Beranda > Artikel > Pahami Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan

Pahami Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan

penyebab sakit gigi berkepanjangan

Mengalami sakit gigi tentu menjadi pengalaman yang tidak mengenakan, apalagi jika kita mengalami sakit gigi secara berkepanjangan. Tentu akan menjadi hal yang menyiksa, sulit untuk beraktifitas hingga sulit menikmati makanan yang enak untuk dikonsumsi. Jika Anda adalah orang yang mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk memperhatikan berbagai penyebab sakit gigi berkepanjangan berikut ini. Sehingga Anda akan bisa mencoba untuk menghindari penyebab-penyebab ini agar bisa terhindar dari rasa sakit gigi ini.

Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan

Mungkin ketika mengalami rasa sakit pada gigi yang langsung hilang setelah berkumur-kumur, kita tidak akan merasa bahwa ini hal yang serius. Namun jika dibiarkan, maka kondisi gigi akan semakin parah. Dan banyak sekali orang yang baru akan memeriksakan giginya setelah berada di kondisi yang parah dan mengalami rasa sakit gigi berkepanjangan. 

Di bawah ini adalah beberapa penyebab sakit gigi berkepanjangan yang harus Anda awasi, jika sudah merasakannya maka akan lebih baik segera menemui dokter, mari kita mulai dengan penyebab paling pertama.

1. Gigi Berlubang

Hal yang satu ini menjadi sebagai penyebab paling umum dari sakit gigi yang berkepanjangan. Bakteri yang ada di dalam mulut yang tidak dirawat akan “memakan” lapisan luar email yang keras pada gigi.

Bakteri mungkin menjadi bagian yang baik untuk kesehatan mulut dan tubuh, Namun, jika bakteri jahat dalam mulut yang terbentuk dari gula dan sisa makanan yang nyangkut di gigi, maka hal ini bisa menjadi sesuatu yang buruk. Mereka akan menciptakan plak yang menempel di gigi Anda. 

Bahkan beberapa jenis bakteri mengeluarkan asam yang akan menyebabkan lubang di gigi Anda, awalnya akan berbentuk seperti titik coklat atau hitam di gig, namun seiring berjalannya waktu titik ini akan membesar dan membentuk lubang di gigi Anda.

2. Abses Gigi

Kondisi ini akan terjadi ketika sebagian atau seluruh pulpa yang berada di dalam gigi mati.  “Kantung” akan terbentuk dari jaringan yang mati, berisi bakteri dan nanah yang disebut abses. Infeksi gigi atau peradangan dapat menyebabkan abses gigi ini. Hal ini harus cepat ditangani jika Anda memiliki gigi yang rusak. Bakteri akan masuk melalui lubang atau retakan dan menyebabkan hal ini terjadi.

3. Infeksi Pada Gusi

Infeksi gusi juga biasa disebut sebagai gingivitis. Gusi yang terinfeksi dapat menyebabkan penyakit gusi atau periodontitis. Hal ini juga yang menyebabkan tanggalnya gigi pada orang dewasa

Infeksi terhadap gusi ini akan bisa disebabkan oleh:

  • Proses membersihkan gigi dan mulut yang tidak benar
  • Makanan harian yang tidak sehatt
  • Merokok
  • Perubahan hormonal
  • Beberapa jenis obat
  • Diabetes
  • Pengobatan kanker dan kanker
  • Faktor genetika

Bakteri dari gusi yang terinfeksi akan menumpuk di sekitar akar gigi, menyebabkan infeksi pada jaringan gusi yang tentu saja akan menyebabkan sakit gigi. Penyakit yang satu ini juga dapat merusak tulang yang menahan gigi di tempatnya. Mengendurkan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Mengatasi Berbagai Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan

Bila sudah mengetahui berbagai penyebab dari sakit gigi yang berkepanjangan, maka kini saatnya Anda mengenal cara mengatasinya.

Salah satu cara terbaik adalah dengan mengunjungi dokter gigi, dimana dokter akan membersihkan gigi Anda dari plak, menambalnya, serta memberikan resep antibiotik untuk meredakan infeksi yang terjadi.

Namun selalu perhatikan konsumsi makanan Anda, jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula, dan jangan lupa untuk selalu gosok gigi dan berkumur-kumur dengan cairan pembersih mulut. Jaga kebersihan gigi dan mulut sebelum terlambat.

Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan Apps PHR Carevo. 

  • Iftikhar, N. MD. 2019. 8 Causes of Throbbing Tooth Pain, and What to Do. Healthline.
    https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/throbbing-tooth-pain 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :