menimbulkan efek samping. Biar tidak repot mencari dokter untuk konsultasi vitamin, download saja aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :