Beranda > Artikel > Inilah Perbedaan Stres Dan Depresi

Inilah Perbedaan Stres Dan Depresi

perbedaan stres dan depresi

Stres merupakan hal wajar karena hampir setiap orang akan mengalaminya. Hal ini bahkan bisa menjadi sesuatu yang positif jika mampu memotivasi Anda, namun akan menjadi hal negatif ketika membuat Anda merasa kelelahan hingga mencapai depresi. Stres dan depresi sering sekali dikaitkan satu sama lain, namun sebenarnya kedua hal ini sangatlah berbeda. Apa perbedaan stres dan depresi? Seperti apa koneksi antara dua hal ini?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak berbagai macam informasi berguna mengenai stres dan juga depresi berikut ini. Mari mengenal keduanya secara lebih dekat untuk memiliki pemahaman yang baik sehingga mampu mengatasi keduanya.

Apa yang Dimaksud Dengan Depresi?

Depresi merupakan sebuah gangguan kesehatan mental yang membuat seseorang merasakan kesedihan, memicu rasa bersalah, dan kehilangan minat melakukan sesuatu secara terus-menerus. Nama lain dari kondisi ini adalah major depressive disorder atau clinical depression

Depresi juga dapat mendorong munculnya pemikiran dan perilaku yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk beraktivitas secara normal, terkadang bisa memunculkan asumsi seolah-olah kehidupan saat ini bukan hal penting untuk dijalani.

Gejala dari depresi sangat banyak, bahkan penderitanya dapat mengalami hal ini hampir setiap tahunnya. Beberapa bentuk gejala dari depresi yaitu:

  • Munculnya rasa sedih atau keputusasaan
  • Sensitif terhadap hal-hal kecil
  • Kehilangan minat melakukan aktivitas
  • Gangguan tidur seperti insomnia atau hipersomnia
  • Rasa lelah dan kekurangan energi
  • Pola makan abnormal
  • Kecemasan berlebih
  • Perasaan bersalah terhadap kesalahan terdahulu
  • Sulit berkonsentrasi atau membuat keputusan
  • Munculnya pikiran untuk bunuh diri
  • Masalah fisik yang tidak dapat dijelaskan, seperti sakit punggung atau sakit kepala

Depresi merupakan sebuah kondisi kesehatan mental yang harus didiagnosa dan mendapatkan perawatan. Faktor genetik, kepribadian, dan lingkungan dianggap sebagai beberapa penyebab munculnya depresi pada seseorang. Mungkin Anda merasa jika semuanya baik-baik saja, namun dari gabungan beberapa faktor di atas maka Anda secara perlahan akan mengalami depresi.

Baca Juga: Apa Itu Maladaptif dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Aplikasi Carevo - Aplikasi Catatan Kesehatan Personal Health Records

Apa Itu Stres?

Stres bukanlah kondisi kesehatan mental seperti depresi. Pemicunya sangat jelas, seperti perubahan mendadak dalam hidup Anda. Walaupun bukan sebuah gangguan kesehatan mental, tetapi stres adalah salah satu faktor yang mampu memicu gangguan tersebut. Salah satu contohnya depresi dan gangguan kecemasan.

Stres sebenarnya hal normal dalam kehidupan, Anda bahkan bisa memanfaatkannya dalam hal baik. Namun jika dialami dalam intensitas yang cukup tinggi, hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh dan mental. Beberapa gejala dari stres yaitu:

  • Sulitnya berkonsentrasi
  • Pekerjaan tertunda
  • Kesulitan tidur 
  • Merasa kewalahan
  • Terjadinya perubahan kebiasaan makan
  • Mudah tersinggung
  • Sering sakit
  • Sakit kepala dan rasa pegal pada badan yang tiba-tiba muncul

Penyebab Depresi dan Stres

Sebelumnya kita sudah menyinggung sedikit mengenai penyebab dari keduanya bisa terjadi. Namun agar lebih jelas, simak informasi berikut ini.

Penyebab Depresi

Penyebab depresi tidak hanya datang dari satu hal saja. Kondisi ini merupakan akumulasi dari berbagai pemicu dan berkembang dalam jangka waktu yang lama. Empat penyebab utama depresi yaitu: 

1. Genetik

Depresi bisa diturunkan secara genetik. Jika anggota keluarga pernah mengalami depresi maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal tersebut.

2. Penyakit dan Masalah Kesehatan

Penyakit atau cedera fisik yang mengubah gaya hidup mampu memicu depresi. Kondisi kesehatan lainnya yang berhubungan dengan otak, hormon, siklus menstruasi dan menopause, gula darah rendah, atau masalah tidur juga memiliki peran dalam memicu depresi.

3. Obat-obatan dan Alkohol

Narkoba dan alkohol merupakan penyebab serta faktor yang bisa memperburuk depresi. Sebagian orang merasa hal ini membantu mereka untuk melewati gejala depresi, namun pada akhirnya kedua hal tersebut hanya menutupi masalah yang lebih besar.

Baca Juga: Pengertian Ketoasidosis Diabetik beserta Gejala dan Penyebabnya

4. Kepribadian

Kepribadian tertentu juga bisa dengan mudah memicu depresi untuk muncul. Misalnya, harga diri rendah, perfeksionis, dan sensitif terhadap kritik menciptakan pribadi yang gampang jatuh ke dalam depresi.

Penyebab Stres

Sedangkan itu, stres bisa dipicu dari berbagai macam hal. Paling utama adalah beban pikiran berlebih. Hal ini bisa didapatkan ketika bekerja, sekolah, atau bergaul. Penyebab lainnya seperti:

  • Perubahan drastis dalam hidup
  • Kekhawatiran berlebih
  • Merasakan tanggung jawab besar
  • Mendapatkan ketidakpastian

Perbedaan Stres dan Depresi

Keduanya merupakan kondisi yang bisa mengubah pola hidup Anda. Walaupun terlihat seperti hal yang sama, keduanya memiliki perbedaan tersendiri.

1. Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Stres bisa menjadi pemicu hal positif dalam hidup atau menjadi awal penyebab berbagai macam kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi, peningkatan berat badan, mengganggu jantung, hingga menyebabkan depresi.

2. Gejala yang Terjadi

Stres dan depresi memiliki gejala berbeda. Sehingga Anda harus bisa mengenali hal ini dengan jeli agar tidak salah ketika sedang ingin memahami kondisi kesehatan mental yang sedang dialami.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Diare dan Muntaber Agar Dapat Menanganinya Dengan Tepat

3. Penanganan

Stres bisa ditangani melalui berbagai macam cara, mulai dari menghindari sumbernya atau mencari kegiatan lain untuk menurunkan tingkat stres Anda. Untuk depresi, Anda membutuhkan diagnosis dari dokter agar bisa tahu langkah selanjutnya yang harus diambil.

Itulah perbedaan dari stres dan depresi. Waspadalah terhadap kedua hal ini karena bisa dengan mudah memengaruhi kegiatan Anda sehari-hari. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Carevo Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics