Beranda > Artikel > Penyakit-penyakit Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyakit-penyakit Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup

Gaya hidup merupakan cara seseorang berperilaku dan dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar, pengaruh kondisi ekonomi, geografis, pandangan politik, kebudayaan, serta kepercayaan orang tersebut. Dalam beberapa periode terakhir, gaya hidup menjadi perhatian utama banyak peneliti dikarenakan sangat berhubungan dengan berbagai macam penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sekitar 60% penyakit disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Lalu apa saja perilaku yang disebut sebagai gaya hidup yang tidak sehat, mari kita simak satu persatu:

  1. Pola makan dan indeks massa tubuh.

Asupan makanan berupa jenis makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor kunci munculnya gaya hidup tidak sehat. Contoh: makanan cepat saji, diit rendah serat.  Kualitas asupan yang buruk bisa menimbulkan berbagai macam sebab seperti kegemukan (overweight – obesitas). Dari kegemukan ini seseorang berpeluang menderita berbagai macam penyakit kronik.

  1. Aktivitas fisik

Tubuh yang sehat memerlukan waktu untuk dipakai aktivitas fisik. Tidak jarang orang-orang mengabaikan bagian ini dengan berbagai macam alasan. Pola diit dan aktivitas fisik merupakan dua hal yang saling berhubungan. Aktivitas fisik yang jarang dilakukan mengakibatkan tubuh dapat membawa berbagai faktor risiko terjadinya berbagai macam penyakit.

  1. Tidur

Waktu istirahat merupakan salah satu kunci pola hidup sehat. Gangguan tidur atau pola tidur yang kurang memunculkan berbagai masalah mulai dari masalah fisik, masalah sosial, hingga gangguan psikologis. Ditambah lagi dengan kondisi jam kerja yang lama hingga tumpukan pekerjaan, menjadi faktor yang memperberat seseorang memperoleh waktu tidur yang cukup.

  1. Aktivitas seksual.

Manusia secara normal membutuhkan aktivitas seksual untuk memuaskan kebutuhan nya. Seks bebas merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat, yang bisa memicu terjadinya penyakit menular seksual.

  1. Merokok

Merokok merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat dan dapat menimbulkan adiksi. Di suatu penelitian diperkirakan sekitar 30% dari rentang usia 18 hingga 65 tahun memiliki kebiasaan merokok. Kebiasaan mengonsumsi rokok dapat berdampak pada kondisi kesahatan paru-paru dan jantung.

  1. Penggunaan obat-obatan.

Mengonsumsi obat-obatan tanpa pengawasan tenaga kesehatan atau ahli bisa berdampak pada gangguan kesehatan. Selain itu mengonsumsi obat-obatan  terlarang bisa menimbulkan bahaya bagi kondisi kesehatan pemakainya. Hal-hal ini tidak diketahui oleh pengonsumsinya, karena tidak menahu efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat-obatan tersebut.

  1. Teknologi

Pengaruh penggunaan teknologi dalam aktivitas sehari-hari membuat seseorang menjadi malas untuk bergerak. Contoh pengaruh teknologi adalah munculnya berbagai aplikasi gim-gim daring yang membuat pemainnya bisa bermain berjam-jam tanpa henti. Kemajuan teknologi yang tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar bisa menimbulkan berbagai dampak bagi kesehatan seseorang.

  1. Mengabaikan waktu untuk berlibur

Kebutuhan berlibur merupakan hal yang tidak boleh dilupakan oleh para pekerja. Melupakan kebutuhan berlibur bisa mengganggu kesehatan seseorang dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan berupa gangguan fisik hingga gangguan psikologis.

  1. Belajar (mengasah otak)

Semakin bertambahnya usia seseorang menyebabkan orang semakin malas untuk mau belajar atau bermain permainan asah otak. Mengabaikan waktu untuk belajar, membaca suatu topik bisa juga mengganggu kesehatan Anda loh. Penyakit yang bisa terjadi berupa Alzheimer atau demensia.

  1. Tidak mengonsumsi air putih secara rutin

Tubuh kita terdiri dari 60% kandungan air, jadi bila kita mengonsumsi air secara cukup merupakan suatu keharusan agar bisa bekerja secara normal. Tetapi banyak orang yang tidak menganggap ini penting, padahal bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

 

Penyakit yang mengintai Anda saat gaya hidup tidak sehat

Setelah Anda memahami apa arti gaya hidup tidak sehat, jenis-jenisnya, sekarang mari kita lihat satu persatu apa saja penyakit yang bisa muncul.

  1. Penyakit kronis.

Penyakit kronis seperti penyakit jantung, kencing manis, darah tinggi merupakan penyakit yang sering terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat.

  1. Penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu dampak akibat penggunaan zat-zat berbahaya seperti rokok, minum-minuman beralkohol.

  1. Penyakit paru kronis

Merokok berdampak selain pada bisa memunculkan penyakit kanker, bisa juga menimbulkan penyakit paru menahun.

  1. Penyakit stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang memicu terjadinya kematian bisa diakibatkan oleh sumbatan pembuluh darah, maupun pecah pembuluh darah.

  1. Penyakit menular seksual

HIV-AIDS merupakan salah satu penyakit menular seksual yang didapatkan karena kebiasaan seks tidak dengan satu pasangan.

 

Referensi

  • Farhud D. Impact of lifestyle on health. (2015). Iran J Public Health.2015 Nov; 44(11): 1442–1444.
  • Mozaffarian D, Hao T, Rimm EB, Willett W, Hu FB. (2011). Changes in diet and life style and long term weight gain in women & men. N Eng Med J, 364: 2392–2404.
  • Horton B. 10 unhealthy habits you need to break now. Diakses pada: 2021, Mei 11. Dari: https://www.eatingwell.com/article/275602/10-unhealthy-habits-you-need-to-break-now/
  • Lifestyle diseases: an economic burden on the health services. UN Chronicle. Diakses pada: 2021, Mei 11. Dari: https://www.un.org/en/chronicle/article/lifestyle-diseases-economic-burden-health-services
  • Common diseases caused by bad lifestyle choices. Diakses pada: 2021, Mei 11. Dari: https://www.cigna.com.hk/en/smarthealth/common-diseases-caused-by-bad-lifestyle-choices.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :