Beranda > Artikel > Menstruasi Terakhir Sebelum Hamil

Menstruasi Terakhir Sebelum Hamil

ciri menstruasi terakhir sebelum hamil

Membedakan antara menstruasi biasa dengan tanda awal kehamilan bagi seorang awam adalah sesuatu hal yang sulit dibedakan. Dalam artikel ini, akan dibahas perbedaan antara kedua nya.

 

Mengetahui tentang Menstruasi

Menstruasi normal menjadi bagian yang tidak dapat disingkirkan dalam kehidupan fisiologis seorang perempuan. Oleh karena itu pemahaman mengenai proses nya sangat diperlukan. Menstruasi atau dalam Bahasa Inggris disebuat period merupakan siklus bulanan yang dialami oleh seorang perempuan semenjak usia 12 – 14 tahun, rentang nya bisa lebih cepat ataupun lebih lambat dari rentang tersebut. Menstruasi menjadi penanda seorang anak perempuan memasuki masa-masa pubertas.

Dalam satu siklus menstruasi, lama proses nya bisa berbeda-beda dari masing-masing perempuan yang mengalami. Rerata mereka mengalami waktu menstruasi 3 hingga 5 hari. Kemudian jarak antar siklusnya pun kisaran 21 hari hingga 35 hari.

Selama masa-masa menstruasi, perempuan akan mengalami gejala-gejala berikut:

  1. Keluarnya perdarahan dari organ intim
  2. Nyeri kram pada perut bawah
  3. Nyeri kepala
  4. Pembesaran payudara dan terasa kencang.

 

Hamil atau Tidak Hamil?

Banyak perempuan yang masih kesulitan membedakan dirinya apakah saat ini hamil atau tidak. Hal ini disebabkan oleh karena gejala yang dialami hampir serupa seperti seseorang perempuan yang sedang memasuki masa-masa menstruasi nya. Berikut gejala-gejala yang dirasakan:

  1. Tahapan pertama perubahan yang dapat disadari adalah perubahan pada payudara. Perubahan nya berupa rasa nyeri dan terasa menjadi lebih sensitif. Gejala ini dapat berlangsung selama beberapa minggu.
  2. Pada bagian puting lebih gelap.
  3. Rasa mual dan tidak nafsu makan. Pada kehamilan mungkin Ibu-ibu pernah mendengar istilah morning sickness atau rasa mual yang dialami saat pagi hari. Namun ada sebagian wanita yang merasakan keluhan mual yang lebih berat.
  4. Lendir putih, kekuningan keluar dari dalam liang kemaluan. Ibu-ibu tidak perlu khawatir jika mengalami keluarnya lendir ini. Lendir ini keluar dikarenakan oleh adanya peningkatan kadar hormonal dalam darah dan adanya peningkatan aliran darah di dalam organ intim.
  5. Lebih sering kencing. Pada masa-masa menstruasi menjelang kehamilan. Banyak dari calon Ibu mengeluhkan lebih sering BAK dibandingkan sebelumnya. Nah lebih sering kencing ini menandai bahwa Ibu sedang memasuki awal masa kehamilan.
  6. Suhu tubuh basal meningkat. Peningkatan suhu tubuh selama 18 hari berturut-turut diikuti masa-masa subur, bisa jadi tanda, Ibu memasuki masa-masa kehamilan.

Terlepas dari gejala-gejala tersebut pernyataan bahwa seorang Ibu hamil memerlukan pemeriksaan melalui test pack atau tes kehamilan, dan didukung oleh pemeriksaan USG (ultrasound).

 

Gejala-gejala yang serupa antara menstruasi normal dan gejala awal kehamilan

Pada saat kehamilan dan menstruasi normal ada beberapa gejala yang benar-benar serupa dialami oleh seorang perempuan, apa saja gejala nya?

1. Mood Swings

Perubahan suasana hati yang terus menerus dan berubah-ubah kedua nya sama-sama dialami pada perempuan yang sedang memasuki masa menstruasi ataupun bagi Ibu yang sedang hamil.

2. Perut terasa Kembung

Kembung yang dialami oleh seorang perempuan yang hendak menstruasi, pun juga dirasakan oleh mereka yang sedang hamil.

3. Kram Perut

Kram perut disini juga dialami oleh mereka yang sedang hamil muda. Nyeri nya itu bersifat jarang-jarang dan berbeda dari nyeri kram menstruasi yang bisa lebih hebat.

4. Flek Darah

Keluarnya flek darah juga dialami oleh Ibu-ibu yang sedang hamil muda maupun mereka yang sedang memasuki masa-masa menstruasi.

 

Membedakan keduanya tidak bisa melalui gejala-gejala saja, dikarenakan tidak semua gejala-gejala antara seorang perempuan dengan perempuan lain nya sehingga sulit dibedakan. Selain itu, pembeda khas antara menstruasi dan tidak menstruasi adalah secara tiba-tiba seorang perempuan tidak lagi menstruasi selama beberapa siklus (biasa hambatan 1 – 2 bulan).

Pasangan dan orangtua hendaknya membantu istri atau anaknya mengenali perubahan yang terjadi pada dirinya dan gangguan menstruasi yang dialami nya. Semakin cepat disadari, maka penanganan dan pengawasan tumbuh kembang calon buah hati bisa dilaksanakan secepatnya.

Baca juga: Menghilangkan Nyeri Mentruasi

 

Daftar Pustaka

  1. Watson, S. Stages of the menstrual cycle. Diakses pada: 2022, 12 Januari. Dari: https://www.healthline.com/health/womens-health/stages-of-menstrual-cycle
  2. Chertoff, J. Can I tell If I’m Pregnant Before I Miss My Period?. May 22, 2019. Dari: https://www.healthline.com/health/pregnancy-symptoms-before-missed-period
  3. Mayo Clinic Staff. Symptoms of pregnancy: What happens first. Diakses pada: 2022, Januari 13. Dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics