Beranda > Artikel > Mengetahui Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Mengetahui Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

penyebab menstruasi tidak teratur

Apakah Menstruasi Itu?

Menstruasi atau dalam Bahasa Inggris disebut period atau menstrual cycle adalah perdarahan dari jalan lahir (vagina) yang terjadi setiap bulan atau bersiklus. Karena sifatnya yang berulang dan adanya kata ‘bersiklus’ maka dikenal istilah siklus menstruasi. Lalu bagaimana proses terjadinya menstruasi itu? Menstruasi terjadi ketika sel telur (milik perempuan) tidak dibuahi oleh sel sperma (dari laki-laki).

 

Kapan Terjadinya Menstruasi dan Apa yang Terjadi saat Itu?

Setelah membahas tentang definisi dari menstruasi itu, mari kita sama-sama menyimak kapan kah menstruasi itu terjadi. Jadi menstruasi awal atau disebut menarche yang normal akan terjadi pada seorang anak perempuan berusia remaja antara 11 dan 14 tahun. Menstruasi ini akan memasuki yang disebut masa menopause di usia seseorang perempuan 50 – 51 tahun, namun ini bisa lebih cepat ataupun lebih lambat.

Saat menstruasi selain keluarnya darah dari jalan lahir (vagina)

  • Kebanyakan perempuan akan merasakan kram perut yang bisa berbeda intensitas nyerinya
  • Nyeri di daerah punggung bawah.
  • Rasa perut yang kembung dan rasa tidak nyaman pada payudara
  • Sebelum menstruasi akan ada gejala premenstruasi seperti peningkatan nafsu makan, perubahan suasana hati dan perasaan yang mudah tersinggung
  • Selain itu seorang perempuan bisa juga merasakan sakit kepala dan rasa mudah lelah.

 

Berapa Lama Proses Terjadinya Menstruasi?

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya menstruasi merupakan suatu perulangan siklus yang dialami oleh seorang perempuan, oleh karena itu menstruasi akan memiliki batasan waktu nya sendiri. Dalam siklus menstruasi yang teratur dalam dunia kedokteran, disebut teratur jika jatuh tanggal menstruasi tepat di tanggal yang sama atau merujuk dari jumlah hari yaitu 28 hari. Sedangkan untuk lama proses nya dalam satu siklus menstruasi rata-rata memiliki rentang antara 3-5 hari.

Ada kalanya menstruasi tanggal nya jatuh di tanggal yang tidak sama, kadang bisa lebih cepat dan kadang ada yang melambat, namun disini tidak perlu khawatir jika terdapat perubahan waktu tersebut karena siklus tersebut dikatakan normal jika waktunya masih dalam rentang 28 – 7 hari hingga 28 + 7 hari atau 21 hingga 35 hari.

 

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Teratur?

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa-apa saja faktor yang menyebabkan seseorang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, ada baiknya kapan siklus tersebut disebut tidak teratur. Menstruasi tidak teratur itu diartikan ketika pada pencatatan tanggal, jatuh tanggalnya selalu berubah-ubah dari tanggal siklus sebelumnya. Perubahan tanggal ini menjadikan pola menstruasi sulit diketahui.

Berikut ini, mari kita ketahui sama-sama penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur:

1. Seseorang sedang menyusui atau sedang hamil.

Kondisi menyusui atau hamil, membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur, dikarenakan ada perubahan hormonal di dalam nya. Pada saat hamil tubuh seorang Ibu, akan dengan sendirinya mempertahankan kehamilan tersebut, sehingga tidak akan terjadi menstruasi. Hal ini juga serupa pada Ibu yang menyusui anaknya.

2. Gangguan makan, penurunan berat badan berlebih.

Pada perempuan yang mengalami gangguan makan disertai dengan penurunan berat badan berlebih, membuat keseimbangan hormonal terganggu dan tentu akan menyebabkan gangguan menstruasi.

3. Menderita sindroma polikistik ovarium (PCOS).

Kumpulan gejala-gejala seperti gangguan menstruasi, tumbuhnya rambut-rambut halus yang berlebih menjadi dua gejala tersering muncul pada penderita sindroma polikistik ovarium.

4. Menderita penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease.

Penyakit ini dialami oleh perempuan-perempuan yang mengalami keputihan jangka panjang, atau infeksi saluran kemih yang tidak ditangani dengan baik.

5. Massa mioma di rahim.

Pertumbuhan jaringan yang tidak normal di dalam dinding rahim, juga bisa menjadi penyebab gangguan menstruasi pada seseorang perempuan. Selain perubahan dalam siklus nya, massa tersebut dapat juga menimbulkan perdarahan yang lebih parah pada saat siklus menstruasi.

6. Masalah psikologis.

Permasalahan menstruasi juga dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan seorang perempuan. Ketika mereka dalam kondisi tertekan, hormonal stress memicu terjadinya gangguan keseimbangan hormonal mereka.

 

Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Keparahan Gangguan Menstruasi Itu?

Pada perempuan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, ketika berobat dengan dokter ahli kebidanan, akan dicari tahu apakah ada kelainan struktur normal pada organ kewanitaan tersebut. Selain itu pula, kadang dokter pun meresepkan obat KB yang khusus untuk mengatur siklus menstruasi tersebut.

Berikut inilah hal-hal yang menjadi penanda, Anda harus segera berobat ke dokter:

  • Menstruasi berhenti sudah selama 90 hari (3 bulan) dan tidak terbukti hamil
  • Siklus menstruasi berubah secara drastis setelah sebelumnya siklus-siklus berlangsung normal.
  • Satu siklus menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari, dan disertai perdarahan hebat
  • Antar siklus yang Anda alami berlangsung kurang dari 21 hari ataupun lebih dari 35 hari.
  • Kram perut tidak tertahankan.
  • Menstruasi disertai dengan demam.

Mengetahui dan menyadari adanya perubahan siklus menstruasi sangat diperlukan, selain itu pemahaman terkait hal-hal yang bisa mencegah keparahan juga diperlukan. Oleh karena itu, coba membiasakan mencatat setiap tanggal terjadinya menstruasi di setiap bulannya. Supaya bisa dilihat pola menstruasi nya.

Baca juga: Menstruasi Terakhir Sebelum Hamil

 

Daftar Pustaka

  1. Menstruation. Medline Plus. Diakses pada: 2022, Januari 12. Dari: https://medlineplus.gov/menstruation.html
  2. Davis, C.P. What should I know about menstruation period? MedicineNet. Diakses pada: 2022, Januari 12. Dari: https://www.medicinenet.com/menstruation/article.htm
  3. Mayo Clinic Staff. Menstrual cycle: what’s normal, what’ not. Diakases pada: 2022, Januari 12. Dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics