Beranda > Artikel > 5 Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-Tiba

5 Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-Tiba

penyebab kepala sering pusing tiba tiba

Anda bisa jadi merasa khawatir jika sebelumnya belum pernah merasakan kepala pusing yang hebat, lalu tiba-tiba harus merasakan kepala pusing yang cukup sering. Berikut ini adalah beberapa penyebab kepala sering pusing tiba-tiba yang paling umum terjadi. Kenali beberapa kemungkinan penyebab Anda mengalami kepala pusing.

Adanya infeksi atau peradangan

Penyebab kepala sering pusing tiba-tiba salah satunya dikarenakan infeksi atau peradangan, terutama peradangan pada saraf telinga. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi karena virus dan bakteri. Tidak hanya kepala terasa sakit secara tiba-tiba. Biasanya rasa sakit kepala ini juga disertai dengan dengungan di telinga, rasa mual, dan sakit pada area telinga juga. Gejala ini bisa berlangsung cukup lama sampai beberapa minggu jika tidak segera ditangani. Selain pusing, peradangan di saraf telinga ini juga dapat menyebabkan vertigo yang juga muncul tiba-tiba.

Gula darah rendah

Memiliki level gula darah yang rendah juga dapat membuat kepala terasa pusing tiba-tiba. Untuk beberapa orang, gula darah yang rendah bahkan bisa menyebabkan tubuh gemetar, mengeluarkan keringat berlebih, mual, merasakan lapar tiba-tiba, melemah, dan hilang fokus.

Level gula darah normal adalah jika levelnya kurang dari 100 mg/dL pada saat Anda belum makan, dan berada di level kurang dari 140 mg/dL 2 jam setelah makan. Level gula darah dianggap rendah jika berada di bawah 70 mg/dL.

Kekurangan zat besi

Kepala terasa pusing tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia, yakni kondisi dimana darah tidak memiliki cukup zat besi untuk mengikat oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Kondisi anemia inilah yang membuat Anda merasa pusing tiba-tiba.

Selain pusing, anemia juga dapat menyebabkan sesak nafas, kelelahan, dan nyeri di bagian dada. Untuk itu, mengkonsumsi asupan kaya zat besi seperti tahu, bayam, roti gandum, dan kacang-kacangan penting bagi Anda guna menghindari kondisi anemia.

Gangguan kecemasan

Kepala sering pusing juga jadi salah satu gejala pada orang yang memiliki gangguan kecemasan. Selain itu, gejala ini diikuti juga dengan gejala lain seperti gelisah, merasa khawatir, tidak dapat berkonsentrasi atau fokus selama beberapa saat, hingga mengalami kesulitan untuk tidur.

Gangguan kecemasan (anxiety disorder) adalah salah satu jenis gangguan kesehatan mental, termasuk di antaranya serangan panik, gangguan obsesif-kompulsif, dan stres pasca trauma. Dibutuhkan perawatan psikis dan fisik yang seimbang untuk penyebab kepala sering pusing tiba-tiba yang satu ini.

Stres berkepanjangan

Penyebab kepala sering pusing lainnya adalah karena stres berkepanjangan yang tidak mendapatkan penanganan khusus, apalagi jika serangan rasa pusing tiba-tiba itu datang dengan intensitas yang cukup sering. 

Hal ini terjadi karena saat stress, otak manusia akan melepaskan hormon kortisol yang memicu meningkatnya gula darah. Peningkatan level gula darah akan berujung pada penyakit diabetes, jantung, hingga disfungsi sistem kekebalan tubuh yang membuat Anda lebih mudah terserang penyakit.

Hormon kortisol juga dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat denyut jantung Anda meningkat. Alhasil, pernapasan jadi lebih cepat dan pendek dan membuat serangan pusing datang tiba-tiba. 

Dari ulasan soal berbagai penyebab kepala sering pusing tiba-tiba di atas, dapat disimpulkan bahwa disfungsi fisik tidak selalu jadi penyebab seseorang pusing. Gangguan mental juga dapat membuat Anda mengalami serangan pusing yang tiba-tiba. Jadi seimbangkan juga perawatan kesehatan fisik dan mental Anda. 

Simak juga: Berobat ke Dokter, Jangan Lupa Tanyakan 4 Hal Ini!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :