Beranda > Artikel > Masa Pra Sekolah Anak, Ketahui Pertumbuhannya

Masa Pra Sekolah Anak, Ketahui Pertumbuhannya

Masa pra sekolah anak yang merupakan masa-masa anak berusia 2-6 tahun sering kali disebut sebagai masa keemasan karena anak-anak mengalami perkembangan yang sangat pesat di masa ini. Selain itu, tumbuh kembang anak pada masa ini juga dapat menentukan perkembangan mereka saat dewasa nantinya.

Saat memasuki masa pra sekolah, anak Anda seharusnya sudah bisa melakukan beberapa hal berikut ini yang meliputi kemampuan kognitif, kemampuan fisik, dan kemampuan sosial. Simak ulasannya lebih lanjut di bawah ini, ya.

Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan aktivitas mental pada manusia. Pada masa pra sekolah anak, kemampuan ini ditandai dengan rasa penasaran yang mulai dimiliki oleh anak. Anak Anda akan lebih banyak bertanya mengenai banyak hal. Sebagai orang tua, Anda perlu memikirkan segala macam jawaban yang pas dan mudah dimengerti anak Anda. Anak Anda juga bisa mulai membedakan antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Anak Anda juga biasanya sudah mulai bisa memikirkan ide atau gagasan yang lebih kompleks dan memikirkan lebih dari satu ide dalam waktu yang bersamaan. Meskipun begitu, mereka biasanya belum bisa mengekspresikan apa yang mereka pikirkan. Anak Anda juga belum bisa membuat keputusan dengan cepat dan hal ini adalah hal yang wajar.

Kemampuan Fisik

Pada masa pra sekolah, anak Anda akan lebih aktif daripada biasanya. Kemampuan fisik mereka pun akan meningkat dan mereka akan lebih percaya diri untuk melakukan berbagai aktivitas fisik.

Itulah mengapa mereka terlihat tidak memiliki rasa capek. Akan tetapi, anak Anda belum memiliki kemampuan koordinasi fisik yang baik sehingga mungkin lebih mudah jatuh atau tersandung. Hal ini merupakan hal yang normal dan wajar bagi anak prasekolah.

Kemampuan Sosial

Karena merasa penasaran akan banyak hal, anak usia prasekolah akan lebih cepat belajar tentang hal-hal di sekitarnya, didorong oleh rasa penasaran tersebut. Anak juga mulai memiliki teman dekat dan berkelompok. Akan tetapi, anak usia prasekolah biasanya belum bisa membedakan antara hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Kemampuan Lainnya

Ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan jika anak Anda sedang dalam usia prasekolah. Salah satunya yaitu anak Anda harus bisa memegang pensil seperti biasanya. Anak pra sekolah juga harusnya dapat berkonsentrasi dalam melakukan satu hal dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, anak pra sekolah biasanya sangat suka melakukan berbagai macam permainan interaktif dan permainan peran “pura-pura”.

Dengan keingintahuan dan rasa penasaran yang besar, anak usia prasekolah biasanya ingin menceritakan banyak hal kepada Anda selaku orang tuanya. Meskipun cerita mereka adalah cerita sepele seperti menceritakan aktivitas sehari-hari atau menceritakan pengalaman lucu yang baru saja ia alami selama seharian, pastikan Anda mendengarkannya dengan saksama.

Jangan Membandingkan

Meskipun beberapa hal di atas biasanya sudah lumrah dilakukan oleh anak pra sekolah, akan tetapi sebagai orang tua, Anda harus ingat bahwa pencapaian setiap anak bisa berbeda. Jangan membandingkan setiap anak dengan anak yang lain karena ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan kognitif, sosial, dan fisik mereka.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi ciri bahwa anak anda sudah mengalami tumbuh kembang yang wajar dan optimal. Perlu diingat, perkembangan antara anak yang satu dengan lainnya bisa berbeda. Selama anak Anda sudah bisa melakukan mayoritas dari aktivitas diatas, Anda tidak perlu khawatir. 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :