Beranda > Artikel > Tanda Asam Lambung Naik yang Harus Anda Waspadai

Tanda Asam Lambung Naik yang Harus Anda Waspadai

tanda asam lambung naik

Refluks asam lambung atau asam lambung yang naik adalah kondisi cukup umum terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan melalui lower esophageal sphincter (LES). LES adalah cincin yang terbentuk dari otot yang terletak di saluran pencernaan di mana tempat kerongkongan bertemu dengan lambung. Jika LES lemah atau rusak, LES mungkin tidak menutup dengan benar. Hal ini memungkinkan isi perut yang berbahaya kembali ke kerongkongan. Selain hal ini masih ada banyak tanda asam lambung naik yang harus Anda waspadai. Mari kita cari tahu gejala-gejala dan tanda-tanda tersebut.

Berbagai Tanda Asam Lambung Naik

Asam lambung merupakan cairan encer dan tidak berwarna yang diproduksi oleh lapisan perut Anda. Cairan ini sangat asam dan berfungsi untuk memecah makanan agar proses pencernaan berjalan lebih mudah. Membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dengan lebih mudah saat makanan bergerak melalui saluran pencernaan.

Untuk memecah segala sesuatu mulai dari daging hingga sayuran yang keras dan berserat, asam lambung haruslah sangat asam. Tubuh manusia dirancang untuk menangani kadar asam lambung yang normal sehingga tidak menyebabkan penyakit atau komplikasi kesehatan apa pun. Namun terkadang asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

7 Tanda Asam Lambung Naik adalah:

Berikut ini adalah tanda-tanda asam lambung anda naik diantaranya terdapat : 

1. Heartburn

Perut Anda terlindungi dari efek korosif asam lambung. Jika lower esophageal sphincter tidak mencegah asam lambung bocor keluar dari perut dan masuk ke esofagus, Anda akan mengalami sensasi terbakar yang menyakitkan di dada atau heartburn. Namun, sensasi terbakar ini tidak selalu menunjukkan cedera esofagus yang berlangsung lama atau permanen.

2. Rasa asam

Jika asam lambung naik sampai ke bagian belakang tenggorokan atau mulut Anda, maka akan muncul rasa asam atau pahit di mulut Anda. Anda mungkin juga merasakan sensasi terbakar di tenggorokan dan mulut.

3. Regurgitasi

Hal Ini adalah perasaan ketika cairan, makanan, atau empedu bergerak ke atas tenggorokan Anda, bukan ke bawah. Dalam beberapa kasus, orang bahkan mungkin muntah. Bayi dan anak-anak dengan gastroesophageal reflux (GER) dapat mengalami regurgitasi berulang. Ini tidak berbahaya dan sangat alami pada bayi di bawah usia 18 bulan. 

4. Dispepsia

Dispepsia adalah rasa terbakar dan tidak nyaman yang akan dirasakan pada bagian tengah atas perut Anda. Beberapa orang dengan dispepsia mungkin akan merasakan:

  • Kembung
  • Mulas
  • Merasa kenyang tidak nyaman
  • Mual
  • Sakit perut
  • Sering muntah atau bersendawa

5. Sulitnya menelan

Kesulitan menelan akan mempengaruhi setidaknya 1 dari 25 orang dewasa setiap tahun. Ini adalah kondisi di mana sulit atau adanya rasa sakit ketika ingin menelan. Ada banyak penyebab potensial disfagia. Selain naiknya asam lambung, hal ini juga bisa disebabkan oleh:

  • Stroke
  • Sklerosis ganda
  • Penyakit Parkinson
  • Kanker

6. Rasa Sakit di tenggorokan

Naiknya asam lambung dapat mengiritasi tenggorokan. Gejala umum yang sering dirasakan adalah:

7. Batuk kering

Batuk kering menjadi salah satu gejala umum asam lambung yang naik pada anak-anak dan orang dewasa. Orang dewasa juga mungkin mengalami sensasi seperti  ada benjolan di tenggorokan. Mereka mungkin merasa perlu berulang kali batuk atau berdehem.

Itu dia berbagai tanda asam lambung naik yang harus menjadi perhatian Anda. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda, serta catat kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

  • https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/what-is-acid-reflux-disease
  • https://www.healthline.com/health/gerd/acid-reflux-symptoms#other-symptoms
  • https://www.healthline.com/health/high-stomach-acid-symptoms
  • https://www.healthline.com/health/how-strong-is-stomach-acid#strength

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :