Beranda > Artikel > Mata Bengkak Pada Anak Yang Harus Anda Pahami

Mata Bengkak Pada Anak Yang Harus Anda Pahami

mata bengkak pada anak

Sebagai orang tua, tentu saja kesehatan dari si buah hati akan menjadi perhatian utama Anda. Anak yang menunjukan gejala suatu penyakit atau mengalami suatu kondisi tentu akan membuat Anda waspada. Salah satunya adalah mata bengkak pada anak. Apalagi jika Anda baru mengetahuinya di pagi hari setelah mereka bangun dari tidur. Akan ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini. Berikut ini adalah beberapa alasan mata bengkak pada anak yang harus Anda pahami sebagai orang tua.

Berbagai Penyebab Mata Bengkak Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa macam alasan dan penyebab dari mata bengkak yang bisa terjadi pada Anak. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan bisa mencari tahu cara menyembuhkannya.

1. Alergi

Alergi bisa menjadi alasan yang paling lazim terjadi pada anak. Reaksi alergi pada mata bisa disebabkan jika mata terpapar zat pemicu alergi (alergen), beberapa contohnya adalah seperti serbuk sari, debu, parfum, atau bulu dari hewan. Bahkan mengonsumsi makanan atau obat yang dapat memicu alergi juga bisa menyebabkan mata bengkak terjadi pada anak..

Biasanya mata bengkak juga akan disertai dengan rasa gatal pada mata, berair, dan sensitif terhadap paparan cahaya. Serta mata yang merah juga. Alergi pada anak biasanya akan secara perlahan menghilang sejalan dengan pertumbuhan usia anak. Tapi Anda harus tetap waspada karena akan ada beberapa jenis alergi yang akan tetap ada dan tidak akan hilang begitu saja. 

Jika begini, langkah yang harus Anda lakukan adalah mengenali penyebab alergi tersebut dan mengingat atau mencatatnya. Agar dapat menghindarinya di kemudian hari.

2. Mengucek Mata Secara Berlebihan

Biasanya, anak akan mengucek mata bila ada benda asing yang masuk kedalam mata mereka, menyebabkan rasa gatal. Sehingga mereka akan berusaha mengucek mata mereka. Namun jika sudah dilakukan secara berlebihan, terlebih jika mata mengalami iritasi, maka mata anak akan mengalami bengkak. Sebisa mungkin Anda harus bisa mengawasi mereka ketika sedang mengalami iritasi mata.

3. Gigitan Nyamuk

Gigitan oleh nyamuk di sekitar area mata bisa menjadi penyebab paling umum dari mata bengkak ini. Menyebabkan rasa gatal, namun tidak akan memberikan rasa sakit pada mata anak. Anda tidak perlu takut karena hal ini akan hilang dengan sendirinya, jika tidak maka ada baiknya jika Anda langsung menghubungi dokter.

4. Selulitis periorbital

Terdapat 3 jenis bakteri Selulitis periorbital berikut ini:

  • Staphylococcus aureus
  • Streptococcus pyogenes
  • Haemophilus influenzae

Akan menjadi penyebab dari selulitis periorbita. Mereka akan menyerang jaringan lunak yang berada di sekitar mata, umumnya bagian kelopak mata. Biasanya, ini terjadi setelah anak mengalami luka di sekitar bagian mata, atau setelah anak digigit serangga di sekitar mata. Mata bengkak dan juga mata merah disertai kulit yang terasa hangat  di sekitar bagian mata, dan demam menjadi salah satu ciri-ciri dari penyakit ini. 

Kondisi ini cukup serius, jadi ketika anak mengalami kondisi ini, segera hubungi dokter. Bila dibiarkan atau penangan yang kurang, infeksi yang sebelumnya hanya berada di sekitar mata, akan menyebar ke dalam bola mata dan menyebabkan selulitis orbita dengan dampak terburuk yaitu kebutaan.

Penanganan Mata Bengkak Pada Anak

Akan ada beberapa langkah penangan yang bisa Anda lakukan ketika anak mengalami mata bengkak, seperti:

  • Memberikan obat tetes mata atau obat minum jika bengkak tersebut disebabkan oleh alergi.
  • Mengompres mata anak dengan kompres air dingin.
  • Segera hubungi dokter jika bengkak tersebut tidak kunjung hilang atau berkurang setelah 2-3 hari.
  • Untuk Selulitis periorbita, segera hubungi dokter, dan berikan mereka obat sesuai dari resep dokter.

Nah, mata bengkak pada anak bisa disebabkan banyak hal, mulai dari hal yang tidak diduga hingga penyakit serius, maka ada baiknya jika Anda selalu mengawasi kesehatan anak. Selalu jaga kesehatan anak Anda, dan catat gejalanya dengan Apps Personal Health Record Carevo.

  • Cleveland Clinic (2019). Puffy Eyes: What Causes Them and What To Do About It. 
    https://health.clevelandclinic.org/puffy-eyes-what-causes-them-and-what-to-do-about-it/ 
  • Seattle Children’s Hospital (2020). Eye Swelling.
    https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/eye-swelling/ 
  • Haupert, C., Frasser, M., & Turley, R. K. (n.d.). Cellulitis of the Eye in Children. University of Rochester Medical Center.  https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=90&contentid=p02074 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :