Beranda > Artikel > Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Pentingnya Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Dokter kandungan adalah seorang dokter dengan kualifikasi spesialis dalam membantu persalinan dan merawat wanita selama masa kehamilan, dan hingga setelah persalinan. Dokter kandungan memiliki skill untuk mengatasi masalah selama kehamilan dan persalinan, serta melakukan intervensi misalnnya operasi Caesar.

Salah satu alasan mengapa wanita memilihn dokter kandungan untuk kehamilan mereka adalah sudah merasa nyaman dengan dokter yang pernah merawatnya semasa kehamilan sebelumnya. Alasan lainnya adalah karena memiliki kehamilan yang berisiko. Hal penting yang perlu diingat adalah, memilih dokter kandungan untuk Anda merupakan hal personal. Anda mencari dokter kandungan yang terbaik untuk Anda, oleh karena itu Anda perlu membuat catatan mengenai kualitas dokter yang Anda inginkan.

Semua dokter kandungan telah menyelesaikan materi dan pelatihan yang sama sebelum bergelar dokter spesialis kandungan. Namun setelahnya, dokter kandungan dapat melanjurkan studinya untuk mendapat kualifikasi ekstra atau fokus lebih pada area tertentu. Beberapa subspesialis misalnya Maternal-Fetal Medicine (high risk obstetrics), Onkologi ginekologi (kanker), Urogynaecology (masalah pada lantaipelvis dan inkontinensia), dll.

           

Langkah – Langkah Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Dalam memilih dokter kandungan yang sesuai dengan keinginan Anda, ikutilah Langkah – Langkah berikut ini:

  1. Ketahui apa yang Anda inginkan

Apabila Anda memutuskan untuk berkonsuktasi dengan dokter kandungan, atau dokter umum merekomendasikan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan, pastikan bahwa dokter kandungan tersebut akan selalu menyediakan waktunya untuk pertemuan antenatal rutin sebelum persalinan hingga persalinan.

  1. Tanyakan rekomendasi dokter kandungan misalnya pada teman – teman atau keluarga Anda berdasarkan pengalaman mereka. Dokter umum juga dapat membantu merekomendasikan dokter spesialis kandungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa melihat review misalnya dari media sosial.
  2. Pastikan Anda merasa nyaman dengan dokter kandungan yang Anda pilih. Pastikan Anda percaya dengan saran dan pendapat dokter kandungan Anda.
  3. Pastikan Anda dapat berbagi informasi personal pada dokter kandungan yang Anda pilih.
  4. Sampaikan pendapat Anda pada dokter kandungan Anda.
  5. Jangan ragu untuk memberikan pertanyaan dan menyampaikan keinginan Anda
  6. Pastikan dokter kandungan yang Anda pilih bekerja di rumah sakit yang Anda pilih
  7. Sebaiknya pilihlah lokasi kunjungan dokter spesialis yang dekat dengan rumah Anda atau tempat Anda bekerja
  8. Penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih rentan mengalami masalah mental dibandingkan dengan pria, terutama pada masa – masa transisi mislanya masa remaja, kehamilan, setelah persalinan, dan menopause. Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memilih dokter kandungan yang dapat memahami pentingnnya kesehatan mental sehingga dokter akan secara rutin memperhatikan bila ada tanda depresi dan kecemasan pada Anda. Apabila terdapat masalah mental, maka keadaan tersebut dapat dideteksi dini dan ditangani segera.
  9. Tanyakan subspesialis dokter kandungan Anda. Dokter spesialis obstetri dan ginkeologi dapat ahli di bidang – bidang tertentu misalnya bidang ginekologi, menopause dan perimenopause, menangani kanker, dll.
  10. Bila Anda memiliki asuransi kesehatan, kebijakan asuransi perlu mengidentifikasi dokter OB-GIN yang sesuai dengan rencana Anda. Pastikan Anda memeriksa kembali kebijakan asuransi kesehatan Anda, dan menyiapkan dana tambahan bila Anda memilih dokter kandungan yang di luar jangkauan asuransi kesehatan.

 

Menemukan dokter OB-GIN yang tepat penting untuk kesehatan fisik, emosional, seksual, dan reproduksi. Selain pertimbangan seperti jarak, waktu, tanggungan asuransi, penting untuk Anda mengevaluasi kualifikasi dokter yang Anda pilih, dan cara berkomunikasi.

 

Referensi

  • Colley, D. (2017, October 1). 6 tips for choosing an obstetrician. Retrieved from Bupa Health: https://www.bupa.com.au/healthlink/family-and-pregnancy/pregnancy/healthy-pregnancy/physical-change/6-tips-for-choosing-an-obstetrician
  • Stanborough, R. J. (2020, July 28). 10 Tips for Choosing an OB-GYN Who’s Right for You. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/find-care/articles/obgyns/how-to-choose-an-obgyn
  • How to find an OB-GYN: insider tips for choosing a good match. (n.d.). Retrieved from Health Partners: https://www.healthpartners.com/blog/insider-tips-for-finding-the-right-ob-gyn-for-you/
  • Finding the right obstetrician for you. (2020, December 21). Retrieved from St John of God Health Care: https://www.sjog.org.au/blog/2020/dec/finding-the-right-obstetrician-for-you
  • How to Choose the Best Obstetrician for You. (n.d.). Retrieved from Dr Colin Walsh: https://drcolinwalsh.com.au/how-to-choose-the-best-obstetrician-for-you/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :