Beranda > Artikel > Ketahuilah Syarat-syarat Menjadi Pendonor Organ Mata

Ketahuilah Syarat-syarat Menjadi Pendonor Organ Mata

syarat donor mata yang harus dipenuhi

Anda mungkin sering mendengar program donor darah, namun pada kenyataannya bagian organ yang terdapat di tubuh manusia dapat didonorkan. Salah satunya adalah organ mata. Untuk menjadi seorang pendonor dan bisa mendonorkan suatu organ itu harus memenuhi syarat yang diminta, di dalam artikel ini akan dibahas syarat-syarat menjadi seorang pendonor organ mata.

 

Organ Mata

Sebelum masuk lebih dalam ada baiknya Anda mengetahui dahulu organ mata kita terdiri atas dua bagian, yaitu ruang mata depan (anterior eye chamber) dan ruang mata belakang (posterior eye chamber). Ruang mata depan terdiri dari kornea, iris, lensa, dan badan silier. Keempat bagian ini memiliki fungsinya masing-masing.

Pada bagian ruang mata belakang, disini banyak mengandung persarafan dan pembuluh darah. Bagian ini terdiri atas badan vitreous, retina, fovea, dan saraf optikus. Tahukah Anda mengapa mata kita bisa berbentuk bulat? Mata manusia memiliki badan vitreous yang terdiri dari semacam gelatin bening yang mengisi ruang tengah mata sebelum masuk ke bagian mata belakang.

syarat donor mata 1

 

 

syarat donor mata 2

 

Bagaimana mekanisme kerja mata

Proses terjadinya kerja mata kita dipengaruhi oleh: kesehatan mata, ada atau tidaknya cahaya, dan kerja otak kita. Prinsip kerjanya pun bisa kita analogikan dengan sebuah kamera. Pada kamera terdapat shutter yang bisa menentukan berapa banyak cahaya yang kita ingin terima, hal ini serupa pada mata kita. Penerimaan cahaya di mata kita ditentukan oleh pupil dan bagian iris mata kita. Lalu cahaya yang masuk tadi akan ditangkap oleh retina yang menkonversikan cahaya tadi menjadi gelombang listrik, yang kemudian dihantarkan ke sistem saraf mata dan akhirnya tiba di otak kita. Proses inilah yang membuat kita bisa melihat dan mengetahui bentuk suatu benda atau orang atau hewan. Selain itu kemampuan dan manfaat dari mata kita adalah berkoordinasi dengan komponen lain sehingga kita dapat menjaga keseimbangan, menjadi bagian kewaspadaan kita.

 

Memahami perkembangan transplantasi mata

Organ mata memiliki bagian yang dapat dilakukan transplantasi. Menurut American Academy of Ophtalmology saat ini belum ada tindakan yang bisa melakukan transplantasi (donor) seluruh bola mata. Istilah transplantasi mata sebetulnya agak menyebabkan kerancuan dan ambiguitas bagi kalangan awam. Padahal transplantasi yang dilakukan adalah sebatas donor kornea. Donor kornea sangat penting bagi mereka yang memiliki risiko kebutaan akibat kerusakan kornea.

Selain bagian dalam mata, transplantasi juga bisa dilakukan pada bagian bulu-bulu mata. Transplantasi pada bulu mata bertujuan untuk menggantikan bulu-bulu yang habis terbakar, sehabis mengalami robekan di dekat daerah pertumbuhan bulu mata. Kemudian seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi membantu para peneliti untuk melakukan transplantasi retina dan kelenjar air mata. Keduanya saat ini masih terus dikembangkan untuk kemajuan dunia kesehatan.

 

Menjadi Pendonor

Perjalanan program donor kornea sudah berlangsung selama hampir 100 tahun. Tindakan ini dilakukan pada pasien atau korban yang mengalami kerusakan kornea, baik karena penyakit ataupun karena trauma. Siapapun dapat menjadi pendonor lapisan kornea, tanpa melihat unsur ras, maupun usia. Untuk menjadi pendonor, orang tersebut dalam kondisi sudah meninggal. Setelah meninggal, kemudian tim medis akan menilai organ yang akan ditransplantasi dalam kondisi baik atau tidak.

Seorang pendonor pun harus menginformasikan hal tersebut ke keluarga dan orang terdekat. Informasi yang diberikan disini memerlukan legalitas dan memerlukan pihak yang dapat melakukan tindakan transplantasi organ, termasuk tim medis.

Menurut pandangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) transplantasi organ harus memenuhi persyaratan bahwa pendonor telah legal secara hukum, medis, dan sesuai dengan keputusan keluarga untuk menjadi pendonor. Kemudian sebelum dilakukan tindakan donor, analisis kesehatan masih harus tetap dilakukan oleh tim ahli termasuk tim dokter, dan lainnya. Selain itu donasi dilakukan atas dasar kehendak dari pendonor dan demi kebaikan penerima, kemudian tanpa disertai pungutan atau pembayaran dari mereka yang menerima (resipien).

Menjadi seseorang pendonor organ merupakan sesuatu tindakan yang mulia dan bisa menyelematkan jiwa orang lain, namun tetap ada prosedur dan syarat-syarat yang dipenuhi, mulai dari masalah legalitas, adanya persetujuan dari pihak keluarga atau orang terdekat akan rencana donor tersebut. Bila, Anda hendak menjadi pendonor mulailah berdiskusi dengan tim medis agar memperoleh informasi yang lebih terarah dan tepat.

Baca juga: Apa Fungsi dan Bagaimana Prosedur Perawatan Prostesis Mata?

 

Daftar Pustaka

  1. Anatomy of The Eye. Kellogg Eye Center. University of Michigan Health. Diakses dari: https://www.umkelloggeye.org/conditions-treatments/anatomy-eye#:~:text=Light%20passes%20through%20the%20front,and%20then%20to%20the%20brain. Pada: 2022, 16 Maret.
  2. Garrity, J. Structure and Function of the Eyes. MSD Manual Consumer Version. 2020. Diakses dari: https://www.msdmanuals.com/home/eye-disorders/biology-of-the-eyes/structure-and-function-of-the-eyes. Pada: 2022, 17 Maret.
  3. Turbert, D. What parts of the eye can be transplanted? Diakses dari: https://www.aao.org/eye-health/treatments/transplantation-eye. Pada: 2022, 17 Maret.
  4. Boyd, K. Donation your corneas and other eye tissue. Diakses dari: https://www.aao.org/eye-health/treatments/donating-your-corneas-other-eye-tissue. Pada: 2022, 17 Maret.
  5. WHO Guiding Principles on Human Cell, Tissue, and Organ Transplantation. World Health Organization.

 

Daftar Pustaka Gambar

  1. Gambar 1: https://www.researchgate.net/publication/321951894/figure/fig1/AS:[email protected]/Diagram-of-the-human-eye-The-anterior-segment-of-the-eye-contains-the-cornea-iris.png
  2. Gambar 2: https://www.cvpdaytoneyedoctors.com/wp-content/uploads/2020/06/eye-anatomy.jpg

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics