Beranda > Artikel > Tanda-tanda Paru Anda Bermasalah

Tanda-tanda Paru Anda Bermasalah

Fungsi paru normal

Paru-paru merupakan organ yang memegang peranan besar, yaitu untuk bernafas. Organ ini menjadi satu kesatuan komponen sistem respirasi. Disinilah terjadi mekanisme pertukaran gas antara karbondioksida dan oksigen. Apa yang bisa membuat paru-paru bisa melakukan itu semua?

Jadi paru-paru adalah organ yang berstruktur seperti spons yaitu kenyal dan fleksibel. Paru-paru ketika berisi penuh oleh udara, mereka dapat mengembang hingga memenuhi rongga dada. Selain itu paru-paru juga kaya akan pembuluh darah yang membantu proses pertukaran udara bersih dengan udara kotor untuk ditukar dan siklus ini berlangsung terus menerus selama seseorang itu hidup.

Susunan sebuah komponen saluran nafas terdiri atas saluran nafas atas dan saluran nafas bawah. Saluran nafas atas terdiri atas:

  • Mulut dan hidung
  • Rongga hidung
  • Tenggorok (faring)
  • Pita suara (laring)

Dan saluran nafas bawah terdiri:

  • Trakea
  • Bronkus kanan dan kiri
  • Bronkiolus
  • Kantong udara (alveoli)

Dari susunan ini di kantong udara (alveoli) mempunyai peranan penting yaitu fungsi pertukaran udara.

Penyakit paru apakah itu?

Sama seperti penyakit jantung, istilah penyakit paru itu adalah suatu istilah luas himpunan penyakit-penyakit yang berfokus pada saluran nafas Anda terlebih pada paru-paru yang bisa menimbulkan adanya kemungkinan ketidaksesuaian kerja pada paru-paru. Penyakit paru memiliki banyak jenis dan menimbulkan kerusakan masing-masing.

Tanda-tanda paru Anda mengalami masalah

Sama seperti penyakit yang lain, penyakit paru-paru pun juga memiliki gejala-gejala nya sendiri, namun juga seringkali gejala yang dikeluhkan sering serupa dengan gejala-gejala penyakit lain. Gejala-gejala berikut bisa menjadi tanda-tanda adanya masalah di paru-paru Anda:

  1. Batuk

Gejala batuk berkepanjangan harus Anda waspadai sebagai suatu masalah yang bersifat kronis dan bisa berisiko pada timbulnya penyakit-penyakit lainnya. Paling sering penyakit paru-paru berhubungan dengan penyakit jantung. Sedangkan batuk yang baru dikeluhkan bisa jadi suatu pertanda adanya permasalahan di saluran nafas Anda atau sebagai gejala awal infeksi di paru-paru Anda.

  1. Sesak

Gejala sesak juga bisa menjadi salah satu gejala yang menunjukkan adanya masalah di paru-paru Anda. Namun perlu diwaspadai bahwa gejala sesak juga bisa terjadi pada penyakit-penyakit lain.

  1. Nafas berbunyi

Pernahkah Anda mendengar nafas berbunyi seperti bunyi ‘ngik ngik’? Apabila Anda pernah mengalami hal seperti itu, mungkin paru-paru Anda sedang mengalami masalah, dan memerlukan pertolongan segera.

  1. Produksi lendir berlebih

Dalam fungsi normalnya paru-paru dan saluran nafas memang memproduksi lendir untuk melapisi saluran nafas, namun pada penyakit paru-paru yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab, gejala yang muncul adalah banyak lendir yang keluar dari saluran nafas, ditambah dengan keluhan batuk berdahak yang dialami. Perubahan warna pada dahak tidak dapat menentukan penyebabnya.

  1. Batuk berdarah

Batuk berdarah juga bisa menandakan paru-paru Anda mengalami masalah namun Anda perlu berhati-hati juga dikarenakan keluhan batuk berdarah ini bisa juga dialami pada penyakit-penyakit jantung.

  1. Nyeri pada dada

Nyeri pada dada yang sering ditemukan pada penyakit paru-paru, umumnya adalah nyeri dirasakan terutama pada saat Anda mencoba menarik nafas dalam.

  1. Perubahan suara

Pernah kah orang di sekitar berkomentar tentang perubahan suara Anda? Mungkin Anda harus memperhatikan itu, bisa jadi itu menunjukkan suatu gejala penyakit di saluran pernafasan Anda.

  1. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan bisa menjadi gejala khas suatu penyakit yang bersifat kronik atau menahun, salah satunya adalah penyakit Tuberkulosis. Penyakit yang banyak dialami oleh penduduk di Indonesia. Namun, gejala penurunan berat badan bisa juga ditemukan pada kasus-kasus keganasan (kanker).

Sampai saat ini penyakit paru-paru masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia dan dunia. Masalah yang bisa dibilang kompleks ini, sering terabaikan oleh banyak orang karena menganggap remeh gejala-gejala yang diderita, padahal gejala-gejala itu bisa menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami masalah dan perlu perhatian lebih. Apabila menemukan diri Anda atau kerabat Anda mengeluhkan gejala-gejala di atas, sangat dianjurkan untuk datang ke dokter dan ahli untuk memperoleh pertolongan sebelum penyakit berubah menjadi lebih berat lagi.

 

Referensi

  • Iftikhar N. Breathtaking lungs: their function and anatomy. (2018). Diakses pada: 12 Juni 2021. Dari: https://www.healthline.com/human-body-maps/lung
  • Warning signs of lung disease. Diakses pada: 2021, Juni 12. Dari: https://www.lung.org/lung-health-diseases/warning-signs-of-lung-disease
  • 6 symptoms that can signal lung disease. Diakses pada: 2021, Juni 12. Dari: https://www.premierhealth.com/your-health/articles/women-wisdom-wellness-/6-symptoms-that-can-signal-lung-disease
  • Migala J. 12 silent signs your lungs could be in trouble. Diakses pada: 2021, Juni 12. Dari: https://www.thehealthy.com/respiratory/signs-of-lung-disease/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :