Beranda > Artikel > Mengenal Penyebab Kanker Darah yang Berbahaya

Mengenal Penyebab Kanker Darah yang Berbahaya

Penyebab Kanker Darah

Darah memiliki peran yang sangat penting pada tubuh kita. Darah akan bersirkulasi ke seluruh sistem vaskular, memasok semua organ dengan oksigen, nutrisi, hormon, dan antibodi. Jika fungsi ini mengalami gangguan, makatubuh tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah kanker darah. Ketika hal ini terjadi maka akan ada gangguan yang bila dibiarkan akan

 

 sangat fatal. Mari mengenal penyebab kanker darah yang sangat berbahaya ini.

 Baca juga: Kenali Manfaat Vitamin C untuk Wajah Berjerawat Anda

 

Penyebab Kanker Darah yang Harus Anda Ketahui

Darah memiliki empat bagian utama:

1. Plasma

Bagian yang mengangkut nutrisi, produk limbah, protein, dan molekul lain yang bertanggung jawab untuk memengaruhi fungsi berbagai bagian tubuh. Termasuk mengatur suhu tubuh dan keseimbangan cairan.

Personal Health Record

2. Sel darah merah

Sel yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke paru-paru dan jaringan tubuh.

Baca juga: Inilah Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

3. Sel darah putih

Sel yang bertanggung jawab untuk melindungi dari infeksi.

Baca juga: Inilah Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

4. Trombosit

Sel yang membentuk pembekuan darah dan mencegah kehilangan darah.

Ketika kanker terjadi dalam darah, reproduksi sel darah putih yang abnormal dan berlebihan adalah hal yang akan terjadi di dalam tubuh. Sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga: Inilah Jenis Vaksin COVID-19 yang Harus Anda Ketahui

Sel darah putih sebagian besar diproduksi di sumsum tulang, tetapi ada jenis sel darah putih tertentu yang juga dibuat di kelenjar getah bening, limpa, dan kelenjar timus. Setelah terbentuk, sel darah putih akan beredar ke seluruh tubuh dalam darah dan getah bening (cairan yang bersirkulasi melalui sistem limfatik), berkonsentrasi di kelenjar getah bening dan limpa.

Sel darah ini akan melindungi tubuh dari invasi bakteri, virus, dan jamur, serta dari sel-sel abnormal dan zat asing lainnya. Namun, pada saat menderita kanker darah, sel darah putih tidak berfungsi seperti normalnya. Mereka membelah terlalu cepat dan akhirnya menyerang sel-sel normal.

Jenis-jenis Kanker Darah

Ada tiga jenis utama kanker darah:

1. Leukemia 

Kanker sel darah putih atau sel yang menjadi sel darah putih. Leukemia mencegah sel darah putih melawan infeksi di tubuh Anda. Leukemia dapat berupa akut (tumbuh cepat) atau kronis (tumbuh lebih lambat).

2. Limfoma 

Kanker sistem limfatik (bagian penting dari sistem kekebalan tubuh), terutama kelenjar getah bening. Memengaruhi jenis sel darah putih yang disebut limfosit.

3. Myeloma 

Kanker sel plasma, merupakan limfosit yang membuat antibodi untuk melindungi terhadap infeksi. Myeloma memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda, membuatnya rentan terhadap infeksi.

Gejala Kanker Darah

Gejala kanker darah bervariasi menurut penyakit tetapi biasanya meliputi:

  1. Demam

  2. Panas dingin

  3. Kelelahan

  4. Sesak nafas

  5. Keringat malam

  6. Kehilangan selera makan

  7. Sakit tulang dan sendi

  8. Kulit gatal atau ruam kulit

  9. Penurunan berat badan

  10. Pembengkakan kelenjar getah bening, hati dan limpa juga umum terjadi

  11. Anemia dapat terjadi pada beberapa jenis kanker darah

Pengobatan untuk Kanker Darah

Perawatan akan tergantung pada jenis kanker darah, usia, seberapa cepat kanker berkembang, dan apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Karena pengobatan untuk kanker darah telah meningkat pesat, banyak jenis kanker darah yang dapat diobati. Perawatan tersebut adalah:

  1. Kemoterapi
  2. Terapi radiasi
  3. Terapi yang ditargetkan
  4. Transplantasi sel induk
  5. Pembedahan Kanker
  6. Imunoterapi

Itulah penyebab dari kanker darah yang harus Anda waspadai. Kanker merupakan penyakit yang harus ditangani dengan segera. Jika mengalami hal di atas, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Referensi

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :