Beranda > Artikel > Ketahui 3 Penyebab Bipolar

Ketahui 3 Penyebab Bipolar

penyebab bipolar

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Sangat disayangkan jika tubuh sehat tapi mental dan psikis sedang tidak baik-baik saja. Hal tersebut dapat memicu berbagai macam jenis kondisi kesehatan mental. Salah satunya adalah bipolar disorder. Seperti apa penyebab bipolar disorder ini? Lalu langkah apa yang bisa diambil untuk mengatasi atau mengontrol gangguan mental tersebut?

Agar langkah yang Anda ambil tepat dan tidak asal-asalan maka ada baiknya untuk mengenal lebih jelas seluk beluk bipolar disorder ini. Temukan berbagai macam informasi berguna tersebut hanya di sini.

Apa itu Bipolar Disorder?

Kesehatan mental memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan sehari-hari. Mulai dari pekerjaan, kegiatan sekolah, hingga kehidupan bermasyarakat. Jika Anda merasa sangat bahagia pada hari tertentu, namun esoknya merasa kesal dan mudah tersinggung, kemudian pada hari selanjutnya merasa sedih atau cemas luar biasa maka ada sesuatu yang sedang mengganggu kesehatan mental Anda.

Apakah perubahan suasana hati ini membuat sulit untuk beristirahat, tetap fokus, atau menyelesaikan pekerjaan? Beberapa orang dengan gejala ini memiliki gangguan mental berbentuk bipolar. Self-diagnosis sebenarnya sangat tidak disarankan, namun apabila Anda merasakan berbagai macam gangguan seperti di atas maka proses pemeriksaan dengan ahlinya bisa dilakukan lebih cepat.

Gangguan bipolar (bipolar disorder) sebelumnya dikenal dengan nama manic depression, kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati secara ekstrem berupa emosi tinggi (mania atau hipomania) dan rendah (depresi). Bisa juga sampai mengalami psikosis berupa delusi, halusinasi, dan paranoia.

Kelainan bipolar ini biasanya mulai berkembang ketika menginjak usia remaja akhir atau dewasa awal, bahkan beberapa orang juga mulai mengalami hal ini sejak kecil. Walaupun gejalanya datang dan pergi, perawatan gangguan kesehatan mental ini harus terus dijalani seumur hidup.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anda

Gejala Bipolar Disorder

Seperti yang disebutkan di atas, setiap pengidap gangguan kesehatan mental ini bisa mengalami dua bentuk episode. Manic atau mania berupa perasaan senang berlebihan atau memiliki emosi tinggi. Selanjutnya ada episode depresi dengan perasaan sedih, khawatir, dan lelah.

Berikut ini beberapa gejala lainya dari kedua macam bentuk episode tersebut.

Personal Health Record Carevo

Gejala Episode Mania

  1. Merasa sangat bersemangat dan gembira 
  2. Sangat mudah tersinggung atau sensitif
  3. Merasa gelisah dan tegang
  4. Kebutuhan tidur berkurang
  5. Berbicara cepat tentang banyak hal yang berbeda
  6. Nafsu berlebihan untuk makan, minum, atau aktivitas menyenangkan lainnya
  7. Berpikir bahwa dapat melakukan banyak hal sekaligus
  8. Tidak mudah lelah
  9. Merasa sangat penting

Baca Juga: Pahami Pengertian Mental Health dan Cara Menjaganya

Gejala Episode Depresi

  1. Rasa sedih dan cemas berlebihan
  2. Merasa gelisah dan malas
  3. Kesulitan berkonsentrasi atau membuat keputusan
  4. Kesulitan tidur seperti bangun terlalu pagi, atau tidur terlalu banyak
  5. Berbicara sangat lambat hingga merasa seperti tidak ada yang ingin dikatakan
  6. Melupakan banyak hal
  7. Minat berkurang pada hampir semua aktivitas
  8. Tidak dapat melakukan hal-hal sederhana sekalipun
  9. Merasa putus asa atau tidak berharga
  10. Memiliki pikiran tentang kematian atau bunuh diri

Penyebab Bipolar Disorder

Gangguan kesehatan mental ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, namun belum diketahui secara pasti penyebab utamanya. Tapi ada beberapa faktor yang dinilai bisa menjadi pemicu untuk mengalami bipolar disorder. Beberapa faktor tersebut:

1.  Kejadian Dalam Hidup Pemicu Stres

Tekanan emosional, kejadian yang mengejutkan, tuntutan dari banyak pihak, kekerasan seksual dan fisik dapat memicu seseorang mengalami gangguan bipolar. Jika tidak mampu mengatasi atau menerima berbagai hal di atas, besar kemungkinan gangguan mental berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam tentang Mental Illness dan Macam-macamnya

2. Obat-obatan

Obat seperti Antidepressants, prednisone atau corticosteroids bisa memicu episode mania bagi beberapa orang sehingga sangat penting untuk dilakukan pengawasan jika mengalami hal tersebut. Obat-obatan terlarang juga mampu memicu dan mengembangkan gangguan bipolar ini. Terlebih lagi jika sudah kecanduan, maka gejala yang dialami menjadi semakin parah.

3. Faktor Genetik

Berdasarkan penelitian, seseorang sangat mungkin menderita bipolar disorder jika salah satu keluarganya juga mengalami kondisi tersebut. Keadaan ini dapat diperparah jika mereka mengalami berbagai macam bentuk tekanan mental.

Beberapa Cara Mengatasi Bipolar Disorder

Beberapa cara ini sangat berguna untuk bisa menstabilkan mood dan mengurangi gejala dari penderita gangguan kesehatan mental bipolar. Mereka bisa menjalani aktivitas harian seperti sekolah, bekerja, atau bersosialisasi secara normal.

Perawatan dapat melibatkan kombinasi terapi, berupa:

  • Pengobatan
  • Konseling
  • Gaya hidup

Mendapatkan diagnosis yang benar dan menemukan perawatan yang sesuai bisa memakan waktu karena reaksi tiap individu berbeda-beda serta gejalanya pun sangat bervariasi. Namun beberapa hal ini diharapkan bisa membantu Anda.

1. Pengobatan

Obat-obatan akan membantu untuk menstabilkan mood dan meredakan gejala, beberapa bentuk obat yang akan diresepkan oleh dokter berupa:

Obat untuk membantu tidur dan meringankan rasa cemas

  • Antidepressants
  • Second-generation antipsychotics (SGAs)
  • Anticonvulsants
  • Dan obat lainnya yang diperlukan

Jika gejala semakin parah, maka penderita akan mendapatkan perawatan di rumah sakit dalam pengawasan dokter.

2. Konseling

Salah satu bentuk konseling dan terapi yang disarankan adalah cognitive-behavior therapy (CBT). Terapi tersebut mampu membantu para penderita untuk mengenali dan mengambil langkah mengelola pemicunya, mengidentifikasi gejala awal dari episode dan menemukan langkah agar dapat mencegahnya, serta menjaga suasana hati agar stabil. Melibatkan bantuan anggota keluarga, guru, dan orang-orang di sekitar juga dapat membantu.

3. Gaya Hidup

Mengubah atau mengatur gaya hidup bisa memberikan dampak terhadap kestabilan mood seseorang. Mulai dari mengatur rutinitas harian, makan makanan sehat, tidur teratur, dan juga berolahraga. Kegiatan tadi juga membantu mengurangi stres.

Itulah informasi mengenai bipolar disorder, gangguan kesehatan mental yang bisa dialami siapa saja. Ingat untuk menjaga kesehatan mental diperlukan tubuh sehat. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Carevo Health Record dari Carevo.

Sumber:

https://www.webmd.com/bipolar-disorder/guide/bipolar-disorder-causes

https://www.medicalnewstoday.com/articles/37010#treatment

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bipolar-disorder/symptoms-causes/syc-20355955

https://www.nimh.nih.gov/health/publications/bipolar-disorder

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics