Beranda > Artikel > Manfaat Wortel bagi Ibu Hamil

Manfaat Wortel bagi Ibu Hamil

Apa saja manfaat sayur-sayuran itu?

Sayur adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan manfaat karena kandungan nutrisi nya. Sayuran memiliki kandungan berupa vitamin, mineral, dan serat. Masing-masing sayuran memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi setiap orang, semua bergantung pada pola makan, kesehatan dari orang tersebut, serta kebutuhan nutrisi harian orang tersebut. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda bergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, sedang hamil atau tidak.

Lalu apa saja manfaat yang dimiliki dari mengonsumsi sayur, berikut ini manfaat-manfaat yang dimilikinya:

  1. Mencegah proses peradangan

Kandungan mineral dan vitamin dalam sayur memiliki manfaat antioksidan dan melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel akibat reaksi oksidasi sel-sel.

  1. Membantu memperbaiki kandungan bakteri baik di dalam usus.

Secara normal, usus manusia memiliki kandungan banyak bakteri agar dapat bekerja dengan baik. Kandungan serat dalam bahan makanan yang dikonsumsi memiliki fungsi prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri usus.

  1. Menjaga keseimbangan berat badan

Sayuran mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi, selain itu karena kaya akan serat, maka orang yang mengonsumsi banyak sayur akan cepat merasa kenyang dan rasa kenyang yang lebih lama.

  1. Mencegah berbagai penyakit kronis

Tingginya angka kesakitan karena penyakit kronis di Indonesia saat ini terus meningkat dikarenakan konsumsi sayur-sayuran yang rendah. Penyakit kencing manis dan penyakit jantung kronis.

Selain manfaat-manfaat itu, sayuran memiliki manfaat lain yang banyak.

 

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Wortel merupakan salah satu sayuran yang diambil dari bagian umbi atau akar. Ia memiliki nama Latin Wortel terkenal akan berbagai macam manfaat nya yang kaya. Tahu kah Anda apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi wortel? Yuk kita bahas sama-sama:

  1. Nutrisi yang kaya

Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Selain itu wortel juga memiliki serat dalam jumlah besar, dan mineral yang bisa menjadi sumber antioksidan bagi tubuh kita.

  1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Sama seperti manfaat sayuran pada umumnya, wortel mampu menurunkan berbagai macam risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, keganasan atau kanker, dan kencing manis.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Wortel kaya akan serat yang dapat larut yaitu pectin. Serat ini berfungsi memecah gula sehingga kadar gula darah dapat terjaga dengan baik.

  1. Mengandung serat yang tak larut

Serat yang tak larut ini berfungsi untuk mencegah terjadinya risiko konstipasi dan membantu mengatur gerak usus.

Wortel dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, mulai dari dimakan mentah, dimasak dengan ditumis, hingga diolah menjadi berbagai minuman salah satunya adalah jus wortel.

 

Manfaat baik dari wortel untuk ibu hamil

Nutrisi yang dimiliki wortel sangatlah kaya. Nutirisi yang dimilikinya bermanfaat untuk ibu dan janin yang dikandung. Mari kita lihat  manfaat dari wortel untuk ibu hamil dan janin:

  1. Wortel dapat menjaga kesehatan mata bagi ibu hamil dan janin
  2. Antioksidan yang kaya

Wortel memiliki sumber warna alamiah yaitu beta karoten, yang berfungsi untuk melindungi ibu dan janin dari sumber radikal bebas. Perlu diingat jangan mengonsumsi terlalu berlebihan karena dapat berisiko menyebabkan kulit menjadi kuning.

  1. Mencegah terjadinya kram-kram pada saat hamil

Mineral kalium yang dikandung oleh wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya kram-kram saat kehamilan. Kalium berfungsi menjaga kerja otot sehingga tidak terjadi kram.

  1. Mencegah sembelit pada saat hamil

Karena jumlah serat yang tinggi, konsumsi wortel dapat mencegah sembelit pada saat hamil.

  1. Membantu pembentukan selubung saraf pada janin

Wortel memiliki kandungan vitamin B6 dan asam folat yang membantu pembentukan selabung saraf bagi janin sehingga dapat membentuk otak dan sistem saraf yang baik.

  1. Membantu pembentukan tulang pada janin

Wortel memiliki mineral yang sangat penting yaitu mangan. Mangan dapat membentuk tulang padat dan tulang rawan pada anak.

  1. Mencegah terjadinya perdarahan

Vitamin K yang dikandung oleh wortel dapat mencegah risiko terjadinya perdarahan pada ibu hamil selama proses kehamilan dan proses melahirkan.

Konsumsi sayuran memang kaya akan manfaat dan baik untuk tubuh, tetapi sangat disarankan bagi ibu-ibu hamil tetap berkonsultasi pada ahli gizi dan dokter kandungan agar dapat tercapai hasil yang optimal bagi ibu dan anak.

 

Referensi

  • 10 benefits of eating vegetables. Diakses pada 2021, April 11 dari: https://marthamckittricknutrition.com/10-benefits-of-eating-vegetables/
  • Bjarnadottir A. Carrots 101: nutrition facts and health benefits. Diakses pada: 11 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/foods/carrots
  • The proven health benefits of carrot during pregnancy. Diakses pada: 2021, April 11 dari: https://raph2c.com/2018/02/23/the-proven-health-benefits-of-carrot-during-pregnancy/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :