Beranda > Artikel > Tanaman Gotu Kola

Tanaman Gotu Kola

Pengertian dan Manfaat Tanaman Gotu Kola

Apa itu Tanaman Gotu Kola?

Gotu Kola (Centella Asiatica) atau daun pegangan adalah tanaman liar yang berasal dari negara Asia Tropik seperti Cina, India, dan Indonesia yang telah dipercaya secara turun-temurun selama berabad-abad sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, terutama penyakit kulit. Tanaman gotu kola memiliki daun yang berbentuk seperti kipas, dengan batang yang lunak, memiliki ruas, serta tumbuh menjalar. Walau merupakan tumbuhan liar yang sering kali diabaikan, namun tahukah anda bahwa tanaman gotu kola yang jarang dikenal ini ternyata memiliki berbagai manfaat yang menarik? Ketahui pengertian dan manfaat gotu kola bersama dengan Carevo di sini!

 

Manfaat Tanaman Gotu Kola

Di negeri Cina, tanaman gotu kola dikenal dengan sebutan “miracle elixir of life” atau tumbuhan keajaiban kehidupan selama lebih dari 200 tentunya bukan tanpa alasan. Tanaman liar ini memiliki berbagai macam kelompok zat aktif yang disebut saponin, seperti asam asiatik, asam madekasik, asiatikosida, dan madekasosida sebagai komponen utama gotu kola. Komponen-komponen aktif inilah yang membuat gotu kola kaya akan manfaat untuk tubuh anda. Gotu kola memiliki manfaat mulai dari daun, batang, akar, hingga bunganya. Gotu kola biasanya diolah sebagai bentuk ramuan, jus, hingga kandungan utama dalam skincare.(1)

1. Mempercepat penyembuhan luka

Terkenal memiliki efek yang dapat menenangkan kulit, gotu kola dapat menjadi salah satu pilihan apabila anda memiliki penyakit kulit. Ekstrak gotu kola sudah menjadi pengobatan untuk menyembuhkan luka sejak jaman dahulu, dan telah banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa gotu kola dalam bentuk salep, krim, maupun gel dapat meningkatkan proliferasi sel dan sintesis kolagen pada area luka. Asiatikosida yang terkandung dalam tanaman gotu kola memiliki efek antioksidan yang dapat membantu menenangkan kulit sekaligus memiliki efek membantu kulit untuk membentuk lapisan baru lebih cepat.(1)

2. Membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit

Selain menyembuhkan luka pada kulit, zat-zat aktif pada gotu kola juga memiliki kemampuan untuk membantu menangani penyakit kulit seperti luka bakar, eksim, psoriasis, kusta, dan lupus, serta penyakit-penyakit inflamasi kulit lainnya. Hal ini disebabkan karena tanaman gotu kola memiliki efek menenangkan dan anti-inflamasi dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan fibroblas pada jaringan kulit, sehingga reparasi kulit terjadi lebih cepat.(1)

3. Menghilangkan selulit

Selulit merupakan penumpukkan jaringan lemak subkutan pada kulit, yang dapat membuat kulit anda tampak seperti meregang dan berkerut. Selulit dapat menjadi masalah bagi sebagian wanita, terutama wanita paska melahirkan dan obesitas. Selulit dapat menjadi mengurangi kepercayaan diri, terutama apabila muncul pada daerah-daerah yang tidak diinginkan. Apabila anda ingin menghilangkan selulit, krim ekstrak gotu kola ataupun pil ekstrak gotu kola dapat menjadi solusi anda. Ekstrak tanaman gotu kola dapat membantu metabolisme lemak pada jaringan kulit, sehingga deposit lemak dapat lebih terkontrol.

Terdapat penelitian yang dilakukan pada 35 pasien yang memiliki selulit pada daerah paha dan bokong yang mendapatkan pil ekstrak gotu kola sebanyak 60 mg selama 90 hari, dan diameter selulitnya dikatakan berkurang secara signifikan. Penelitian lainnya yang dilakukan pada 60 orang dengan menggunakan krim gotu kola selama 4 bulan, dikatakan progresivitas penyembuhan selulit membaik sebanyak 85%.

Penelitian double-blind yang dilakukan pada 100 wanita hamil juga menghasilkan kesimpulan yang sama, krim ekstrak gotu kola mengandung vitamin E, meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga pada ibu hamil yang rutin mengaplikasikan krim gotu kola 2 kali sehari, 56% wanita menyebutkan bahwa selulit mereka berkurang secara signifikan.(1)

4. Mencegah penuaan dini

Komponen aktif gotu kola seperti asam asiatik, madekasik, dan asiatikosida meningkatkan protein dalam jaringan ikat, kolagen tipe 1, dan meningkatkan proliferasi fibroblast dengan menstimulasi migrasi sel. Zat-zat aktif tersebut juga dapat menstimulasi glikosaminoglikan seperti asam hialuronat untuk menjaga dan meningkatkan kadar air dan kelembaban kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini dan mencegah terbentuknya kerutan. Selain itu, karena kaya akan antioksida, gotu kola dapat membantu menangkal radikal bebas dan polusi dari luar yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit anda.(1,2)

5. Mencegah depresi

Gotu kola memiliki efek antidepresi karena dapat meningkatkan konsentrasi asam amino di otak anda. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa gotu kola dapat menyeimbangkan level asam amino yang dipercaya dapat mengatasi depresi. Ekstrak gotu kola, apabila dikonsumsi secara langsung, diteliti dapat mengurangi hormone penyebab stress (kortisol) karena memberikan efek relaksasi dan anti-inflamasi pada pembuluh darah otak.(3)

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Ekstrak gotu kola dipercaya dapat merevitalisasi otak dan sistem saraf anda, sehingga dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi, serta mencegah penuaan otak. Terdapat penelitian yang meneliti dengan mengkonsumsi ekstrak gotu kola selama 21 hari, kemampuan kognitif dapat meningkat secara signifikan dan mengurangi stress oksidatif pada pembuluh darah otak, sehingga dapat mencegah penyakit Alzeimer. Gangguan kognitif dapat terjadi akibat stress oksidatif yang berlebih, oleh sebab itu mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan antioksidan sangatlah penting untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satunya adalah ekstrak gotu kola.(3,4)

7. Membantu mengatasi epilepsy

Gotu kola meningkatkan level GABA pada otak anda. GABA merupakan neurotransmiter yang bertanggung jawab dalam perjalanan penyakit epilepsi. Dengan level GABA pada otak yang meningkat, tingkat kejadian epilepsi pun dapat berkurang. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa administrasi gotu kola sebanyak 300 mg dapat membantu mengurangi kejadian kejang.3

8. Mengobati penyakit lambung

Komponen aktif gotu kola selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, juga dapat memperkuat mukosa lambung dan mengurangi radikal bebas yang dapat mengiritasi lambung anda. Gotu kola juga memiliki efek anti-ulser dengan mencetus produksi mukosa lambung agar lambung anda terjaga. Gotu kola memiliki efek anti-inflamasi yang dapat menghambat nitric oksida (NO), sehingga dapat menyembuhkan ulser. (3,5)

 

Walaupun jarang dikenal oleh masyarakat awam, namun tanaman liar yang satu ini memiliki banyak sekali efek bagi kesehatan yang tidak boleh anda lewatkan. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengkonsumsi suplemen ekstrak gotu kola secara langsung, maupun memakainya dalam bentuk topikal sebagai skincare. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record

 

Referensi

  1. Bylka W, Awizen PZ, Sroka ES, Brzezinska M. Centella asiatica in cosmetology. Postepy Dermatol Alergol. 2013; 30(1): 46-9. Tersedia di: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3834700/
  2. Khuanekkaphan M, Noysang C, Khobjai W. Anti-aging potential and phytochemicals of centella asiatica, nelumbo nucifera, and hibiscus sabdariffa extracts. J Adv Pharm Technol Res. 2020; 11(4): 174-8. Tersedia di: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7784944/
  3. Gohil KJ, Patel JA, Gajjar AK. Pharmacological review on centella asiatica: a potential herbal cure-all. Indian J Pharm Sci. 2010. 72(5); 546-56. Tersedia di: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3116297/
  4. Chen CL, Tsai WH, Chen CJ, Pan TM. Centella asiatica extract protects against amyloid beta1-40-induced neurotoxicity in neuronal cells by activating the antioxidantive defense system. Journal of Traditional and Complementary Medicine. 2016; p. 362-9. Tersedia di: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2225411015000784
  5. Okatiranti O. The effect of pegagan (centella asiatica) leaf extract giving on resilience of rats gastric mucosa (hastroprotective) which experience stress immobilizing. Traditional Medicine Journal. 2011. Vol. 16, no. 2. Tersedia di: https://jurnal.ugm.ac.id/TradMedJ/article/view/8344

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics