Beranda > Artikel > Pahami Manfaat Minum Jus Wortel

Pahami Manfaat Minum Jus Wortel

Manfaat yang Anda dapatkan dari konsumsi sayur-sayuran

Sayuran merupakan salah satu komponen diet yang penting bagi tubuh kita dan seringkali dilupakan. Secara alamiah sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan mencegah kemungkinan kita terkena penyakit kronik. Berikut ini berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh sayur-sayuran:

  • Sayur-sayuran merupakan makanan rendah kalori dan rendah lemak
  • Sayuran memiliki kadar serat yang tinggi, asam folat, vitamin A, dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Kandungan mineral dan elektrolit seperti Kalium.

 

Lalu dari kandungan yang dimiliki oleh sayuran apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayuran secara rutin? Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayuran:

  1. Konsumsi sayuran dalam setiap sajian atau setiap kali makan mengandung kadar kalori yang rendah, sehingga bisa membantu Anda untuk makan dalam jumlah banyak.
  2. Nutrisi yang dimiliki sayuran dapat melindungi Anda dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, kencing manis, dan stroke.
  3. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh sayur-sayuran mempunyai manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kanker.
  4. Mengonsumsi sayuran secara rutin terbukti untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda, menghindari konstipasi, dan berbagai penyakit saluran cerna lain nya.

 

Mengenali apa itu sayur wortel dan manfaat nya

Tanaman wortel dalam Bahasa Latin disebut Daucus carota. Wortel merupakan salah satu sayuran yang cukup dikenal dan mudah ditemukan. Bentuk nya yang unik dan berupa umbi-umbian ini juga memiliki warna yang cerah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang garing ketika dikunyah, kaya akan nutrisi yang tidak perlu diragukan lagi. Tahukah Anda nutrisi apa saja yang dikandung oleh wortel? Mari kita simak sama-sama:

  1. Komponen utama berupa karbohidrat dan air

Wortel memiliki kandungan berupa air dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang dimiliki oleh wortel terdiri atas glukosa dan sukrosa. Namun bagi Anda penderita diabetes tidak perlu khawatir karena wortel memiliki indeks glikemik yang rendah.

  1. Kaya akan serat

Pectin merupakan komponen serat terlarut yang utama terkandung dalam wortel. Serat ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus dengan memberikan asupan untuk bakteri baik yang ada di dalam usus sehingga bisa menjaga usus Anda dari berbagai penyakit. Selain serat yang larut, wortel memiliki serat tak larut yang bisa mencegah Anda dari sembelit dan menjaga gerak usus.

  1. Mengandung vitamin dan mineral

Wortel mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan mineral berupa Kalium.

  1. Komponen yang hanya dimiliki oleh tumbuhan

Senyawa-senyawa ini hanya bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran, yaitu beta karoten, alfa karoten, lutein, likopen, poliacetilen, dan antosianin. Komponen ini menjadi sumber antioksidan yang baik untuk menangkal berbagai stress oksidatif yang berasal dari luar tubuh dan gaya hidup.

 

Manfaat mengonsumsi jus wortel

Setelah kita membahas kandungan nutrisi dari jus wortel, sekarang manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi jus wortel:

  1. Anda akan memperoleh banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda.
  2. Vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Kandungan beta karoten di dalam sayur wortel diubah menjadi vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Memperkuat imunitas tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh wortel bisa memperkuat imunitas tubuh Anda.

  1. Efek antikanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh wortel bisa mencegah terjadi nya stress oksidatif di dalam tubuh seseorang yang bisa menjadi pencetus kanker.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Wortel mengandung serat larut yang bisa memberikan makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Selain itu kadar indeks glikemik yang rendah.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam wortel bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga bisa menjaga kesehatan kulit. Efek yang bisa Anda dapatkan adalah mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam wortel bisa meregulasi tekanan darah sehingga bisa menjaga kesehatan jantung bagi Anda yang rutin mengonsumsi sayuran ini. Selain itu kandungan antioksidan yang dimiliki oleh wortel juga mencegah terjadinya plak kolesterol yang bisa berisiko terjadinya sumbatan.

  1. Menjaga kesehatan hati

Konsumsi wortel secara rutin bisa memberikan kandungan antioksidan yang cukup untuk mencegah terjadinya penyakit hati non alkoholik.

  1. Membantu Anda terlelap

Kandungan alfa karoten membantu tubuh Anda untuk relaksasi sehingga bisa membuat Anda mudah terlelap. Selain alfa karoten, kandungan Kalium, vitamin B6, vitamin A, dan biotin juga membantu memberikan efek tidur yang baik.

 

Referensi

  • Fruit and vegetables. Diakses pada: 2021, April 11 dari: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/fruit-and-vegetables
  • Bjarnadottir A. Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Diakses pada: 23 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/foods/carrots
  • Osmun R. 10 Superfoods that can help you achieve more restful sleep. (15 April 2021). Diakses pada: 24 April 2021. Dari: https://amerisleep.com/blog/superfoods-better-sleep/
  • Streit L. 8 Impressive Benefits of Carrot Juice. (13 Oktober 2020). Diakses pada: 24 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/carrot-juice-benefits

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :