Beranda > Artikel > 7 Perbedaan Tumor dan Kanker yang Wajib Diketahui

7 Perbedaan Tumor dan Kanker yang Wajib Diketahui

7 Perbedaan Tumor dan Kanker yang Wajib Diketahui

Tumor merupakan suatu ketidakseimbangan abnormal dari pertumbuhan sel yang memilki karakteristik pertumbuhan dan pembelahan sel yang berlebihan. Tumor sendiri merupakan sekumpulan jaringan abnormal yang dapat berupa jaringan padat atau berisi cairan. Ketika pertumbuhan sel tumor terlokalisasi satu tempat saja, maka tumor dikatakan bersifat jinak. Ketika pertumbuhan sel abnormal dan tumbuh tidak terkontrol, maka tumor dikatakan bersifat ganas atau dinamakan kanker. Namun sulit untuk memastikan benjolan merupakan tumor atau kanker hanya dari penampilan luarnya saja. Untuk memastikannya tetap harus dilakukan pemeriksaan biopsi dan mengambil sampel jaringan dan sel dilihat dibawah mikroskop untuk melihat karakteristiknya. 

Tidak semua perubahan sel dalam jaringan merupakan kanker. Beberapa perubahan bentuk sel memang dapat berubah menjadi kanker jika tidak diberikan tatalaksana yang tepat. Perubahan sel tersebut dapat berupa : 

  • Hiperplasia: kondisi ini terjadi ketika sel dalam jaringan bereplikasi lebih cepat dari normalnya dan terdapat penumpukan sel. Namun, sel dan jaringan masih teratur dan tampak normal saat dilihat dibawah mikroskop. Hiperplasia biasanya terjadi karena adanya iritasi kronik dalam sel 
  • Displasia: merupakan kondisi lanjutan dari hiperplasia dimana terdapat tumpukan sel tambahan pada jarimgan normal. Perbdaannya adalah terdapat perubahan susunan sel dan sudah terjadi perubahan bentuk sel. Makin jelas perbedaan yang ada dan makin tidak teratur bentuk sel, maka kemungkinan terjadinya kanker lebih besar.  
  • Karsinoma in situ: merupakan kondisi lanjutan dari displasia. Walaupun terkadang dikenal dengan kanker stadium 0, kondisi ini bukanlah kanker karena sel yang abnormal itu belum menginvasi jaringan sekitarnya seperti yang kaker lakukan. Namun jika terdapat kondisi ini, kemungkinan kanker terjadi sangatlah besar. Jadi jika ditemukan karsinoma in situ pada jaringan, maka akan segera dilakukan tatalaksana yang tepat. 

Kanker sendiri merupakan penyakit yang terjadi dimana sel yang seharusnya membelah sesuai dengan siklusnya bereplikasi secara berlebihan dan sel yang harusnya rusak dan mati tetap hidup didalam jaringan hingga menimbulkan suatu benjolan pada tubuh. Penyebab sel ini membelah diluar siklus normalnya adalah karena faktor genetik yang mempengaruhu gen dan juga faktor lingkungan. Normalnya, tubuh akan mengeliminasi sel dengan kerusakan DNA sebelum menjadi sel kanker. Tapi, kemampuan imun tubuh tersebut akan berkurang seiring pertambahan usia, maka lebih sering ditemukan kanker pada usia lanjut dibandingkan usia muda. 

Baca juga: Apa itu Tumor? Mengapa Hal ini Bisa Muncul?

 

Perbedaan Tumor dan Kanker 

Banyak hal yang dapat membedakan suatu benjolan hanya merupakan tumor jinak ataupun tumor ganas, antara lain : 

1. Kecepatan pertumbuhan sel 

Pada umumnya, kanker akan tumbuh lebih cepat dibandingkan tumor jinak. Walaupun terdapat pengecualian pada keduanya, ada tumor jinak yang tumbuh secara cepat dan ada juga tumor ganas yang tumbuh secara perlahan.

2. Kemampuan menginvasi jaringan sekitarnya 

Kanker memiliki kemampuan untuk menginvasi jaringan disekitarnya. Hal ini merupakan salah satu ciri khas dari kanker yang dapat menembus selaput normal jaringan yang sehat.

3. Kemapuan untuk meyebar ke organ lain 

Kanker dapat menyebar ke organ tubuh lain melalui darah maupun sistem limfatik. Selain dapat menyebar jauh, kanker juga dapat menginvasi jaringan sekitarnya, namun jika jenis tumor jinak, maka tidak ada kemampuan invasi sel sekitarny dan hanya akan bertambah besar di tempat asalnya bertumbuh.

4. Kemungkinan rekurensi 

Tumor jinak dapat dihilangkan sepenuhnya melalui operasi karena batas tumor jelas. Karena hal ini, tumor jinak jarang muncul kembali jika sudah dilakukan pengangkatan melalui operasi. Jika pun tumor muncul kembali, biasanya hanya pada area tempat awalnya berasal. Berbeda dengan tumor, kanker jika diangkat dapat tumbuh kembali bahkan bukan di tempat asalnya. Miasalnya kanker payudara dilakukan operasi pemgangkatan kanker, lalu dapat muncul lagi sel kanker yang sama pada area lain seperti paru-paru,otak, tulang. Hal ini diperkirakan karena adanya penyebaran dari sel kanker payudara ke tempat lain namun belum terdeteksi sebelumnya.

5. Penampakan seluler

Setelah dilakukan biopsi, maka sel tersebut akan dilihat penampakannya dibawah mikroskop untuk menentukan apakah sel tersebut normal, tumor jinak atau ganas. Pada kanker, selnya memiliki kromosom dan DNA yang abnormal sehingga inti sel atau nukleusnya terlihat lebih besar dan berwarna lebih gelap. 

6. Efek sistemik yang muncul 

Tumor jinak umumnya tidak dapat mengeluarkan zat apapun (pengecualian pada pheochromocytoma). Namun, kanker dapat mensekresikan zat yang dapat membuat efek sistemik pada seluruh tubuh seperti lemas dan penurunan berat badan.

7. Tatalaksana 

Tatalaksana pada tumor jinak biasanya akan berakhir sampai pada tindakan operasi saja. Namun pada kanker, selain tindakan operasi, diperlukan pula tatalaksana lain seperti kemoterapu, radioterapu dan obat imunoterapi untuk menghilangkan sisa sel ganas yang masih ada dalam tubuh atau menghilangkan tumor yang sudah menyebar pada bagian tubuh lainnya. 

Baca juga: 5 Makanan Penghancur Tumor Otak yang Harus Anda Ketahui

 

Personal Health Record Carevo

 

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Daftar Pustaka 

1. What Is Cancer? – NCI. 2007. Available from: https://www.cancer.gov/about-cancer/understanding/what-is-cancer 

2. What is Cancer? | Cancer Basics | American Cancer Society. Available from: https://www.cancer.org/treatment/understanding-your-diagnosis/what-is-cancer.html 

3. Sinha T. Tumors: Benign and Malignant. CTOIJ. 2018 May 1;10(3). Available from: https://juniperpublishers.com/ctoij/CTOIJ.MS.ID.555790.php 

4. Differences Between a Malignant and Benign Tumor. Verywell Health. Available from: https://www.verywellhealth.com/what-does-malignant-and-benign-mean-514240 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics