Beranda > Artikel > Penyebab Pilek Berkepanjangan yang Anda Harus Ketahui

Penyebab Pilek Berkepanjangan yang Anda Harus Ketahui

penyebab pilek berkepanjangan

Pilek pada umumnya dialami oleh seseorang dalam jangka waktu 7 hingga 10 hari saja, namun ada beberapa orang juga yang pilek bahkan lebih dari dua minggu. Penyebab pilek berkepanjangan ini paling umum terjadi karena tidak melakukan perawatan diri dengan benar. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tidak istirahat yang cukup

Penyebab pilek berkepanjangan yang pertama dikarenakan Anda tidak mengambil waktu istirahat yang cukup. Saat pilek, terutama jika disertai flu dan demam, Anda harus memastikan untuk beristirahat total. Tubuh yang mendapatkan istirahat yang cukup dapat mengembalikan ketahanan imun untuk melawan virus.

Paling tidak, tiga hari pertama sejak mendapat gejala pilek Anda harus beristirahat total. Gejala pilek ini termasuk merasa badan kelelahan, hidung mulai berair, merasa demam, dan juga pusing. Jika setelah tiga hari gejala-gejala ini masih terus ada, maka Anda harus tetap beristirahat.

Tubuh kekurangan cairan

Kekurangan cairan pada tubuh juga bisa jadi penyebab pilek berkepanjangan, apalagi jika di awal pilek Anda juga mengalami demam. Demam membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh sebab itu, minumlah banyak air putih, terutama minuman dan makanan hangat untuk melonggarkan rongga hidung dan membuatnya tidak lagi tersumbat. Kurangi konsumsi alkohol, minuman berkarbonasi, dan kopi. 

Mengalami stres

Tidak jarang juga penyebab pilek berkepanjangan karena Anda merasa stres. Saat seseorang stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang akan akan menghambat perkembangan sistem imun. Alhasil, tubuh jadi tidak bisa melawan virus penyebab pilek dengan maksimal sehingga Anda sembuh lebih lama dari seharusnya.

Memaksakan diri berolahraga

Beberapa orang memang tidak biasa tinggal tenang di dalam rumah tanpa melakukan apa-apa, termasuk orang-orang yang sudah terbiasa rutin berolahraga. Seringkali mereka menyangka jika sedang pilek, tidak masalah tetap berolahraga karena olahraga dianggap sebagai aktivitas yang menyehatkan tubuh. Padahal aktivitas inilah yang menjadi salah satu penyebab pilek berkepanjangan.

Saat Anda memaksakan diri untuk berolahraga, khususnya olahraga berat, Anda akan jadi cepat lelah. Jika Anda ingin tetap bergerak, cukup berjalan-jalan di dalam rumah selama 10-15 menit sehari. Itu pun boleh dilakukan ketika Anda sedang tidak mengalami gejala demam, kepala terasa berat, serta nyeri otot, ya!

Salah merawat diri

Penyebab pilek berkepanjangan yang lainnya adalah kesalahan dalam melakukan perawatan untuk pilek yang Anda alami. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah banyak orang mengonsumsi obat-obatan antibiotik untuk mengatasi pilek, padahal antibiotik tidak dapat mengatasi virus penyebab pilek.

Agar terhindar dari kesalahan semacam itu, hindari mengkonsumsi obat dengan menerka-nerka sendiri fungsinya dengan kebutuhan untuk menyembuhkan pilek yang Anda alami. Jika pilek Anda sudah berlangsung lama padahal semua cara perawatan dasar seperti beristirahat, memperbanyak asupan cairan, mengeluarkan lendir dengan teratur, dan mengkonsumsi makanan hangat sudah Anda lakukan, segera konsultasikan dengan dokter daripada mencoba mengobatinya sendiri.

Tenaga medis akan meresepkan obat-obatan yang lebih tepat untuk Anda konsumsi guna membantu Anda terhindar dari penyebab pilek berkepanjangan. Lalu, cobalah untuk lebih disiplin menjaga diri sendiri demi bisa sembuh dari pilek lebih cepat.

Simak juga: Berobat ke Dokter? Jangan Lupa Tanyakan 4 Hal Ini!    

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :