Beranda > Artikel > Branding untuk Layanan Kesehatan Anda? Sangat Penting

Branding untuk Layanan Kesehatan Anda? Sangat Penting

Branding untuk Layanan Kesehatan

Dalam lini layanan kesehatan, branding adalah hal yang cukup asing untuk dibahas dan diimplementasikan. Namun, seiring dengan banyaknya kompetitor dalam bidang ini, pentingnya branding dalam memasarkan layanan sudah semakin disadari.

Munculnya layanan kesehatan alternatif—seperti layanan telemedisin, pengantaran obat ke rumah, atau membeli obat secara daring—dan munculnya faskes-faskes baru, membuat branding menjadi salah satu kata kunci untuk memasarkan faskes secara tepat sasaran. Para faskes berlomba-lomba untuk memuaskan kebutuhan pasien sebagai konsumen, untuk meningkatkan profitibabilitas dari layanan itu sendiri. Lalu, mengapa branding adalah salah satu kata kunci untuk mennggaet hati para konsumen?

Branding yang baik meningkatkan kepercayaan pasien

Kepercayaan konsumen adalah hal terpenting dalam lini bisnis, terutama dalam bidang kesehatan. Bidang kesehatan dikenal dengan berbagai resiko dan ekspektasi yang tinggi dalam pelayanan. Dengan branding yang baik, pasien dapat mengasosiasikan dengan pengalaman-pengalaman baik dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Semakin baik nilai dari pelayanan kesehatan yang anda tanamkan dalam eksekusi branding, semakin besar kepercayaan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang anda tawarkan.

Membangun reputasi yang baik

Branding yang tepat sasaran membuat reputasi anda menjadi semakin baik. Hal ini sangatlah penting, mengingat reputasi yang baik adalah kunci untuk mendapatkan konsumen yang loyal dalam ketatnya persaingan dengan competitor sejenis. Maka dari itu, cara anda mengenalkan layanan untuk mengambil hati pasien sedari kesan pertama.

Lebih mudah memahami keinginan dan ekspektasi pasien

Serupa dengan bisnis lainnya, dengan interaksi secara intim dengan konsumen, lebih mudah mendapatkan insight untuk kemajuan dan inovasi di kemudian hari. Data-data demografis, mindset, serta tingkah laku konsumen adalah modal yang kuat untuk memahami ekspektasi konsumen terhadap pelayanan anda. Dengan strategi branding yang tepat, layanan anda akan lebih menonjol dan dikenal dibandingkan dengan layanan lainnya.

Membedakan anda dengan layanan terkait lainnya

Faskes maupun pelayanan kesehatan lain secara garis besar menawarkan layanan terkait serupa. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membedakan layanan anda dengan membentuk identitas brand yang kuat. Kuatnya persaingan membuat anda dituntut untuk lebih mencolok dengan keunikan yang anda miliki. Apa sajakah yang membedakan anda dengan yang lainnya? Mengapa faskes anda lebih baik dengan kompetitor sejenis? Strategi branding inilah yang akan menjawab semua permasalahan tersebut.

Bagaimana? Apakah anda adalah salah satu prionir dalam faskes atau layanan sejenis? Sudah menerapkan strategi branding ini?

Tidak hanya strategi branding. Ada banyak cara untuk memaksimalkan pengalaman kesehatan ataupun faskes, salah satunya dengan memuaskan pasien dengan fitur-fitur teknologi kesehatan terbaru yang dapat memudahkan mereka mengakses layanan anda. 

Carevo adalah penyedia layanan Telehealth kesehatan berbasis teknologi untuk memudahkan pasien dan tenaga medis.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :