Beranda > Artikel > Khasiat Teh Hijau untuk Diet yang Optimal

Khasiat Teh Hijau untuk Diet yang Optimal

teh hijau untuk diet

Apa itu Teh Hijau?

Teh merupakan minuman terbanyak kedua yang dikonsumsi oleh seluruh orang di dunia, setelah air mineral. Seluruh jenis teh di seduh dari daun yang bernama Camellia sinensis. Level dari oksidasi daun tersebutlah yang menentukan berbagai macam jenis teh.

Teh hijau merupakan jenis teh tanpa oksidasi, yang melalui paling sedikit proses dibandingkan dengan jenis teh yang lainnya. Oleh karena itu, teh hijau memiliki manfaat antioksidan yang tinggi dan juga kandungan polyphenol. Teh hijau dibuat dengan cara dikukus dan disangrai, kemudian dikeringkan. Teh hijau tidak melalui proses fermentasi, sehingga dapat mempertahankan molekul polyphenol.

 

Kandungan Teh Hijau

Teh hijau terdiri dari komposisi yang kompleks: protein (15-20% dari berat kering), dimana mengandung sejumlah enzim yang dipecah yaitu asam amino (1-4% berat kering) seperti theanine, asam glutamate, trytiophan, glycine, serine, asam aspartate, dll; karbohidrat (5-7% berat kering) seperti selulosa, pektin, glukosa, fruktosa, dan sukrosa; mineral dan elemen lain (5% berat kering) seperti kalsium, magnesium, kromium, besi, tembaga, zink, selenium, natrium, dll; dan bentuk lemak seperti sterol, vitamin (B,C,E), dasar xantin (kafein), pigmen, dan muatan mudah menguap. Oleh karena kandungannya akan mineral, banyak studi yang meneliti kadar mineral di dalam teh.

 

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Berbagai studi menggunakan hewan coba dan studi terhadap manusia menyimpulkan berbagai efek teh hijau bagi kesehatan. Antioksidan merupakan salah satu komponen yang berkontribusi memberikan manfaat bagi kesehatan. Antioksidan memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi otak, berperan dalam penurunan kadar lemak, memiliki fungsi proteksi terhadap kanker, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Manfaat Teh Daun Jati Cina yang Wajib Diketahui

 

Khasiat Teh Hijau untuk Diet

Proses di dalam tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi dinamakan metabolisme. Peranan teh hijau dalam membantu mneurunkan berat badan didapat melalui proses ini. Teh hijau mengandung kafein yang merupakan stimmulan otak, beperan meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan performa berolahraga. Suatu studi mengenai ekstrak teh hijau terhadap oksidasi lemak menyebutkan bahwa partisipan yang mengonsumsi esktrak teh hijau sebelum berolahraga, membakar lemak 17% lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang tidak mengonsumsi teh hijau. Studi metaanalisis oleh R Hursel mengenai efek teh hijau terhadap penurunan berat badan juga menyebutkan bahwa kandungan catechin atau campuran kefein dengan epigallocatechin gallate (EGCG) menimbulkan efek positif terhadap penurunan berat badan.

Konsumsi teh hijau yang dianjurkan untuk membantu penurunan berat badan ialah sebanayak 1 – 3 cangkir per hari, dapat dikonsumsi dingin maupun hangat. Namun perlu Anda ingat, meskipun teh hijau dapat meningkatkan kecepatan metabolisme dan pembakaran lemak, efeknya pada setiap orang bervariasi. Hasil yang maksimal didapat ketika konsumsi teh hijau dilakukan berbarengan dengan strategi penurunan berat badan lainnya, seperti modifikasi diet dengan konsumsi lebih banyak protein dan mengurangi konsumsi karbohidrat.

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Bibliography

Chacko, S. M. (2010). Beneficial effects of green tea: A literature review. Chinese Medicine.

Gunnars, K. (2020, April 6). 10 Evidence-Based Benefits of Green Tea. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea

Ware, M. (2021, May 18). What are the health benefits of green tea? Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/269538#_noHeaderPrefixedContent

Kandola, A. (2018, January 8). Does green tea help weight loss? Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320540

Gunnars, K. (2018, October 15). How Green Tea Can Help You Lose Weight. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-and-weight-loss

Venables, M. C. (2008). Green tea extract ingestion, fat oxidation, and glucose tolerance in healthy humans. Pub Med.

Hursel, R. (2009). The effects of green tea on weight loss and weight maintenance: a meta-analysis. Pub Med.

Chacko, S. M. (2010). Beneficial effects of green tea: A literature review. Chinese Medicine.

Gunnars, K. (2020, April 6). 10 Evidence-Based Benefits of Green Tea. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea

Ware, M. (2021, May 18). What are the health benefits of green tea? Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/269538#_noHeaderPrefixedContent

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :