Beranda > Artikel > 5 Penyebab Kepala Sering Pusing

5 Penyebab Kepala Sering Pusing

penyebab kepala sering pusing tiba-tiba

Penyebab kepala sering pusing banyak berkaitan dengan fungsi indera, khususnya telinga dan mata. Sebenarnya rasa pusing ini bukanlah penyakit. Pusing adalah gejala yang mengindikasikan adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Banyak ahli medis menyetujui bahwa merasakan pusing sesekali adalah hal yang wajar. Namun saat rasa pusing ini terjadi cukup sering, barulah Anda perlu waspada. Bisa jadi rasa pusing adalah tanda yang diberikan tubuh Anda tentang adanya gangguan yang disebutkan tadi. Berikut beberapa penyebab kepala sering pusing yang perlu Anda ketahui.

Kerusakan sel serta akibat bertambahnya usia

Penyebab kepala sering pusing yang paling umum adalah karena pertambahan usia yang menyebabkan terjadinya kerusakan sel. Saat usia manusia bertambah, sel-sel dalam tubuh juga kehilangan kemampuan untuk bertumbuh. Lama-kelamaan sel akan rusak. Salah satu contoh kerusakan sel karena usia bertambah adalah di bagian telinga.

Pada telinga, terdapat bagian yang terisi cairan yang membuat otak mengenali pergerakan tubuh Anda. Saat sel tersebut rusak, sedikit kalsium pada bagian telinga akan berpindah ke tempat yang tidak seharusnya dan membuat sistem keseimbangan yang menjaga pergerakan tubuh terganggu. Hal itulah yang membuat Anda lebih sering merasakan kepala pusing.

Terdapat cairan berlebih di telinga

Selain kerusakan sel di telinga, cairan berlebih di dalam telinga juga dapat menyebabkan hal yang sama. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan vertigo yang berlangsung cukup lama dan membuat Anda kesakitan. Vertigo juga akan membuat pendengaran Anda terganggu serta merasa mual dan cemas. Setelah rasa pusing ini berakhir, tubuh Anda juga akan mengalami kelelahan.

Sebenarnya belum banyak penelitian yang dapat menjelaskan kondisi cairan berlebih di telinga. Sejauh ini, orang dengan gangguan ini akan disarankan dokter untuk melakukan diet rendah garam supaya rasa sakit saat kepala pusing dapat berkurang.

Sirkulasi darah bermasalah

Penyebab kepala sering pusing lainnya adalah karena terdapat masalah pada sirkulasi darah di tubuh. Sirkulasi darah di tubuh adalah hal penting karena pada aktivitas inilah darah memasok kebutuhan oksigen bagi seluruh organ tubuh, termasuk organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, dan otak.

Sirkulasi darah yang tidak lancar, terutama ke otak, akan membuat kepala sering merasa pusing. Penyebab umum hingga sirkulasi darah ini terganggu biasanya disebabkan oleh pembekuan darah, penyumbatan di pembuluh darah, hingga gagal jantung.

Efek samping obat

Terlalu banyak dan terlalu lama mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing. Jenis obat-obatan yang memberi efek samping kepala sering pusing biasanya adalah antibiotik, antidepresan, obat anti kejang, obat untuk mengatasi tekanan darah, serta obat penenang. Itu sebabnya penting untuk menjaga konsumsi obat-obatan Anda sesuai dengan resep dokter.

Tubuh mengalami dehidrasi

Tubuh yang tidak mendapat asupan cairan akan mengalami dehidrasi. Apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka Anda juga akan lebih sering mengalami sakit kepala. Itu sebabnya Anda harus sering minum air putih setiap hari. Setidaknya tidak kurang dari 3,7 liter per hari untuk pria, dan 2,7 liter per hari  untuk wanita.

Pada level dehidrasi parah, tekanan darah pada tubuh dapat turun dengan drastis. Di momen ini, otak cenderung tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk bekerja dan menjadi penyebab kepala sering pusing. 

Di luar kelima penyebab di atas, jika Anda mengalami sakit kepala cukup sering bahkan pingsan, atau diikuti gejala lain seperti kejang, demam tinggi, sesak nafas, leher kaku, hingga muntah, segera libatkan tenaga medis. Dengan begini Anda bisa tahu dengan lebih pasti ada gangguan apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Simak Juga: Tekanan Darah Tinggi, Cara Mengatasi, dan Menghindarinya 

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :