Beranda > Artikel > Mari Mengenal 5 Manfaat Daun Katuk untuk Bayi

Mari Mengenal 5 Manfaat Daun Katuk untuk Bayi

manfaat daun katuk untuk bayi

Bayi membutuhkan sumber nutrisi yang harus dapat memenuhi kebutuhan mereka agar bisa tumbuh dengan sehat. Salah satu nutrisi yang bisa mereka dapatkan adalah melalui ASI. Namun, ketika mereka sudah mencapai usia 6 bulan, Anda sudah harus mempersiapkan MPASI( Makanan Pengganti Air Susu Ibu). Ada berbagai macam makanan bergizi yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti daun katuk. Ketahui berbagai macam manfaat daun katuk untuk bayi di sini.

Manfaat Daun Katuk untuk Bayi

Sauropus androgynus yang banyak sekali ditemukan di Asia Tenggara ini sudah sering dijadikan sebagai lalapan atau sayuran. Bahkan juga banyak dikonsumsi ibu hamil karena bisa membantu dalam meningkatkan produksi ASI. Daun katuk  akan berwarna sangat hijau ketika baru tumbuh. Seiring berjalannya waktu, warna daun akan berubah menjadi coklat kehijauan saat sudah tua. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 2-3 cm dan berbentuk perdu. Bentuk dari daun ini lonjong dengan ujung yang meruncing, tulang daun menyirip, dan memiliki tepi daun rata.

Alasan mengapa daun ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi terletak pada kandungan gizinya. Daun katuk memiliki 8% protein serta kandungan serat hingga 20. Tidak ketinggalan juga kandungan vitamin K, pro vitamin A (beta-karoten), vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Anda bisa menyajikan daun katuk dalam bentuk bubur yang juga ditambahkan dengan berbagai sayuran lainnya. Beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh bayi setelah mengkonsumsi daun ini adalah:

Personal Health Record

1. Kecerdasan yang Meningkat

Daun katuk memiliki berbagai macam mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Zat besi yang terkandung dalam tumbuhan ini juga bisa membantu meningkatkan perkembangan otak pada bayi, sehingga bayi bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas

2. Pertumbuhan Tulang dan Gigi yang Baik

Usia 6 bulan menjadi awal tulang dan gigi bayi mulai tumbuh sehingga sangat dianjurkan memberikan mereka nutrisi yang bisa membantu perkembangan ini. Kalsium, fosfor, dan zat besi dalam daun katuk dapat membantu dalam pertumbuhan tulang serta gigi pada anak dan balita.

3. Meningkatkan Penglihatan

Vitamin A sangat dibutuhkan agar bisa memiliki penglihatan yang baik. Selain wortel, daun katuk juga bagus sebagai sumber vitamin A. Bahkan keduanya bisa Anda gabungkan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam meningkatkan kesehatan mata anak.

4. Daya Tahan Tubuh yang Semakin Kuat

Vitamin C hingga antioksidan bisa kita temukan di dalam daun ini sehingga menjadikannya salah satu sumber nutrisi yang bisa membantu dalam membangun daya tahan tubuh. Sifat anti bakteri dan anti jamur yang baik untuk kesehatan tubuh juga bisa ditemukan pada tumbuhan yang satu ini.

5. Meredakan Demam dan Flu

Daun ini juga mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita influenza. Anda bisa menyajikan daun katuk dalam bentuk sup agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kehangatan dari sup dan juga kandungan daun katuk akan bisa dengan cepat meredakan demam serta flu.

Itulah manfaat daun katuk untuk bayi yang ternyata sangat bagus. Jangan segan mengenalkan anak dengan makanan sehat agar tumbuh kembang mereka menjadi lebih bagus. Anak yang sehat akan selalu aktif dan ceria. Sebagai orang tua tentu hal inilah yang kita inginkan. Selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :