Beranda > Artikel > Apa Penyebab Penyakit Lupus pada Wanita?

Apa Penyebab Penyakit Lupus pada Wanita?

penyebab penyakit lupus pada wanita

Penyakit lupus menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia dan 9 dari 10 orang yang terkena penyakit ini adalah wanita. Mengapa demikian dan apa penyebab penyakit lupus pada wanita?

Pada pembahasan kali ini, Carevo akan memberikan informasi penting seputar penyebab penyakit lupus pada wanita yang penting untuk Anda ketahui. Selain itu, ada berbagai informasi bermanfaat lainnya seputar penyakit lupus yang dapat langsung disimak pada informasi di bawah ini.

Apa Itu Lupus?

Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang dikenal dengan nama latin lupus eritematosus. Penyakit ini menyerang organ tubuh manusia seperti otak, ginjal, jantung, bahkan paru-paru sehingga dapat menyebabkan kematian apabila tidak menjalani pengobatan dengan tepat dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

Anda tentu tahu bahwa setiap tubuh manusia memiliki sistem imun yang dapat menjaga tubuh dari berbagai hal yang menimbulkan penyakit seperti virus atau bakteri. Namun pada penderita lupus, antibodi yang dimiliki terlalu banyak sehingga pada akhirnya menyerang organ tubuh manusia itu sendiri.

Tidak seperti yang diketahui oleh orang pada umumnya, penyakit lupus tidak hanya menyebabkan ruam pada kulit. Ada berbagai jenis penyakit lupus yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Systemic Lupus Erythematosus (SLE): Pada sebagian besar wanita mengalami penyakit lupus jenis SLE. Jenis ini menyerang organ tubuh manusia dan dapat menyebabkan komplikasi.
  • Discoid Lupus Erythematosus (DLE): Jenis penyakit lupus yang dapat membuat kulit terlihat ruam-ruam kemerahan adalah Discoid Lupus Erythematosus (DLE). Jenis penyakit lupus ini menyerang jaringan kulit penderitanya.
  • Neonatal Lupus: Bayi yang baru lahir juga dapat mengidap lupus apabila ibunya memiliki kelainan antibodi. Jenis penyakit lupus ini dinamakan dengan Neonatal Lupus.
  • Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus: Beberapa penderita lupus tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung karena dapat menimbulkan luka pada kulit dan menyebabkan rasa terbakar. Jenis penyakit lupus dengan gejala seperti ini dinamakan dengan Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus.

Apa Saja Penyebab Penyakit Lupus pada Wanita?

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, tidak ada penyebab yang pasti dari penyakit lupus baik untuk wanita maupun pria. Namun, ada beberapa faktor mendasar yang diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit lupus seperti genetik, lingkungan, paparan sinar matahari, konsumsi obat-obatan, serta gaya hidup yang tidak sehat.

Personal Health Record

Apakah Ada Gejala Khusus pada Wanita Penderita Lupus?

Sama seperti penyebab timbulnya penyakit lupus, tidak ada gejala khusus untuk wanita penderita lupus. Baik wanita maupun pria memiliki gejala yang serupa, yaitu:

  • Muncul ruam kulit terutama pada area wajah
  • Mengalami nyeri sendi
  • Timbul luka pada kulit
  • Demam
  • Kejang-kejang
  • Sesak pada dada

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Lupus?

Penderita lupus biasanya akan diberikan berbagai obat-obatan yang dikonsumsi secara oral seperti obat anti inflamasi, obat anti malaria, dan juga obat imunosupresan. Perlu Anda ketahui, pengobatan ini tidak menjamin kesembuhan penderita lupus 100% akan tetapi untuk membantu mengurangi gejala penyakit lupus serta mencegah terjadinya komplikasi.

Selain mengonsumsi obat-obatan, penderita lupus juga diminta untuk mengubah pola gaya hidup agar menjadi lebih sehat dan melakukan diet terhadap makanan tertentu seperti makanan berlemak atau makanan asin. Segala jenis pola hidup dan makanan yang tidak sehat harus dihindari untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Sekian informasi yang dapat Carevo sampaikan untuk Anda. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat informasi atau gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :