Beranda > Artikel > Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anda

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anda

Apa itu kesehatan mental?

Kesehatan mental terdiri dari emosi, kesadaran psikologis, dan perilaku sosial kita. Kesehatan mental mempengaruhi bagaimana cara kita berpikir, merasakan, dan bertindak. Selain itu, kesehatan mental juga menggambarkan bagaimana kemampuan kita menghadapi tekanan (stress), bersosialisasi dengan sekitar dan lingkungan kita, serta membuat keputusan dari sekian banyak opsi yang kita miliki. Mentalitas sangat penting di setiap fase kehidupan seseorang, mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa, dan hingga menua. Dalam kehidupan kesehatan mental dan kesehatan fisik merupakan satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan.  

Mengapa sehat secara mental itu penting?

Sehat secara mental itu menjadi penting dan mutlak dikarenakan mempengaruhi banyak hal, seperti:

  • Berkaitan dengan bagaimana cara kita menghadapi suatu tekanan atau masalah di kehidupan kita.
  • Kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan fisik kita. Semakin memburuknya kesehatan mental kita, maka kesehatan fisik kita pun akan terganggu juga.
  • Menjaga hubungan dengan sesama kita atau kemampuan kita bersosialisasi.
  • Bekerja secara produktif
  • Menggali potensi diri yang kita miliki.

Faktor-faktor yang berisiko menimbulkan gangguan mental

Setelah kita bersama-sama melihat mengapa menjaga kesehatan mental itu penting, mari kita lihat sama-sama apa saja faktor-faktor yang bisa menimbulkan gangguan mental untuk kita:

  1. Di dalam keluarga terdapat riwayat gangguan kesehatan mental.
  2. Tekanan mental seperti ada seseorang yang meninggal, misal pasangan meninggal.
  3. Sedang menderita penyakit kronis, seperti penyakit kanker. Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang berdampak besar pada kesehatan mental seseorang.
  4. Riwayat benturan di kepala.
  5. Riwayat trauma atau pengalaman yang tidak mengenakan seperti tentara dengan riwayat berperang.
  6. Riwayat penggunaan obat-obatan terlarang dan kebiasaan konsumsi alkohol.
  7. Mengalami kekerasan masa kecil.
  8. Menghindari relasi dengan orang lain.
  9. Riwayat gangguan mental sebelum nya.

Apa dampak dari tidak sehat mental?

Kesehatan mental yang tidak baik berdampak besar pada munculnya berbagai masalah, baik fisik, relasi dengan sesama, dan sebagainya. Berikut ini masalah-masalah yang muncul ketika kita tidak sehat secara mental:

  • Menurunnya kualitas hidup
  • Memunculkan permasalahan keluarga
  • Sulit membangun relasi yang sehat dengan pasangan
  • Menghindari sosialisasi dengan orang lain.
  • Penyalahgunaan obat-obatan
  • Mengganggu konsentrasi kerja atau sekolah
  • Berpotensi melanggar hukum dan peraturan
  • Berisiko terjadinya kejadian melukai diri bahkan sampai melakukan bunuh diri.
  • Menurunkan kualitas kesehatan dan imunitas kita sehingga berisiko terkena suatu penyakit.

Tanda-tanda Anda memerlukan tenaga profesional

Tanda-tanda berikut ini harus Anda waspadai karena mungkin Anda sudah harus memerlukan bantuan tenaga profesional:

  • Anda mulai memunculkan ide-ide untuk bunuh diri.
  • Aktivitas harian Anda mulai terganggu seperti penurunan kualitas tidur
  • Menghindari interaksi dengan orang lain.
  • Tidak ada semangat dan tujuan hidup lagi.
  • Sering merasa cepat marah, kesal, dan emosional.
  • Sering bertengkar dengan orang lain.
  • Merasa ada yang berbisik kepada Anda untuk melakukan sesuatu.
  • Mulai menggunakan obat-obatan untuk lari dari masalah atau menyelesaikan masalah.

Bagaimana menjaga dan mempertahankan nilai-nilai mental positif?

Bisakah mencegah supaya, kita tidak jatuh ke dalam pikiran-pikiran negatif? Jawabannya tentu saja bisa, semua nya harus ada dorongan dari dalam diri sendiri, ditambah dengan menanamkan hal-hal berikut:

  1. Segera berdiskusi dengan ahli terkait masalah Anda, atau mencari bantuan dari orang yang Anda percayai.
  2. Selalu mengabari keluarga, teman atau sahabat Anda.
  3. Berolahraga secara teratur.
  4. Melakukan kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang.
  5. Istirahat yang cukup dan menghindari penggunaan obat-obatan tanpa anjuran dokter.
  6. Bila Anda sedang merasa dalam tekanan, coba lah mencari aktivitas atau hobi yang Anda sukai seperti bermain, mendengarkan lagu.
  7. Selalu bersyukur dengan apa yang Anda punyai. Dengan bersyukur berarti Anda sudah menanamkan nilai positif di dalam benak Anda. Sehingga semua dapat berjalan dengan baik.
  8. Mempercayakan diri dengan kekuatan spiritualitas. Hal ini seperti bermeditasi, berdoa, dan olahraga atur pola nafas, seperti yoga atau senam tai chi.

Perhatian dari diri sendiri dan orang lain diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan mental, bagi penderita masalah tidak dapat diselesaikan sendiri melainkan harus dengan bantuan dan dukungan dari orang lain. Apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala di atas, disarankan untuk bertemu dengan dokter dan berdiskusi dengan nya untuk mencari solusi yang terbaik untuk kesehatan mental Anda.

Referensi

  • What is mental health? Diakses pada: 16 Mei 2021. Dari: https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health
  • Mental health. Diakses pada: 2021, Mei 16. Dari: https://medlineplus.gov/mentalhealth.html
  • Physical health and mental health. Diakses pada: 2021, Mei 16. Dari: https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/p/physical-health-and-mental-health
  • Good mental health. Diakses pada: 2021, Mei 15. Dari: https://www.healthdirect.gov.au/good-mental-health

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :