Beranda > Artikel > Apa Penyebab Penyakit Lupus?

Apa Penyebab Penyakit Lupus?

penyebab penyakit lupus

Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang sangat membahayakan manusia dan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Lalu, apa itu penyakit lupus dan apa saja penyebab penyakit lupus?

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi penting seputar penyakit lupus beserta penyebabnya hingga cara pengobatannya yang penting untuk Anda ketahui. Silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Penyakit Lupus

Penyakit lupus atau dengan nama latinnya yaitu lupus eritematosus termasuk ke dalam salah satu penyakit autoimun yang menyerang organ tubuh manusia. Organ-organ seperti otak, ginjal, jantung, paru-paru, hingga sel darah akan mengalami peradangan.

Setiap manusia memiliki produk antibodinya masing-masing yang bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, dan hal lainnya yang menyebabkan penyakit. Akan tetapi, ketika produksi antibodi dalam tubuh manusia berlebih, maka hal tersebut akan memiliki dampak negatif di mana penyakit lupus ini dapat timbul dan menyerang tubuh kita.

Perlu Anda ketahui juga, penyakit lupus memiliki berbagai tipe, yaitu:

  • Systemic Lupus Erythematosus (SLE): Tipe penyakit lupus ini merupakan tipe yang paling sering ditemukan oleh penderita lupus. Tipe ini menyerang berbagai organ tubuh manusia.
  • Discoid Lupus Erythematosus (DLE): Tipe penyakit lupus ini menyerang jaringan kulit manusia. Tanda-tandanya sangat terlihat jelas yaitu munculnya ruam-ruam pada kulit.
  • Neonatal Lupus: Tipe penyakit lupus ini menyerang newborn atau bayi yang baru saja lahir. Hal ini dapat terjadi apabila ibunya memiliki kelainan antibodi.
  • Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus: Tipe penyakit lupus ini menyerang jaringan kulit manusia. Namun, tidak seperti DLE, pada kulit manusia akan muncul luka-luka atau rasa terbakar ketika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Personal Health Record

Penyebab Penyakit Lupus

Hingga saat ini, penelitian yang dilakukan terhadap penyakit lupus masih belum dapat menemukan penyebab pasti dari penyakit ini. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari akar penyebab dari penyakit lupus dari berbagai faktor dasar seperti genetik, lingkungan, hormon, gaya hidup, hingga makanan yang dikonsumsi, namun belum ada satu faktor pun yang dianggap pasti sebagai penyebab penyakit lupus.

Gejala Penyakit Lupus

Bayang orang yang menganggap bahwa gejala penyakit lupus hanyalah ruam-ruam pada permukaan kulit, khususnya pada bagian wajah. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun masih ada beberapa gejala lainnya yang dialami oleh penderita lupus.

Berikut ini merupakan gejala-gejala yang timbul pada penderita lupus, yaitu:

  1. Muncul ruam pada permukaan kulit
  2. Sendi terasa nyeri dan bengkak
  3. Muncul luka pada mulut atau hidung yang tidak kunjung sembuh
  4. Terdapat darah pada urin

Selain gejala-gejala di atas, ada juga beberapa gejala yang mengindikasi bahwa penyakit lupus yang diderita sudah sangat berat. Gejala-gejala tersebut adalah rambut mulai mengalami kerontokan, demam, kejang-kejang, dan dada terasa sesak atau sulit bernafas.

Apabila Anda merasakan berbagai gejala di atas, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk ditinjau lebih lanjut. Dengan demikian, penyakit lupus dapat segera ditangani.

Cara Pengobatan Penyakit Lupus

Para penderita penyakit lupus biasanya akan diberikan berbagai macam obat-obatan yang dapat membantu mencegah kerusakan pada organ tubuh dan menghindari terjadinya komplikasi. Akan tetapi, penyakit lupus tidak dapat disembuhkan secara total dan penderitanya harus menjalani pengobatan ini secara rutin.

Obat-obat yang biasa dikonsumsi oleh penderita lupus adalah obat anti peradangan non steroid, obat antimalaria, dan obat imunosupresan. Selain itu, penderita lupus juga diminta untuk menjalani hidup yang sehat seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, serta menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab penyakit lupus. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat informasinya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :