Pedoman Komunitas/ Syarat dan Kebijakan Komunitas

1. Definisi and Terminologi: 

1.1 Fitur komunitas support group dibuat secara resmi oleh Carevo. 

1.2 “Konten” merujuk pada informasi yang dibuat/diunggah di dalam forum komunitas support group, termasuk teks, dokumen, audio, musik, video, program, dan kode. 

1.3 “Konten” merujuk pada informasi yang diunggah oleh siapapun yang merupakan user di dalam forum dan dapat diakses oleh anggota komunitas. 

1.4 “Konten” yang dimaksud tidak termasuk dokumen yang diunggah oleh penyedia layanan (Diacon Medika Teknologi) yang berkaitan dengan persetujuan layanan, panduan, dan kebijakan 

1.5 “Anggota komunitas” termasuk pasien, keluarga pasien, dan dokter yang sudah terverifikasi dan diterima oleh administrator komunitas. 

1.6 “Administrator Komunitas” atau “admin” dan “Ketua Komunitas” adalah pejabat komunitas yang dipilih sebagai admin komunitas yang berperan untuk memonitor, mengatur, dan mengontrol seluruh panduan komunitas dan fungsi komunitas support group.  

2. Akun dan Persetujuan terhadap Panduan Komunitas  

2.1 Setiap anggota komunitas dan pengguna layanan fitur komunitas harus membaca, setuju, dan mematuhi  panduan komunitas. Pengguna yang tidak setuju dengan panduan komunitas tidak dapat menjadi anggota komunitas di semua support group di dalam Carevo.  

2.2 Anak di bawah usia 21 tahun boleh ikut serta dalam komunitas dengan pemantauan dari orang tua.  

2.3 Dokter yang terlibat di dalam forum harus diverifikasi terlebih dahulu oleh ketua komunitas/admin

2.4 Pengguna layanan hanya boleh menggunakan akun pribadi Carevo untuk ikut serta dalam komunitas.  

2.5 Jika Anda mencurigai seseorang yang memalsukan identitas di dalam komunitas, jangan mengumumkannya di dalam forum, tetapi langsung laporkan ke administrator komunitas.  

3. Pedoman Umum Komunitas: 

3.1 Buatlah konten yang baik dan bermanfaat 

Hindarilah aktivitas tanpa persetujuan, kekerasan grafis, ancaman, gambar yang mengganggu, eksploitasi komersil illegal, ujaran kebencian, dan sikap rasisme dalam setiap konten, termasuk di dalam kolom komentar.  

3.2 Bagikan informasi yang dapat dipercaya 

Anggota komunitas harus bertanggung jawab terhadap pernyataan, komentar, dan tanggapan, atau cerita yang mereka bagikan. Hidari membagikan informasi yang menyesatkan dan berita bohong.  

3.3 Menyampaikan niat baik 

Pada saat menyatakan opini dan pengalaman dalam diskusi, anggota komunitas harus menghindari kritikan destruktif, ejekan, manipulasi, dan ujaran yang mempermalukan orang lain.  

3.4 Kegiatan transaksi apapun dilarang untuk dilakukan di dalam forum komunitas.  

Pengguna layanan tidak diizinkan untuk melakukan kegiatan jual dan beli di dalam komunitas, apapun tujuan dari transaksi nya (termasuk pengobatan, layanan Kesehatan, dan lain sebagainya).  

3.5 Pertukaran informasi data personal tidak dianjurkan untuk dibagikan dalam forum.  

Semua pengguna bertanggung jawab atas data pribadi masing-masing. Kami menganjurkan agar semua data personal, seperti nomor telepon, data Kesehatan, email, nomor rekening, alamat, dsb, tidak dibagikan dalam forum untuk alasan keamanan dan privasi pengguna.  

4. Anggota komunitas bertanggung jawab untuk: 

4.1 Mempelajari dan membiasakan diri dengan Panduan Komunitas Carevo.

4.2 Membaca deskripsi setiap kominitas sebelum bergabung dalam komunitas tersebut.  

4.3 Mempelajari dan mengeksplorasi komunitas dimana Anda tergabung sebelum membagikan informasi dalam forum.  

4.4 Selalu mendiskusikan dengan admin/ketua komunitas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk keluar apabila tidak nyaman dengan konten atau diskusi yang ada di dalam komunitas.  

5. Administrator Komunitas bertanggung jawab untuk:  

5.1 Mematuhi panduan komunitas dan menyebarluaskan praktek yang sesuai dengan panduan komunitas kepada seluruh anggota komunitas, termasuk pasien, keluarga pasien, dan dokter.  

5.2 Mengatur setiap unggahan, diskusi, komentar, gambar, dan anggota yang ada di dalam forum komunitas.  

5.3 Merespon terhadap keperluan anggota, seperti pengajuan untuk bergabung dalam komunitas, topik Kesehatan, atau isu lain yang ada di dalam forum komunitas.  

5.4 Mendiskusikan isu dan kekhawatiran terkait dengan berjalannya komunitas di dalam aplikasi kepada Carevo apabila ada masalah. 

5.5 Membuat semua jawaban, opini, komentar, atau tanggapan yang merepresentasikan komunitas. Jangan mendiskriminasi terhadap semua anggota komunitas berdasarkan agama, kepercayaan, ras, gender, orientasi seksual, dan kecacatan.  

5.6 Menghubungi Carevo apabila membutuhkan pendampingan dalam penyelenggaraan komunitas di dalam aplikasi.  

5.7 Memverifikasi dokter dan HCP untuk memastikan reliabilitas dari opini dan rekomendasi medis.  

6. Sanksi dan Hukuman  

6.1 Carevo, administrator, dan ketua komunitas memegang teguh panduan komunitas.  

Pengguna layanan yang tidak mematuhi panduan komunitas akan dikenakan sangsu dan tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam komunitas.  

6.2 Unggahan yang tidak mematuhi panduan komunitas akan dihapus secara permanen dan dijadikan bukti terhadap pelanggaran yang terjadi.  

7. Tanggung Jawab dan Pembatasan Tanggung Jawab Carevo 

7.1 Carevo bertanggung jawab untuk menyediakan platform dan berkoordinasi secara langsung dengan penanggung jawab komunitas untuk menjamin kelangsungan dari pelayanan. 

7.2 Carevo berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Carevo secara tegas atau tersirat menjamin bahwa layanan bebas dari cacat factual atau hukum (termasuk, namun tidak terbatas pada kestabilan, keandalan, ketepatan, integritas, efektifitas, kesesuaian dengan tujuan tertentu, pelanggaran yang berhubungan dengan keamanan, kesalahan, bugs, atau pelanggaran hak). Carevo juga menjamin keamanan dari data pengguna yang disimpan di dalam aplikasi Carevo. 

7.3 Carevo menghargai privasi pengguna aplikasi. Pada saat pengguna registrasi, pengguna akan memberikan informasi secara volunter mengenai nama, alamat email, nomor telepon, foto profil riwayat kesehatan, pemantauan pengobatan, dan informasi Kesehatan lainnya. Informasi ini dikumpulkan untuk kepentingan Kesehatan pengguna aplikasi dan meningkatkan pengalaman kesehatan pengguna. 

7.4 Carevo memastikan bahwa seluruh data yang dibagikan diketahui dan hanya atas izin dari pengguna. 

7.5 Carevo tidak bertanggung jawab pada kerugian yang terjadi karena kelalaian pengguna dalam mematuhi tanggung jawab pengguna dan kerugian apapun yang ditimpakan pada pengguna sehubungan dengan penggunaan layanan. Namun jika perjanjian antara perusahaan dan para pengguna terkait layanan dianggap sebagai kontrak konsumen sesuai dengan hukum, maka klausul ini tidak berlaku. Terlepas dari kondisi tersebut, Carevo tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, khusus, insidensil, turunan, atau hukuman yang berlebihan (termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang diperkirakan atau tidak diperkirakan oleh perusahaan dan pengguna) sehubungan dengan wanprestasi kontraktual perusahaan atau perbuatan melawan hukum karena kelalaian perusahaan dibatasi pada jumlah seluruh imbalan yang diterima dari pengguna pada bulan kalender tertentu dimana kerugian tersebut terjadi. 

7.6 Carevo dapat memberikan informasi kepada pengguna terkait layanan Carevo dengan cara yang dianggap layak oleh perusahaan, baik melalui pengumuman di website, media sosial, notifikasi di dalam aplikasi, atau email.