Beranda > Artikel > Tips Menjaga Kesehatan di Era New Normal

Tips Menjaga Kesehatan di Era New Normal

Pendemi COVID-19 telah mengubah aktivitas banyak orang di seluruh dunia, pembatalan festival, konser, dan berbagai kegiatan lainnya, termasuk pekerjaan, sekolah, hiburan dan perayaan. Pandemi COVID-19 juga mengajarkan kita bahwa kebersihan berhubungan erat dengan kesehatan. Infeksi COVID-19 disebabkan karena masuknya virus ke dalam tubuh, yang kemudian menyerang saluran pernapasan. Virus ini akan menempel di sepanjang saluran pernapasan hingga paru – paru, dan akan menular melalui partikel air yang keluar dari rubuh orang yang telah terpapar virus.

Penularan Virus COVID-19

Virus COVID-19 menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak dekat, sekitar 2 meter. Virus menyebar melalui droplet saluran pernapasan yang dilepaskan ke udara ketika seseorang berbicara, batuk, bernapas, dan bersin. Pada beberapa situasi, terutama pada tempat tertutup dengan ventilasi yang buruk, virus ini dapat menyebar ketika seseorang terpapar oleh droplet kecil atau aerosol, yang dapat bertahan di udara selama beberapa menit hingga beberapa jam. Ketika Anda berada di luar ruangan, udara bebas akan bergerak secara konstan, dan menjauhkan dropet, sehingga kemungkinan Anda untuk menghirup udara yang penuh droplet pembawa virus COVID-19 menjadi lebih minimal.

Tips Menjaga Kesehatan di Era New Normal 

Berikut tips menjaga kesehatan di era New Normal:

  • Cuci tangan Anda dengan bersih secara berkala. Gunakanlah air dan sabun, usap tangan Anda selama minimal 20 detik. Jangan lupa untuk menyabuni pergelangan tangan, sela – sela jari, dan bawah kuku. Gunakanlah sabun antibakteri.
  • Hindari memegang area wajah. Virus ini dapat bertahan di permukaan selama 72 jam. Perhatikan benda – benda yang sering Anda sentuh misalnya handphone, gagang pintu, dll. Patikan sebelum Anda menyentuh wajah, cuci tangan Anda terlebih dahulu.
  • Hindari kontak kulit dengan orang – orang, misalnya pada saat bersalaman dan berpelukkan.
  • Hindari berbagi penggunaan barang bersama – sama, misalnya telepon, makeup, sisir, dan alat makan.
  • Jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung ketika Anda bersin dan batuk. Perhatikanlah etika batuk dan bersin yang baik.
  • Gunakan desinfektan pada permukaan benda yang Anda gunakan, pastikan desinfektan mengandung alkohol.
  • Jangan lupa untuk menerapkan social distancing. Batasi aktivitas Anda keluar, pilih untuk lakukan aktivitas di rumah. Pastikan Anda menjaga jarak saat berada di sekitar orang lain, setidaknya 2 meter.
  • Hindari perkumpulan
  • Hindari makan dan minum di area keramaian, termasuk makan di restoran, coffee shop, bar, dan tempat makan lainnya. Pilihlah alternatif takeaway atau delivery.
  • Cuci bahan makanan belanjaan Anda sebelum Anda makan dan masak.
  • Gunakan masker. Anda dapat menggunakan masker berbahan kain ketika bepergian ke luar rumah. Jangan lupa untuk mencuci masker Anda setelah Anda selesai memakainya
  • Lakukan karantina mandiri apabila Anda merasa sakit dan bergejala. Tetaplah di rumah sampai kondisi Anda membaik. Hindari berkumpul bersama dengan keluarga seperti duduk bersama, tidur, dan makan bersama. Gunakanlah masker dan cuci tangan Anda secara berkala.
  • Pastikan Anda bannyak minum air mineral, sesuaikan dengan kebutuhan harian Anda di lihat dari usia, jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik.
  • Tetap aktif di rumah, lakukanlah olahraga minimal 30 menit. Anda dapat melakukan stretching, berjalan cepat, serta mengikuti olahraga online.
  • Istirahat dengan cukup, batasi minum alkohol, batasi konsumsi kafein

 

Cari informasi mengenai COVID-19 dari sumber – sumber terpercaya misalnya dari organisasi pemerintah, nasional, dan internasional yang terpercaya (WHO, EFSA, ECDC). Hindari informasi palsu

  • How to keep healthy while in isolation or quarantine (COVID-19). (2020, April 2). Retrieved from Eufic: https://www.eufic.org/en/healthy-living/article/7-tips-to-keep-healthy-while-in-isolation-or-quarantine-covid-19?gclid=CjwKCAiAsaOBBhA4EiwAo0_AnDwKELs3kayb-L6_ZanB6U39xmkkdKNIPgFD-_LbPmnPaIm8KgmdUxoCMNEQAvD_BwE
  • Healthy at Home. (2021). Retrieved from WHO: https://www.who.int/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome?gclid=CjwKCAiAsaOBBhA4EiwAo0_AnEmGXMWMhe5v9UbFqZAk3FjFBXZ4YuZGXubuNYmoUz8hXhV_BMfaohoC-r0QAvD_BwE
  • Food and nutrition tips during self-quarantine. (n.d.). Retrieved from WHO: https://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/publications-and-technical-guidance/food-and-nutrition-tips-during-self-quarantine
  • Iftikhar, N. (2020, June 4). Coronavorus (COVID-19) Prevention: 12 Tips and Strategies. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/health/coronavirus-prevention
  • Safe outdoor activities during the COVID-19 Pandemic. (2020, December 10). Retrieved from Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/coronavirus/in-depth/safe-activities-during-covid19/art-20489385

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :