Beranda > Artikel > Menjaga Kesehatan Mata yang Tepat

Menjaga Kesehatan Mata yang Tepat

cara menjaga kesehatan mata yang tepat

Mengenali peran penting mata dan bagian nya

Mata merupakan organ penglihatan yang berperan besar dalam kesehatan dan kehidupan sehari-hari kita. Kebanyakan orang bergantung pada kesehatan mata mereka, guna membangun rasa pada kondisi lingkungan nya. Mata kita memiliki bentuk bulat dan asimetris, serta berdiameter satu inci. Ketika seseorang berkaca dan pantulan dari kaca akan membentuk organ mata orang tersebut, dan dari situ berikut bagian-bagian mata yang tampak:

  1. Iris : merupakan bagian dari mata kita yang memiliki variasi warna
  2. Kornea : bagian mata yang berbentuk kubah dan jernih.
  3. Pupil : Bagian yang berbentuk lingkaran dan dikelilingi oleh iris, tempat dimana cahaya diserap dan masuk ke dalam.
  4. Sklera : Bagian putih mata yang mengelilingi sisi luar bola mata.
  5. Konjungtiva : Berbentuk seperti lapisan tipis yang melapisi bagian mata, kecuali bagian kornea.

Setelah mengetahui bagian luar mata, kita beranjak masuk ke dalam struktur penyusun bagian dalam mata. Inilah struktur nya:

  1. Lensa mata : Bagian belakang iris dan pupil terdapat lensa, yang berfungsi untuk memfokuskan jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.
  2. Retina : Inilah bagian yang kaya akan serabut saraf sensorik untuk menangkap cahaya yang masuk tadi. Selain menangkap, retina memiliki fungsi untuk mengubah cahaya menjadi arus listrik. Retina memiliki daerah yang sensitif yang disebut sebagai makula.
  3. Badan vitreous : Bagian ini mengisi mata sehingga mata berbentuk bulat. Badan vitreous ini memiliki isi mirip gel bening yang menunjang bentuk bola mata.

 

Fakta atau mitos tentang mata

Dalam kehidupan manusia, terdapat banyak pemahaman yang beragam tentang organ mata kita. Ada yang memang betul sebagai fakta, namun ada pula pemahaman yang kurang tepat, oleh karena itu mari kita bersama melihat nya:

1. Wortel mampu meningkatkan penglihatan kita

Ini merupakan suatu fakta bahwa wortel kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan mata. Namun perlu diketahui bahwa tidak hanya wortel saja yang bisa meningkatkan kemampuan mata, Anda dapat memperoleh sumber vitamin A dari susu, keju, kuning telur, dan hati ayam.

2. Penglihatan akan rusak jika duduk terlalu dekat dengan layar televisi atau komputer

Pemahaman ini agak kurang tepat, pada saat menatap layar yang terlalu dekat dari posisi mata, dapat menimbulkan sensasi sakit kepala, namun tidak begitu saja merusak penglihatan.

3. Membaca dalam gelap melemahkan penglihatan

Pemahaman dari pernyataan ini harus diluruskan, justru sama seperti jarak duduk yang terlalu dekat, kondisi gelap pun membuat mata kita menjadi sakit dan bisa memicu sakit kepala nantinya.

4. Mata juling dapat diobati

Pernyataan ini memang betul. Semakin cepat diketahui kondisi mata anak yang juling, penanganan akan dapat segera diberikan pada mereka. Otomatis peluang keberhasilan pengobatan akan semakin besar pula.

5. Kerusakan mata tidak dapat dicegah

Sama seperti penyakit lain nya, kerusakan dan penyakit pada mata bisa dicegah. Begitu ada keluhan seperti penglihatan kabur, nyeri pada mata, atau rasa silau di mata, segera memeriksakan ke dokter mata.

Baca juga: Cara Mencegah Mata Minus

 

Menjaga kesehatan mata yang tepat

Setelah memahami beberapa fakta dan mitos tentang kesehatan mata, sekarang bagaimana cara agar mata kita tetap sehat dan tidak rusak. Disadur dari Kementerian Kesehatan RI, menjaga kesehatan mata sangatlah penting guna mencegah kerusakan mata. Apa-apa saja yang dapat dilakukan ?

  • Mengonsumsi makanan yang sehat. Vitamin A adalah vitamin terpenting untuk menyokong kesehatan mata kita. Sumber vitamin A tidak hanya dari wortel, namun dapat diperoleh dari susu, kuning telur.
  • Hindari merokok. Rokok memiliki kandungan yang bisa merusak mata dan bisa merusak struktur pembuluh darah yang mengalir masuk ke mata.
  • Di zaman modern seperti ini tidak bisa dimungkiri pemakaian gawai dan komputer sangatlah meningkat. Pemakaian yang berlebih ini lama kelamaan bisa membuat mata kita mudah lelah dan berisiko membuat mata sulit fokus. Untuk mengurangi keluhan seperti itu istirahatkan mata secara berkala, seperti per 20-30 menit sekali melihat jauh seperti melihat tanaman selama 5 menit kemudian kembali lagi bekerja.
  • Ketika beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung, pergunakan kacamata dengan lapisan anti sinar ultraviolet.
  • Merawat lensa kotak. Bagi pengguna lensa kontak, selalu pastikan diri Anda mengerti cara merawat yang baik dan benar nya. Bila ingin memakai lensa kontak bertanyalah dahulu dengan dokter mata sehingga proses perawatan dan pemakaian nya bisa tepat.

Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Pemahaman tentang pepatah ini bisa dibilang tepat dalam mencegah kerusakan pada kedua mata kita. Oleh karena itu marilah kita sadar, untuk selalu mau menjaga kesehatan mata kita.

 

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo, download Carevo sekarang.

 

Daftar Pustaka

  1. Picture of the Eye. Reviewed by : Whitney Seltman. Diakses pada: 2022, Januari 12. WebMD. Diakses dari: https://www.webmd.com/eye-health/picture-of-the-eyes
  2. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Diakses pada: 2022, Januari 12. Diakses dari: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera-fungsional/bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-mata
  3. Eye care. Medline Plus. Diakses pada: 2022, Januari 12. Dari: https://medlineplus.gov/eyecare.html

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics