Beranda > Artikel > Riwayat Kesehatan Keluarga, Pentingkah? Berikut Penjelasannya

Riwayat Kesehatan Keluarga, Pentingkah? Berikut Penjelasannya

Riwayat Kesehatan Keluarga

Saat sedang konsultasi ke dokter terkait penyakit atau keluhan tertentu, salah satu hal yang pasti akan ditanyakan adalah riwayat kesehatan keluarga. Hal ini dilakukan bukannya tanpa alasan. Pasalnya, ada sejumlah penyakit atau kondisi kesehatan yang memang bisa diturunkan dari nenek moyang hingga ke cucu. Kondisi ini bisa juga disebut dengan penyakit genetik.

Artinya, penyakit genetik tidak semata-mata diakibatkan oleh virus atau infeksi bakteri dari luar. Kemungkinan besar, penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada gen dalam tubuh. Kombinasi gen ayah dan ibu membentuk gen yang ada dalam tubuh anda. Gen yang paling dominan bakal menentukan kondisi fisik dan psikologis anda. Itulah kenapa penting bagi anda untuk mengetahui riwayat penyakit dan kesehatan keluarga anda. Banyak hal penting yang bisa anda pelajari terkait kondisi genetik anda.

Mencari tahu jika ada riwayat penyakit tertentu

Salah satu bentuk kerusakan genetik ke anak cucu bisa berupa penyakit keturunan. Katakanlah ayah anda merupakan seorang perokok sejak sebelum anda lahir. Nah, bahan kimia dan racun dari rokok tersebut berisiko menyebabkan kerusakan pada gen ayah. Kerusakan inilah yang bisa menyebabkan kanker paru.

Gen ayah yang sudah rusak ini bisa terbawa oleh sperma. Kalau gen tersebut cukup kuat dan dominan, bukan tidak mungkin bakal hidup dalam janin yang terbentuk dari pembuahan sel sperma dan telur. Jadi, ketika anda lahir, “bakat” penyakit kanker paru tersebut secara otomatis bakal terwarisi ke tubuh anda.

Selain kanker paru, ada juga sejumlah penyakit lain yang bisa disebabkan oleh faktor genetik bawaan, yaitu diabetes, penyakit jantung, asma, tekanan darah tinggi,

Alzheimer’s, demensia, kolesterol tinggi, obesitas, radang sendi, penyakit autoimun, dan depresi.

Mengetahui adanya risiko masalah kesehatan tertentu

Mempelajari riwayat penyakit keluarga juga bisa membantu kamu mengetahui risiko masalah kesehatan tertentu. Bahkan kamu bisa mengetahui apakah ada anggota keluarga yang meninggal akibat penyakit tertentu dan pada usia berapa ia sakit. Lalu, bagi anda yang hamil atau sedang menjalani program hamil, kamu bisa mencari tahu apakah sebelumnya ada riwayat keguguran atau kelahiran cacat pada anggota keluarga.

Tidak berhenti sampai di situ, bagi yang memiliki alergi terhadap sesuatu, sangat besar kemungkinannya kalau kondisi tersebut merupakan keturunan genetik. Misalnya, ayah atau ibu kamu alergi udara dingin dan karenanya suka bersin hampir setiap pagi. Kondisi kesehatan ini pun menurun ke anda.

Menentukan gaya hidup yang harus anda terapkan

Nah, dengan mengetahui riwayat penyakit dan kesehatan keluarga, anda jadi bisa menyesuaikan gaya hidup untuk diterapkan. Penting untuk diketahui bahwa kondisi penyakit keturunan atau genetik bisa semakin parah jika anda menjalankan gaya hidup yang kurang baik.

Misalnya, kalau ada riwayat penyakit kanker paru di keluarga anda, maka hindari merokok untuk mengurangi risiko kanker paru tersebut. Terapkan gaya hidup yang sehat, seperti olahraga rutin dan pola makan yang seimbang. Usahakan juga untik tidak terpapar asap rokok yang memposisikan anda sebagai perokok pasif.

Berbagai alasan di atas seharusnya bisa meyakinkan anda untuk mempelajari riwayat penyakit dan kesehatan keluarga. Di sinilah data rekam medis berperan penting dalam membantu anda mempelajari riwayat penyakit. Maka dari itu, pastikan anda dan keluarga menyimpan data rekam medis atau medical record secara sistematis.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :